Minyak Zaitun Ternyata Punya 7 Manfaat Ini, Lho! Yuk Ganti Sekarang!

minyak zaitun

Apa sih beda minyak zaitun dan minyak biasa? Katanya sih, minyak zaitun punya segudang manfaat yang untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan sejak 400 tahun sebelum masehi zaitun telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional.

Begitu sehatnya, minyak dari tanaman pohon tradisional dari wilayah Mediterania ini bahkan digunakan untuk keperluan dapur. Seberapa istimewakah minyak yang satu ini dibandingkan dengan minyak biasa? Yuk lihat!

1. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang kaya

minyak zaitun
Via – KidneyBuzz

Minyak zaitun terutama jenis ekstra virgin terdiri dari lemak tak jenuh tunggal. Minyak jenis ini lebih stabil pada suhu tertinggi saat memasak. Sehingga sedikit kemungkinan untuk menjadi bau bila dibandingkan dengan lemak tak jenuh yang biasa dipakai sehari-hari.

2. Mengandung anti-oksidan

minyak zaitun
Via – Serious Eats

Minyak zaitun virgin dan extra virgin mengandung berbagai macam anti-oksidan, seperti tocopherol dan senyawa fenolik. Anti-oksidan ini dapat membantu melindungi minyak dari oksidasi ketika dipanaskan. Selain itu anti-kosidan jenis polifenol, bisa membantu melindungi sel-sel tubuh kamu dari ancaman kerusakan! Artinya, kamu bisa stay young!

3. Kolesterol baik

minyak zaitun
Via – Anhinternational

Minyak zaitun termasuk dalam daftar makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Di dalam zaitun sendiri juga terkandung campuran anti-oksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk, namun tetap mempertahankan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Sehingga meski dipakai dalam berbagai masakan, minyak zaitun tetap aman. Tapi ingat, selalu dalam kadar yang tepat ya!

4. Minyak zaitun dapat mencegah kanker, lho!

minyak zaitun
Via – The Independent

Dari penelitian ditemukan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan resiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun, diduga dapat memberikan penurunan terhadap resiko terjadinya kanker payudara! Sehat nggak tuh?

5. Terhindar dari penyakit stroke

minyak zaitun
Via – Verywell

Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kesempatan lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari. Dibandingkan dengan orang-orang yang nggak mengonsumsinya sama sekali.

6. Menyehatkan usus

minyak zaitun
Via – Time

Di dalam minyak zaitun terdapat senyawa Oleuropein Aglycone yang memiliki peran penting untuk kesehatan usus. Karena fungsinya dalam menjaga suplaian darah ke usus. Senyawa ini juga dapat membantu mengurangi kerusakan usus dari penyakit anemia.

7. Menghilangkan nyeri

minyak zaitun
Via – Bembu

Kandungan oleokantal dalam minyak zaitun ternyata juga dapat mencegah radang! Cara kerjanya bahkan hampir sama dengan penghilang rasa sakit seperti zat ibuprofen. Selain menghilangkan nyeri, minyak zaitun juga bisa menjadi obat lecet, luka bakar, luka sobek atau peradangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri.

8. Mengurangi resiko kanker rahim

minyak zaitun
Via – Verywell

Wanita penderita kanker rahim yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata bisa menurunkan efek dari resiko kankernya tersebut, bahkan bisa mencegah terkenanya kanker rahim. Kemungkinan persentase terjadinya sangat sedikit dan penurunan terjadinya kanker rahim bisa mencapai 26 persen. Perlu kamu coba nih, ladies!

Ketujuh manfaat dari minyak zaitun di atas, tentunya hanyalah sebagain kecil yang bisa kamu tahu. Bagi kamu yang tahu manfaat lainnya, yuk share informasinya di sini.

Dengan mengetahui berbagai macam manfaat yang ditawarkan minyak zaitun, rasanya nggak ada alasan untuk nggak mengonsumsi minyak yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi sekarang, di Blibli.com kamu bisa menemukan minyak zaitun Filma untuk keperluan memasak!

Jadi, jika kamu merasa perlu mengganti jenis minyak untuk memasak, minyak zaitun adalah pilihan yang tepat! Yuk sehar sekarang dengan mengganti minyak yang tepat!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY