Setiap menyebut nama Michael Phelps pasti tidak jauh dari kata prestasi. Ya perenang Australia itu dikenal oleh masyarakat dunia karena prestasinya di dunia renang.

Sepanjang keikutsertaannya di Olimpiade, perenang 31 tahun itu sukses meraih 23 medali emas! Sungguh menakjubkan.

Bahkan dalam Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil ini, perenang 31 tahun ini meruntuhkan status Leonidas dari Rhodes yang memiliki 12 medali emas individu. Total 13 emas individu diraihnya dipanggung Olimpiade sekaligus  memecahkan rekor yang berusia 2.168 tahun.

Sesaat setelah Phelps mengukir namanya dengan tinta emas Olimpiade, hashtag #SuperHuman (manusia super) pun membanjiri media sosial.

Bahkan tak ada atlet yang mampu menyainginya. Jangankan bersaing, mendekati perolehan medali Phelps saja, tak ada yang bisa.

Atlet terdekat yang masih aktif adalah Usain Bolt (9 emas) dari cabang atletik dan Ole Einar Bjørndalen (8 emas) dari cabang ski.

Awal Karir Phelps?

awal-karir

 

Via reuters

Lalu bagaimana atlet kelahiran Baltimore, Maryland, itu bisa sedemikian hebat? Disiplin dan ketekunan berlatih merupakan hal wajib yang dimiliki atlet.

Ia sendiri sempat mengidap attention deficiency and hyperactivity disorder (ADHD). Akibat gangguan tumbuh kembang yang kerap disebut sebagai gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas ini, Phelps harus mengonsumsi obat Ritalin agar tidak hiperaktif saat berada di kelas.

Namun hal itu tidak membuat semangatnya runtuh, ia terus berlatih sangat keras sejak dini. Untuk anak seusia itu, Phelps sudah dibiasakan berlatih sekitar lima jam sehari dan tujuh hari seminggu, tanpa istirahat. Konon hal inilah yang membuat tubuhnya laksana ikan lumba-lumba saat ini.

Tapi, tak hanya itu yang membuat Phelps berjaya. Rupanya, ia selalu menanamkan pikiran sebagai pemenang dalam setiap kejuaraan yang diikutinya.


BACA JUGA: Ajak Renang Anak, Tingkatkan Kecerdasannya


Sempat jadi pelengkap di Olimpiade 2000 di Sydney, Australia, tidak membuatnya menyerah. Phelps berlatih keras demi mewujudkan impiannya. Latihan kerasnya segera membuahkan hasil nyata. Lima bulan setelah Olimpiade Sydney, karier Phelps melambung dengan memecahkan rekor dunia 200 meter gaya kupu-kupu.

Di Olimpiade Athena, ia akhirnya meraih emas perdananya. Total enam medali emas  ia menangi disini

Tak berhenti sampai di situ, Phelps kembali tampil sempurna di Olimpiade Beijing 2008. Kali ini ia melakukan sapu bersih dengan meraih emas dari delapan kelas yang ia ikuti. Dimana lima emas diantaranya adalah gelar individu dan lima  diantaranya dengan pemecahan rekor dunia. Ini merupakan puncak kejayaan Phelps di Olimpiade.

Dengan raihan 14 medali emas, Phelps sebenarnya sudah menjadi atlet terbaik Olimpiade. Namun, ia belum puas. Phelps masih gatal ingin menjadi yang tercepat di kolam renang.

Maka, ia kembali turun di Olimpiade London 2012. Lagi-lagi, Phelps membuktikan dirinya sebagai yang terbaik. Ia meraih empat medali emas.

Rio De Janeiro sendiri adalah Olimpiade kelima sekaligus menjadi yang terakhir untuk atlet 31 tahun tersebut. Lima emas diraihnya menenggapi total 28 medali ia dapatkan jika menghitung tiga perak dan dua perunggu.

Namun catatan mentereng itu tidak membuat dirinya terlepas dari kisah yang menyedihkan tepatnya pada 4 November 2004, Phelps ditahan polisi karena mabuk saat sedang mengemudi mobil setelah menerobos tanda pemberhentian di mobil Land Rover-nya bersama kedua temannya.

Terlepas dari kisah masa lalu dan peristiwa yang pernah dialami Michael Phelps sekali lagi dia juga manusia. Namun dia sangat pantas jadi sosok inspiratif karena dia mampu bangkit dari masa lalu dan menciptakan prestasi di dunia renang.

Gimana? Sudah terinspirasi belum dari kisah Michael Phelps di atas? Kamu juga bisa jadi seperti Phelps dengan pantang menyerah dan terus berlatih untuk mencapai apa yang diinginkan! Untuk menemani aktivitas berenangmu, gunakan berbagai produk pendukung yang berkualitas ya. Kini kamu bisa mendapatkannya di Blibli.com! Manfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki seperti cicilan 0%, bebas ongkos kirim, dan beragam cara pembayaran!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY