Berangkat mudik memang menyenangkan, tapi ada hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan, terutama perawatan mobil sebelum menempuh perjalanan jauh. Untuk membantu persiapanmu, hari ini Blibli Friends bakalan mengulik beberapa tips dari 1Station tentang gimana caranya merawat mobil sebelum berangkat mudik.

Bengkel 1Station ini udah ahli banget merawat berbagai merek mobil. Mulai dari penyediaan ban, servis ganti oli, wiper, sampai menyediakan aksesoris mobil biar lebih canggih. Outlet mereka pun sudah tersebar di 8 lokasi seperti Jakarta, Serpong, dan Bekasi. Nah, menurut Bengkel 1Station, ini dia 5 komponen mobil yang wajib kamu cek supaya perjalanan nggak terhambat!

BELI SUKU CADANG MOBILMU DI SINI SEKARANG!

1. Oli mesin

berangkat mudik
Via – Otomart

Salah satu komponen mobil yang penting untuk diperiksa sebelum berangkat mudik adalah oli mesin. Idealnya, kamu harus mengganti oli mesin secara teratur agar mesin tidak aus. Kamu bisa melakukan pengecekan oli pada pagi hari dalam kondisi mesin mati. Carilah tongkat indikator (dipstick) di mesin yang biasanya berwarna terang dengan ujung bulat.

Masukkan ke dalam tangki oli dan tarik ke atas. Jika batas oli berada di bawah L (Low), berarti itu adalah waktunya kamu mengganti oli mesin baru. Selain itu, perhatikan juga warna dan tingkat kekentalan oli. Apabila terlihat menghitam, keruh, dan encer, kamu sebaiknya mengganti pelumas mesin ke bengkel terdekat deh!

DAPATKAN STOK OLI BARU YANG SESUAI DENGAN JENIS MOBILMU

2. Aki

berangkat mudik
Via – Autoeuropaaz

Pernah merasa frustrasi karena mesin mobil tiba-tiba nggak bisa dinyalakan? Nah, untuk mencegah hal itu ketika berangkat mudik, kamu harus segera mengecek ketersediaan aki mobil. Aki ini berfungsi sebagai sumber listrik untuk mobil, mulai dari menyalakan radio, lampu, hingga klakson.

Kalau air aki tiba-tiba habis di tengah jalan, bisa bahaya! Karena itulah, pastikan air aki selalu berada dalam batas minimal. Untuk berjaga-jaga, sediakan selalu stok air aki di dalam mobil atau kabel jumper untuk mengatasi permasalahan starter.

SIAPKAN STOK AIR AKI YANG CUKUP SEBELUM MUDIK

3. Ban

berangkat mudik
Via – Pinterest

Sebelum berangkat mudik, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban utama. Ada beberapa ciri-ciri ban mobil yang harus kamu ganti karena berbahaya. Misalnya ban dalam yang sudah pernah bocor minimal dua kali, permukaan ban yang gundul dan halus, ban benjol atau sobek, serta ban retak.

Lalu, periksa tekanan angin ban dalam jangkauan 30-34 psi supaya kamu bisa menyetir dengan nyaman. Yang nggak kalah penting, kamu juga harus mengecek apakah ban cadangan masih dalam keadaan prima, ya!

CARI BAN CADANGAN SESUAI TIPE MOBIL DI SINI

4. Rem

berangkat mudik
Via – Carfromjapan

komponen mobil yang paling penting untuk memastikan keselamatanmu adalah rem. Sebelum berangkat mudik, coba tes dan perhatikan kondisi kampas rem mobil. Jika pijakan rem semakin dalam, itu berarti kampas rem sudah menipis. Apalagi jika rem bergetar dan menimbulkan suara. Artinya kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

Selain kampas rem, kamu wajib mengecek kondisi selang dan volume minyak rem, jangan sampai terdapat kebocoran atau habis. Komponen rem mobil ini punya peran yang krusial sepanjang perjalanan mudikmu lho. Jadi, nggak boleh diremehkan ya!

KAMU BISA GANTI KAMPAS REM SEKARANG AGAR LEBIH AMAN

5. Wiper

berangkat mudik
Via – Youtube

Wiper mobil sangat berguna untuk menjernihkan pandanganmu, terutama ketika hujan. Pastikan wiper kacamu bisa berfungsi dengan baik, karetnya masih tebal, serta mampu membersihkan kaca mobil dengan maksimal. Selain itu, kamu juga perlu mengintip tangki cairan pembersih yang biasanya kamu tekan ketika kaca mobil mulai kotor. Jika volumenya kurang, segera tambahkan air bersih sebelum berangkat mudik!

CEK DI SINI WIPER MOBIL BERKUALITAS TINGGI KHUSUS UNTUKMU


Guys, itu dia 5 komponen mobil yang penting banget untuk kamu cek sebelum berangkat mudik tahun ini. Kalau kamu masih ragu, sebaiknya bawalah mobilmu ke bengkel 1Station terdekat! Proses check up mobil hanya membutuhkan 45 menit, kok! Kamu juga bisa dapetin suku cadang dan perlengkapan mobil dengan kualitas tinggi di sana.

Tapi, kalau bisa urus semuanya sendiri, kenapa nggak? Blibli.com punya semua suku cadang mobil yang sesuai dengan mobilmu. Jadi, tinggal klik dan suku cadang yang kamu butuhkan sampai di rumah sebelum berangkat mudik. Ayo, ke #BlibliSekarang untuk mudik yang aman dan nyaman!

KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI SUKU CADANG MOBIL

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY