Ada kalanya dalam hidup, kamu bisa mencapai titik stagnan. Nggak ada apapun yang terjadi, semuanya berjalan begitu datar. Kamu menjalani rutinitas yang itu-itu saja, tanpa tantangan yang bergairah.

Di masa seperti ini, ada satu hal yang kamu butuhkan untuk mengembalikan semangat hidupmu, yaitu pergi liburan. Bukan liburan biasa yang bikin nyantai, loh! Melainkan, kamu perlu cari liburan yang bisa membuatmu bersatu dengan alam dan merasa bergairah kembali.

Apa, dong? Jawabannya, mendaki gunung! Bukan Cuma udara dan pemandangan yang menyegarkan. Mendaki (bukan sekedar naik) gunung sebenarnya juga sumber asupan adrenalin yang baik.

Pertanyaan selanjutnya, gunung apa yang harus kamu panjat? Kamu bisa mulai mempersiapkan dirimu untuk mendaki keempat gunung ini ketika liburan nanti

1. Gunung Praugunung prau

 Via manusia lembah

Kalau kamu mau naik gunung yang treknya nggak terlalu sulit, kamu bisa mencoba mendaki Gunung Prau yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2,565m dpl (di atas permukaan laut) ini memiliki bentuk yang memanjang seperti perahu sehingga masih tergolong amanuntuk didaki.

Meski ketinggiannya masih tergolong medium, pemandangan yang kamu dapatkan saat berada di puncak Gunung Prau nggak kalah cantik dari gunung lain yang lebih tinggi.

Dari puncaknya, kamu bisa menikmati sunrise berwarna kuning keemasan dengan semburat warna biru langit beserta pemandangan bukit Teletubbies yang luar biasa indah. Pemandangan indah ini bisa mengembalikan semua semangatmu untuk menjalani hidup lagi.

 2. Gunung Mahawugunung mahawu

 Via adirafacesofindonesia

Kalau kamu berencana liburan ke Manado, jangan hanya fokus membuat list kuliner yang harus dicoba disana. Kamu juga harus menikmati keindahan kota Manado dari ketinggian 1,324m dpl puncak Gunung Mahawu yang terletak di kota Tomohon.

Pada puncak gunung ini, kamu nggak hanya bisa foto-foto dengan pemandangan kota Manado dari atas, namun juga bisa foto dengan Gunung Klabat, Gunung Lokon (yang baru meletus tahun lalu), Tomohon, Danau Tondano dan bahkan Bunaken serta Pulau Manado Tua.

Cukup pergi ke satu tempat, kamu bisa makin eksis berfoto-foto dengan semua pemandangan ini!Kamu juga nggak perlu khawatir kesulitan mendaki gunung ini karena jalur trekkingnya sudah beraspal.

3. Gunung Ineriegunung inerie

 Via nttprov

Selama ini Pulau Flores, NTT memang terkenal dengan wisata pantai yang keindahannya melebihi pantai luar negeri. Namun, banyak yang nggak tahu bahwa Flores juga punya salah satu pegunungan paling indah di Nusantara. Tempatnya, nggak lain nggak bukan adalah Gunung Inerie yang terletak di Bajawa.

Gunung yang memiliki ketinggian 2,245mdpl ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Flores. Dengan tingkat kemiringan permukaannya yang seperti Piramida asli, trek yang harus kamu lalui untuk sampai ke puncak nggak akan semudah mendaki gunung-gunung sebelumnya.

Tapi, ketika kamu berhasil menaklukkan “Piramida Alam” ini, kamu akan menemukan pemandangan kota Bajawa dari atas dan juga birunya laut Sawu yang nggak akan bisa kamu lupakan sepanjang hidupmu!


BACA JUGA Olahraga ekstrem yang wajib kamu coba mumpung masih muda!


4. Gunung Raunggunung raung

Via bbc

Mau pendakian yang lebih greget lagi? Kamu bisa coba mendaki gunung Raung yang terletak di kawasan pegunungan Ijen, Jawa Timur.

Berbeda dengan gunung-gunung sebelumnya, kamu membutuhkan persiapan ekstra agar bisa mencapai puncak gunung yang memiliki ketinggian 3,344m dpl.

Pasalnya, kamu harus melewati beberapa medan cukup ekstrem yang membuat kamu harus menggunakan tali agar bisa sampai ke puncak yang tertinggi. Contohnya medan seperti ini:

gunung raung 2

Via pencinta-alam

 

Karena itu kamu harus membawa perlengkapan safety gear saat hendak mendaki gunung tertinggi kedua di Jawa Timur ini.

Membayangkannya saja sudah memacu adrenalin,apalagi sungguh-sungguh mendakinya? Tapi, itulah indahnya mendaki.

Kamu bisa melihat gunung Semeru, Argopuro, dan juga Wates di perjalanan pendakian. Sedangkan saat mencapai puncak, kamu bisa menyentuh dan bahkan merasakan sensasi di atas awan-awan. Hidup jadi lebih hidup!

pecinta alam

Via pencinta-alam

Keempat gunung ini merupakan beberapa gunung di Indonesia yang nggak seterkenal gunung lain seperti gunung Bromo, Mahameru, dan yang lainnya.

Karena itu, kalau kamu bisa berhasil mendaki keempat gunung ini, berarti kamu telah menjadi salah satu dari sedikit orang yang berhasil menaklukkan gunung-gunung nggak mainstream tersebut!Semoga ini bisa membuatmu semakin termotivasi!

Trek yang berbeda-beda membuat persiapan yang harus kamu sediakan berbeda pula. Satu hal yang paling penting sebelum mendaki gunung manapun tentu adalah tas khusus gunung yang aman dan nyaman. Selamat menemukan semangat baru!

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY