Buat yang belum tau, Gunpla atau Gundam Plastic Model adalah model kit plastik yang diproduksi Bandai sesuai dengan gambaran robot di berbagai komik, film, ataupun video games. Biasanya, gunpla dimainkan dengan cara dirakit.

Merakit gunpla itu nggak mudah, lho! Soalnya, bagian gunpla cukup banyak dan kecil. Nggak jarang, satu gunpla memerlukan waktu rakit hingga berhari-hari. Makanya, supaya gunpla rakitanmu sukses, simak tips merakit gunpla dari M. Ivan yang udah sudah menggeluti dunia perakitan gunpla selama 7 tahun ini!

DAPATKAN GUNPLA DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI!!!

Tentukan jenis gunpla yang mau dirakit

merakit gunpla
Via – @wapost316

Kelas atau grade gunpla itu banyak klasifikasinya. Perbedaan antara kelas-kelas gunpla ini terletak pada tinggi atau ukuran gunpla jika sudah dirakit. Kelas gunpla dimulai dari SD (Super Deformed) yang setinggi sekitar 8 cm, kelas HG (High Grade) yang setinggi 13 cm, kelas MG (Master Grade) yang setinggi 18 cm, dan kelas PG (Perfect Grade) yang setinggi sekitar 30 cm.

Saat ini, Ivan fokus pada grade HG (1:144). Jika kamu ingin mulai dari grade SD atau bahkan PG sekalipun, itu bukan masalah. Hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah space yang tersedia untuk meletakkan hasil rakitanmu.

CARI BERBAGAI GRADE GUNPLA? DI SINI AJA!!!

Siapkan alat-alat pendukung

merakit gunpla
Via – @witchietee

Setelah menentukan ukuran gunpla yang mau dirakit, kamu memerlukan beberapa alat tambahan. Alat-alat yang digunakan Ivan ketika merakit gunpla, antara lain, adalah tang potong atau nipper, pen knife, dan file stick atau amplas.

Nipper berfungsi untuk memotong bagian-bagian gunpla. Kemudian, pen knife berfungsi untuk mengikis sisa potongan gunpla agar rapi dan bentuknya pas. Terakhir, amplas berfungsi untuk merapikan gunpla yang sebelumnya telah dikikis.

TEMUKAN BERBAGAI KEPERLUAN MERAKIT GUNPLA HANYA DI SINI!!!

Jangan terburu-buru agar hasilnya rapi

merakit gunpla
Via – @hmyolin

Ivan mengatakan bahwa hal terpenting dalam merakit gunpla adalah prosesnya. Kamu harus menikmati semua prosesnya. Dari mulai melepaskan bagian-bagian gunpla, memotongnya, mengikis, hingga mengamplas bagian-bagian gunpla.

Menikmati proses perakitan gunpla juga harus dilakukan dengan santai, jangan terburu-buru. Ivan mengaku bahwa setiap kali terburu-buru, hasil rakitan gunpla tidak akan rapi. Selain itu, gunpla yang dirakit terburu-buru juga terlihat tidak maksimal, misal ada bagian-bagian yang belum halus dan terlihat berantakan.

DAPATKAN DISKON MENARIK UNTUK GUNPLA PILIHAN DI SINI!!!


Itu dia 3 tips mudah merakit gunpla versi Ivan. Nggak sulit, kan, friends? Tinggal coba sendiri aja! Apabila saat merakit gunpla nanti kamu merasa ada tips yang sulit dimengerti, kamu bisa menghubungi Ivan melalui Instagram pribadinya di @mivan961.

Soal urusan cari gunpla atau alat pembantunya, kamu nggak perlu pusing. Soalnya, di Blibli.com semua ada lengkap! Nggak hanya lengkap, khusus buat kamu yang mau coba merakit gunpla, lagi ada diskon 50% khusus untuk gunpla pilihan, lho! Sebelum kamu kehabisan gunpla incaranmu, mendingan langsung #BlibliSekarang!

DAPATKAN GUNPLA YANG KAMU KAMU DENGAN HARGA TERJANGKAU SEKARANG JUGA!!!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY