Menonton MotoGP Sekaligus Wisata Seru di Sirkuit Sepang

Kompetisi The Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix 2019, alias MotoGP Malaysia, kembali digelar pada 1-3 November 2019, yang sekaligus menjadi penutup kalender balap internasional untuk motor 1000cc.

Dengan penjualan tiket yang meningkat dan jumlah penonton memecahkan rekor dari tahun ke tahun, di mana jumlah tertinggi 169.827 orang tercatat pada 2018, MotoGP Malaysia tampaknya akan kembali menjadi hit.

Dengan panjang lintasan sejauh 5,543 kilometer, trek ini memiliki 15 putaran dan 8 lurus dengan kecepatan akses lebih dari 300 km/jam. Lintasan memungkinkan banyak peluang untuk menyalip sehingga memastikan balapan penuh kejutan dan ketegangan.

Situs balap ini mampu menampung hingga 130.000 orang yang menjadikannya sebagai salah satu sirkuit terbesar di dunia dalam hal jumlah pengunjung.

Hal menarik lainnya adalah semua area penonton dirancang lebih tinggi dari trek sehingga membuatnya nyaman untuk disaksikan dari sudut mana pun.

Dua area paling populer untuk menyaksikan balapan di Sirkuit Sepang adalah Main Grandstand dan Grandstand (K1). Pemilik tiket Grandstand diizinkan memasuki area mal untuk berkesempatan bertemu bintang film atau pemain terkenal di sana.

Ada pun kursi Grandstand, semuanya memiliki pandangan yang jelas ke arah trek, termasuk beberapa tribun yang memberi akses pandang langsung ke pit-lane dan juga sebagian mengarah ke grid start.

JANGAN CUMA MIMPI, BELI TIKET UNTUK NONTON MOTOGP DI SEPANG

Sejarah Singkat

Sirkuit Sepang terletak di negara bagian Selangor, Malaysia, yang berdekatan dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Sirkuit ini digunakan untuk semua ajang balap di Negeri Jiran, termasuk Formula 1, MotoGP, dan Superbike (WSBK).

Berdiri di ara seluas 930,7 hektar, Sirkuit Sepang dirancang oleh Herman Tilke, seorang arsitek terkemuka asal Jerman, yang menyertakan hotel, pusat perbelanjaan, lapangan golf, dan fasilitas olahraga lainnya.

Sirkuit mewah ini dibangun dengan menghabiskan biaya sekitar US$ 120 juta dan selesai pada November 1998 setelah dikerjakan selama 14 bulan.

Mahathir Mohamad, yang kala itu menjabat perdana menteri Malaysia untuk pertama kalinya, membuka secara resmi Sirkuit Sepang pada 7 Maret 1999. Ajang balap pertama yang digelar di sini adalah MotoGP pada 20 April 1999, dan Formula 1 pada 17 Oktober 1999.

Menariknya, Sirkut Sepang kerap menjadi penentu peraih gelar juara dunia MotoGP, termasuk di antara Valentino Rossi pada 2009 dan Jorge Lorenzo pada 2010.

Mengutip laporan situs Mcnews.com.au pada Minggu (10/3/2019), pembalap yang paling sukses di Sirkuit Sepang adalah Valentino Rossi dengan 6 kemenangan kelas tertinggi, yakni satu kali di 500cc dan lima kali di MotoGP.

LANGSUNG BELI TIKET EARLY BIRD NONTON MOTOGP DI SEPANG

Atraksi Wisata

Lokasi Sirkuit Sepang cukup strategis, yakni berjarak hanya sekitar 3,5 kilometer dari KLIA dan 80 kilometer dari pusat kota Kuala Lumpur.

Ada beberapa cara untuk sampai ke Sirkuit Sepang dan bus biasanya menjadi opsi yang paling diminati karena nyaman dan terjangkau.

Pilihan mudah lainnya adalah naik taksi atau metro dari KL Sentral, stasiun kereta utama Kuala Lumpur. Di sini, kamu dapat naik kereta cepat KLIA Express menuju bandara, dan kemudian berganti dengan bus lokal dari terminal kedatangan.

Jika kamu menambah keceriaan di luar menonton ajang balap, terdapat beberapa tempat wisata seru yang bisa dikunjungi di sekitar Sirkuit Sepang, termasuk dua rekomendasi berikut.

Mitsui Outlet Park KLIA

Mitsui Sepang Malaysia MotoGP

Mitsui Outlet adalah factory outlet asal Jepang yang berlokasi sangat dekat dengan Bandara KLIA dan KLIA2. Di sana, kamu bisa belanja berbagai barang bermerek dengan harga miring. Mal dua lantai ini juga memiliki gerai makan yang luas, antar-jemput gratis, dan serangkaian fasilitas yang khusus melayani para pelancong.

Dengan ruang komersial lebih dari 24.000 meter persegi, Mitsui Outlet Park memiliki 140 gerai menengah dan atas yang menjual pakaian, aksesori, parfum, kosmetik, permen, perlengkapan olahraga, barang-barang rumah tangga, dan masih banyak lainnya.

Barang-barang sisa musim (off season) dari merek-merek terkenal seperti Hush Puppies, Ripcurl, Mangga, Esprit, Converse, Triumph Nike, Adidas, dan Bratpack dijual dengan potongan harga antara 30 hingga 70 persen lebih rendah dari harga retail aslinya.

Pantai Bagan Lalang

bagan lalang malaysia sepang motogp

Pantai Bagan Lalang jauh dari kota. Angin sepoi-sepoi yang sejuk, pepohonan hijau, pasir lembut dan halus, air laut yang bersih, serta suara ombak yang jernih menyapu pesisir, menjadikannya tempat yang bagus untuk menenangkan diri sejenak selepas musim balap yang menegangkan.

Pantai Bagan Lalang biasanya ramai pada akhir pekan dengan pengunjung yang mengambil bagian dalam kegiatan olahraga air seperti kayak dan berenang.

Air pantainya mungkin tidak sejernih kristal, tapi itu tidak menghentikan khlayak untuk bersenang-senang di bawah sinar matahari. Menerbangkan layang-layang juga merupakan kegiatan yang populer, dengan banyak jenis dan warna dijual di sepanjang toko di depan pantai.

Di sini, pengunjung juga bisa mendirikan kemah tanpa biaya, dan Dewan Distrik Sepang telah meningkatkan fasilitas di daerah tersebut, termasuk sanitasi, akses kesehatan, dan lain sebagainya. Memancing tidak dibatasi di area ini menjadikannya tempat yang ideal bagi untuk menekuni hobi menangkap ikan secara personal.

MAU PERGI JUGA KE PANTAI BAGAN LALANG? LIHAT PROMONYA DI SINI

Nah, Blibli Friends mau juga merasakan keseruan nonton MotoGP di Sepang Malaysia tanggal 1-3 November 2019? Langsung kunjungi halaman promonya di sini untuk dapat paket all in. Blibli Friends juga bisa beli paket early bird promonya dari sekarang!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY