Aromanya yang membangkitkan semangat serta rasanya yang selalu membuat ketagihan menjadikan kopi sebagai salah satu minuman favorit saat ini. Bagi para pecinta kopi, rasanya hari kamu nggak akan lengkap jika belum menyantap secangkir kopi.

Buat kamu maniak kopi, kamu wajib mencoba dessert unik bercita rasa kopi berikut sambil menikmatinya dengan secangkir kopi (biar tahu rasanya kopi-ception).

1. Creme brulee coffee

creme-brulee

Via Dishmaps

Dessert asal Perancis ini memang nggak bakal mengecewakan penggemar kopi. Krim lezat dengan lapisan karamel keras yang sedikit terbakar membuat dessert ini memiliki perpaduan rasa yang selalu bikin kangen lidah.

Cara membuatnya sama sekali nggak sulit! Pertama, kamu harus mengocok kuning telur dengan gula pasir. Hangatkan susu, cream, dan vanilla di dalam sebuah panci kemudian tambahkan sedikit bubuk kopi di dalamnya. Selanjutnya, gabungkan adonan kuning telur dan masak hingga adonan mengental.

Panggang adonan dalam oven selama 1 jam dengan suhu 100 C. Kemudian dinginkan di suhu ruangan. Taburkan gula pasir di atasnya, lalu dibakar dengan api untuk membentuk crust gurih.  Cream Brulee Coffee lezat siap dihidangkan!

2. Fudge kopi

fudge-kopi

Via thekitchenismyplayground

Buat kamu yang belum pernah mendengar nama dessert ini, fudge adalah salah satu dessert ala Barat yang bentuknya seperti permen bertekstur lembut.

Panaskan susu, mentega, gula hingga merata. Ketika mulai mendidih, tambahkan perisa atau bubuk kopi ke dalam adonan dan aduk kembali hingga 10 menit. Matikan kompor dan tuang adonan ke dalam loyang hingga merata.

Masukan ke dalam kulkas untuk mendinginkan adonan dan setelah itu kamu bisa memotongnya menjadi kecil-kecil seperti permen sesuai selera. Rasanya chewy dan sedikit mirip nougat. Kamu bisa menambahkan sentuhan terakhir berupa sirup karamel sebelum dihidangkan.

Rekomendasinya, pakai bubuk Nescafe Green Blend aja biar fudge yang kamu buat punya sentuhan cita rasa kopi hijau yang unik. NESCAFE Green Blend dibuat dari paduan ekstrak biji kopi hijau dan biji kopi sangrai beraoma kuat yang diseduh dengan krimer lembut menjadikannya kopi nikmat dengan kebaikan alami kopi hijau.

3. Brownies dengan espresso

brownies-espresso

Via Foodnetwork

Cara pembuatannya yang nggak rumit serta rasa yang nikmat selalu membuat kue brownies menjadi dessert kesukaan banyak orang. Tapi, tahukah kamu kalau kue cokelat ini juga bisa dinikmati dengan suntikan kopi?

Kamu tinggal mengambil satu potongan kue brownies kemudian letakkan ke dalam sebuah gelas. Tambahkan satu scoop es krim vanilla di atas dan terakhir tuangkan sedikit espresso ke dalamnya.

Perpaduan cokelat, vanila, dan kopi di dalamnya tergantung selera kamu. Teruslah bereksperiman untuk mendapatkan kombinasi rasio terbaik!

4. Espresso meringues

espresso-meringues

Via Dishmaps

Camilan asal Perancis berbahan dasar putih telur ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis. Walaupun jarang dibuat, meringues berperisa kopi dapat menjadi teman untuk ngopi di sore hari bersama keluarga.

Kocok putih telur, dengan vanilla, bubuk espresso, garam dengan menggunakan mixer hingga berbusa dan tambahkan sedikit gula. Letakkan adonan di loyang berbentuk bulat.

Panggang meringues selama 2 jam pada seuhu 95 C hingga kering dan garing. Diamkan meringues yang baru keluar dari oven untuk beberapa saat. Meringues kopi renyah siap untuk disantap!

5. Espresso shortbread

espresso-shortbread

Via theviewfromgreatisland

Shortbread merupakan jenis dessert seperti cookies yang berasal Skotlandia. Kue ini dulunya adalah kue mewah yang hanya disajikan waktu perayaan, hari raya natal, atau pesta pernikahan. Meskipun biasanya dibuat dengan vanila, namun kali ini kita akan mencoba memadukan shortbread aroma kopi.

Kocok tepung, tepung maizena, dan garam hingga merata. Kemudian di wadah yang berbeda, kocok mentega, gula, dan vanila dengan menggunakan mixer. Setelah merata, tambahkan bubuk atau perisa espresso kemudian kocok kembali dengan menggunakan mixer (kecepatannya dapat dikecilkan).

Gabungkan adonan, kocok rata, kemudian masukan ke dalam loyang. Menggunakan tangan, tekan adonan hingga menjadi rapat dan taburkan sedikit gula di atasnya. Panggang adonan selama 40 menit dan kue mewah siap disantap ketika temperaturnya turun!

6. Espresso truffles

espresso-truffels

Via goodnessgraciouskitchen

Truffles adalah dessert cokelat yang dibuat dalam bentuk bola. Diberi nama seperti ini karena bentuknya yang mirip dengan jamur truffle.

Bahan utama dalam membuat kue ini adalah krim dan bubuk espresso yang harus kamu panaskan dengan api sedang selama 4-7 menit hingga sedikit mendidih.

Selanjutnya, tambahkan cokelat dan vanila dan aduk hingga merata. Tuang adonan ke dalam mangkuk dan dinginkan dalam freezer.

Gunakan sendok es krim untuk membentuk adonan menjadi bentuk bulat kecil kemudian masukan lagi ke dalam freezer selama 15 menit. Lapisi bola kecil tersebut dengan bubuk cocoa halus untuk sentuhan terakhir.

Kopi nggak harus selalu dinikmati dari gelas dalam bentuk minuman. Hanya dengan sedikit kreativitas, kamu juga bisa membuat dessert-dessert unik rasa kopi yang pastinya juga sangat nikmat.

Sebelum menyiapkan dessert-dessert di atas, sebaiknya kamu nggak lupa dengan bahan yang paling penting, yaitu kopi favoritmu! Buat kamu yang ingin citarasa unik, coba pakai Nescafe Green Blend untuk membuat berbagai makanan dengan rasa kopi di atas, yuk!

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY