Tidak semua pengguna memiliki atau cukup rajin membawa-bawa kamera digital saat berlibur. Dengan semakin meningkatnya kemampuan kamera di ponsel, banyak pengguna yang mengandalkan ponsel sebagai kamera utama.

Untuk itu, kami menguji kamera Samsung Galaxy S7 sebagai kamera utama saat liburan. Dari sisi spesifikasi, kamera utama Galaxy S7 hadir dengan sensor BSI-CMOS 12 megapixel yang dipadukan dengan fitur Dual AF yang diklaim lebih cepat, bahkan di kondisi minim cahaya sekalipun. Tapi tentunya semua spesifikasi itu tidak ada gunanya jika hasilnya tidak sesuai ekspektasi kan?

Untuk liburan kali ini, Samsung Galaxy S7 terbang ke Jepang. Tepatnya di kota Osaka, Kyoto, dan Kobe. Pengambilan foto diambil dengan mode otomatis dan setting HDR Auto.

*Ulasan ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy S7 edge yang memiliki kamera identik. Semua hasil foto langsung dari ponsel dan tidak mengalami proses penyuntingan sedikit pun.

kamera-samsung-galaxy-s7

Kinerja cepat dengan fokus akurat

Beragam teknologi yang diunggulkan Samsung di atas kertas ternyata memberikan dampak positif pada kinerja. Teknologi Dual-AF, misalnya, membuat kamera dapat menentukan fokus dengan cepat dan akurat. Saat dicoba, kami tinggal menyentuh bagian yang ingin menjadi fokus di foto dan kamera akan langsung merespon dengan segera. Kinerja AF memang melambat saat kondisi minim cahaya, tapi masih termasuk responsif untuk ukuran kamera ponsel.

Hasil foto amat baik di berbagai kondisi

Dengan sensor 12 megapixel yang baru, di mata awam kamera utama Galaxy S7 seperti menurun dari kamera Galaxy S6 yang memiliki resolusi 16 megapixel. Namun pada kenyataannya, kamera Galaxy S7 mampu menghasilkan foto lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Salah satu keunggulannya terlihat saat Galaxy S7 digunakan untuk memotret di malam hari. Dengan lensa yang memiliki bukaan lebih besar (f/1.7) dan ukuran pixel di sensor yang lebih besar, Galaxy S7 mampu menangkap foto yang lebih terang dibandingkan Galaxy S6.

Untuk pengujian, kami menggunakannya di berbagai kondisi cahaya, mulai dari siang hari di dalam ruangan hingga malam hari di luar ruangan. Dalam kondisi cahaya ideal, Galaxy S7 mampu menghasilkan foto yang amat baik. Ketajaman dan detail yang dihasilkan juga amat baik, dengan efek bokeh yang enak dilihat, seperti foto es krim di bawah ini.

27244125926_b944ecb768_z

Bagi yang suka memotret makanan atau obyek dari jarak dekat, Samsung Galaxy S7 juga bisa diandalkan. Berikut foto yang diambil dengan Food Mode yang memberikan efek bokeh tambahan.

cupcakes samsung

Namun tanpa Food mode sekalipun, hasil foto dari jarak dekat tetap bagus. Detail tekstur steak Kobe berikut ini dapat direproduksi dengan amat baik, walaupun foto diambil di dalam ruangan.

makanan samsung galaxy s7

Warna yang dihasilkan Samsung Galaxy S7 juga terlihat cemerlang. Bagi yang dulu menganggap warna pada hasil foto kamera ponsel Samsung terlalu matang atau terlalu “medok”, hal tersebut sudah diperhatikan oleh Samsung. Seperti terlihat foto berikut yang warnanya tidak berlebihan.

26672280763_f2286b32bc_z

Memotret subyek manusia juga dapat dilakukan dengan baik. Reproduksi warna kulit yang lembut dan kinerja fokus yang cepat saat continuous shooting membantu kami mendapatkan momen yang terbaik pada subyek yang sedang bergerak.

Bagi yang suka membuat foto ekstra lebar atau panorama, Samsung Galaxy S7 termasuk mudah digunakan untuk membuat foto panorama. Kiatnya, pastikan cahaya merata sehingga hasil akhir tidak “belang” dan gerakkan ponsel dengan lambat tapi pasti. Berikut salah satu contoh hasilnya.

panorama

Sedangkan saat kondisi minim cahaya, detail foto yang dihasilkan juga terjaga baik. Noise memang terlihat tapi termasuk minimal untuk sebuah ponsel. Jika Anda ingin mencetaknya dalam ukuran kecil atau sekedar membagikan hasil fotonya ke media sosial, hasil foto Galaxy S7 masih aman.

samsung galaxy s7

Kami juga mengujinya di dalam ruangan dalam kondisi yang amat gelap. Noise memang terlihat amat banyak tapi termasuk oke untuk sebuah kamera ponsel. Dengan kamera ponsel di kelas menengah bawah, hasil foto berikut akan terlihat lebih gelap dengan detail muka dan kotak di bagian belakang tersamar.

samsung gelap s7

Satu pujian khusus layak dilayangkan ke mode HDR yang cepat dan tidak mengalami jeda waktu yang terasa. Hasil foto pada mode HDR inilah salah satu faktor yang membuat kamera Galaxy S7 bisa diandalkan untuk berbagai situasi. Memotret pada kondisi dengan kontras cahaya tinggi yang biasa menyusahkan kamera, ternyata dapat diselesaikan dengan baik seperti di foto berikut ini.

liburan

Kesimpulan

Satu hal yang perlu diperhatikan, memotret dan merekam video amat menyedot baterai, tidak terkecuali Samsung Galaxy S7. Selama kami menggunakannya, Samsung Galaxy S7 harus diisi tenaganya setiap 5-6 jam. Untungnya, selama merekam video atau memotret secara sering, bodi Galaxy S7 hanya menghangat dan tetap nyaman di genggaman tangan.

Dari pengujian ini, kami cukup berani mengatakan bahwa Samsung Galaxy S7 dapat diandalkan sebagai kamera utama untuk teman liburan. Tentunya jika kamu jarang mengambil foto di kondisi amat gelap atau membutuhkan jangkauan lensa yang lebih fleksibel.

Buat kamu yang ingin liburan mau di temani Samsung Galaxy S7. Pas banget Friends,kamu bisa cek di sini. Di Blibli.com tersedia cicilan 0% untuk kamu dan dipastikan kualitasnya terjamin!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY