me

Cara Mengobati Cantengan dengan Betadine

Oct 07, 2022.By Nadine
Bagikan

Mengobati cantengan dengan betadine – Kuku yang tumbuh ke dalam adalah suatu kondisi di mana satu sisi atau ujung kuku telah memotong daging di area kuku. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di area kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Salah satu bagian kuku kaki yang paling rentan untuk mengalami kuku tumbuh ke dalam adalah pada jempol kaki.

Sebenarnya kondisi kuku kaki yang tumbuh ke dalam merupakan kondisi yang umum terjadi dimasyarakat. Karena pada dasarnya, kuku kaki yang tumbuh ke dalam tidak berbahaya kecuali kamu memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti masalah sirkulasi darah atau diabetes.

Pada umumnya cantengan terjadi karena terjadinya pertumbuhan kuku yang tidak normal dimana kuku justru tumbuh ke arah dalam kulit, sehingga menekan daging dan juga jaringan kulit yang ada di sekitarnya. Cantengan terjadi disebabkan oleh beberapa hal kecil yang tanpa kamu sadari ternyata dapat menyebabkan terjadinya cantengan.

Baca juga: Rekomendasi Serum untuk Mencerahkan Wajah, Cek Yuk!


Seluk Beluk Cantengan

Cantengan sendiri bisa terjadi dikarenakan beberapa hal, antara lain seperti cara yang salah dalam memotong kuku, terlalu pendek bahkan sampai menembus ke bagian pinggir kuku. Kemudian menggunakan kaus kaki atau sepatu yang ketat atau sempit dapat menekan kuku kaki yang mengakibatkan kuku menjadi tumbuh ke dalam kulit. Kurang menaruh perhatian pada kaki seperti menggunakan alas kaki pada saat kondisi kaki sedang basah.

Bisa juga mengalami cedera kuku, misalnya tersandung, kejatuhan benda berat, atau mendapatkan tekanan yang terjadi berulang kali, seperti pada saat bermain sepak bola. Penyebab yang terakhir yaitu karena adanya infeksi jamur pada kuku. Hal-hal tersebut sepele bukan? Akan tetapi dapat menimbulkan cantengan yang sakit luar biasa.

Apabila kamu masih bingung dengan gejala dari cantengan ini, terdapat beberapa tanda yang dapat kamu waspadai. Tandanya yaitu adanya bengkak, nyeri pada saat ditekan, jari disamping kuku berwarna kemerahan, mengeras, dan ada penumpukan cairan. Jika disertai dengan infeksi keluarnya nanah atau darah, tidak enak badan, meriang, dan demam.


Cara Mengobati Cantengan

Blibli Friends tidak perlu takut apabila kamu mengalami cantengan, karena cantengan dapat diobati secara mandiri ataupun dengan pergi berobat ke dokter. Pengobatan cantengan ditujukan tak hanya untuk meredakan gejalanya saja, akan tetapi juga mengatasi penyebabnya cantengan, mencegah terjadinya kambuh di kemudian hari, dan mencegah terjadinya penyakit komplikasi.

Apabila tidak diiringi dengan adanya infeksi, umumnya cantengan dapat ditangani secara mandiri di rumah masing-masing. Akan tetapi apabila kuku kaki yang tumbuh ke dalam harus ditangani oleh dokter apabila gejala yang dirasakan tak kunjung reda. Untuk penangan sendiri di rumah dapat dilakukan beberapa cara.

Terdapat banyak sekali cara yang tersebar di internet untuk mengobati cantengan secara mandiri di rumah. Blibli telah merangkum beberapa cara yang paling efektif dan sangat mudah untuk mengobati cantengan secara mandiri di rumah  Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Merendam Kaki Menggunakan Air Sabun yang Hangat

Cara yang pertama yaitu dengan merendam kaki menggunakan air sabun dengan suhu yang hangat. Merendam jari kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan ke dalam air sabun hangat ternyata dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan, mengurangi rasa sakit dan nyeri pada kuku kaki yang mengalami cantengan.

Cara menyembuhkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam dengan air sabun hangat ini cukup praktis dan mudah loh Blibli Friends. Kamu cukup menyiapkan sabun cair lalu kemudian dituangkan ke dalam air yabg memiliki suhu hangat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu dapat menambahkan garam epsom pada cairan tersebut.

Gunakan campuran ini untuk mengatasi cantengan selama 20 menit dan lakukan sebanyak tiga kali sehari. Sangat mudah dan praktis bukan Blibli Friends?

2. Merendam Kaki Menggunakan Cuka Apel

Selain air sabun, cuka apel juga dapat kamu jadikan opsi untuk mengobati cantengan secara mandiri di rumah. Cuka apel dapat dijadikan pilihan karena cuka apel mengandung bahan alami yang memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit. Tidak disangka bukan cuka apel mengandung bahan yang bermanfaat untuk hal-hal tersebut?

Cara mengatasi kuku kaki yang tumbuh ke dalam atay cantengan dengan cuka sari apel juga sangat mudah dan praktis. Kamu cukup menyiapkan semangkuk air dengan suhu yang hangat kemudian dipadukan dengan cuka sari apel dengan takaran sebesar 1/4 cangkir. Kemudian masukkan kuku yang mengalami cantengan kedalam baskom.

Jangka waktu yang diperlukan untuk merendam kaki atau tangan yang mengalami cantengan yaitu selama 20 menit setiap hari. Setelah itu, kamu dapat mengeringkan kaki kamu sepenuhnya. Sangat mudah dan praktis bukan?

3. Mengganjal Kuku yang Cantengan Menggunakan Kapas

Cara yang satu ini terbilang lebih praktis dibandingkan cara-cara yang sebelumnya. Caranya yaitu kamu cukup meletakkan kapas yang dilipat sangat kecil kemudian rendam dengan menggunakan alkohol, lalu letakkan di antara kulit dan kuku yang mengalami cantengan. Melalui cara ini ternyata dapat menggerakkan pertumbuhan kuku ke arah yang benar.

4. Meminum Obat yang dapat Meredakan Nyeri

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya cantengan diiringi dengan gejala nyeri atau sakit yang sangat luar biasa. Agar dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul karena rasa sakit dan nyeri tersebut, disarankan untuk meminum obat yang dapat meredakan nyeri. Akan tetapi apabila meminum obat pereda nyeri tetap mengikuti dosis dan petunjuk yang disarankan.

Karena apabila kamu meminum obat pereda nyeri di luar takaran yang disarankan dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, diara, sakit perut, dll.

5. Menggunakan Betadine

BETADINE Mouthwash & Gargle

Siapa yang tidak kenal dengan Betadine? Betadine dipercaya oleh banyak sekali masyarakat sebagai antiseptik yang dapat mencegah pertumbuhan dan membantu membunuh bakteri penyebab infeksi yang merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab dari penyakit cantengan.

Betadine mengandung povidone-iodine sebagai bahan aktif utama. Povidone-iodine ini yang dapat membunuh virus, bakteri, virus, jamur yang menjadi penyebab infeksi, dan protozoa.  Povidone iodine cenderung tidak terlalu mengiritasi dan tidak terlalu menyakitkan, sehingga dapat pula  digunakan untuk anak-anak.

Betadine tersedia dalam beberapa macam bentuk yaitu cair, salep, semprot, dan stik. Untuk menyembuhkan cantengan dapat menggunakan Betadine yang berbentuk salep. Caranya cukup mudah yaitu oleskan sebanyak 3 kali sehari dan kamu harus selalu membalut jempol kaki yang cantengan menggunakan perban kasa.

Betadine sangat mudah didapatkan di apotek terdekat di sekitar rumah kamu. Apabila kamu tidak dapat membeli secara offline, maka kamu bisa membelinya secara online melalui Blibli.


Baca juga: Rekomendasi Serum untuk Mencerahkan Wajah, Cek Yuk!

Nah itu dia Cara Mengobati Cantengan Menggunakan Betadine dan cara-cara yang lainnya. Semoga dapat menjadi referensi untuk Blibli Friends yang sedang mengalami cantengan. 

Apabila cara-cara tersebut tidak dapat mengobati cantengan yang sedang kamu alami, maka segeralah untuk periksa ke dokter. Karena ditakutkan dapat membuat cantengan menjadi semakin parah apabila tidak segera diperiksakan ke dokter.

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel