Nggak Perlu Repot ke Bengkel, Ganti Oli Bisa Kamu Lakukan Sendiri! Ini Dia Caranya!

mengganti oli mobil

Setiap 5.000 kilometer perjalanan kendaraan, penggantian oli sangat dianjurkan untuk menjaga performa mesin. Buat kamu yang enggan pergi ke bengkel hanya untuk ganti oli, kamu bisa kok mengganti oli mobilmu sendiri di rumah. Biar nggak bingung, Tri Arrdianto Setiawan, Online Division Lupromax membagi tipsnya di sini!

TEMUKAN OLI BERKUALITAS UNTUK MOBILMU DI SINI!

1. Siapkan peralatan ganti oli mobil yang kamu butuhkan

mengganti oli mobil
Via – Toxic Crush Jeep

Untuk mengganti oli mobil sendiri tanpa ke bengkel, kamu akan membutuhkan kunci pas, wadah untuk oli bekas, filter oli, alat buka pasang filter, dan oli baru yang sesuai dengan spek mobil.

Siapkan kendaraanmu di lokasi yang permukaannya rata sebelum memulai penggantian oli. Pasang rem tangan dan ganjal roda dengan balok jika perlu. Pastikan juga mesin dalam kondisi dingin, karena jika mesin dalam kondisi panas, maka oli akan banyak menempel di atas permukaan mesin.

JAGA MESIN TETAP BERSIH DENGAN OLI LUPROMAX AEGLE 500D!!

2. Cek kebocoran sebelum mengganti oli

mengganti oli mobil
Via – Allen Mello

Sebelum mengganti oli, lakukan dulu pengecekan pada oli mobil kamu. Buka cap oli di kap mesin dan cek stik oli, apakah oli lama kamu berkurang atau nggak? Pengurangan oli sebanyak 1 liter masih bisa dinyatakan normal, karena terjadinya oksidasi panas mesin dan suhu ruang dapat menyebabkan oli menguap. Jika oli berkurang lebih dari 1 liter, segera cek apakah ada kebocoran dari basahnya knalpot, asap putih knalpot atau oli yang menetes. Jika hal ini terjadi, kamu bisa bawa mobil ke bengkel untuk perbaikan dan pengecekan yang lebih profesional dan menyeluruh.

BIAR MAKIN KENCANG, TAMBAH DAYA MESIN KAMU DENGAN LUPROMAX ACCELATOR!

3. Menguras oli lama

mengganti oli mobil
Via – Video Blocks

Setelah kendaraan dan peralatan siap, kamu bisa mulai menguras oli lama. Dongkraklah mobilmu dan letakkan wadah penampung di bawah tangki oli mobil. Buka kap mesin dan kenop tangki oli bagian atas. Lalu dari sisi bawah mesin, buka baut tangki oli dan biarkan oli lama mengalir ke wadah yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Hati-hati saat membuang oli, karena suhu panas yang tinggi dapat melukai. Kamu juga harus hati-hati saat membuka baut, karena baut yang slek akan berakibat pada oli yang bocor. Jika oli mobil bocor tanpa sepengetahuan nantinya, maka akan berakibat pada kerusakan mesin.

KLIK UNTUK OLI LUPROMAX ZEOLOS 5000 EXTRA DISKON 20%!

4. Mengganti filter oli

mengganti oli mobil
Reader’s Digest Canada

Setelah oli lama dikuras, kamu perlu mengganti filter sebelum mengisinya dengan oli mobil baru. Penggantian filter oli dengan yang baru perlu dilakukan setiap mengganti oli mobil, agar oli yang masuk nantinya nggak terkontaminasi oli lama. Pastikan kamu juga menggunakan alat yang tepat untuk membuka dan memasang filter oli mobil kamu.

Sebelum memasang filter baru, ada baiknya untuk melumasi dulu filter dengan oli baru. Hal ini untuk menghindari kebocoran oli. Setelah filter terpasang, tuangkan oli baru dan lakukan pengecekan stik oli pada volume yang tepat, jangan kurang atau lebih.

OLI LUPROMAX HYPERION BISA KAMU BELI DENGAN DISKON 20%!

5. Memilih oli mobil yang tepat dan berkualitas untuk kendaraan

mengganti oli mobil
Via – Twitter.com/LupromaxID

Kamu juga harus memilih oli mobil yang sesuai dengan API service dan SAE mobil kamu, serta oli berkualitas untuk menjaga performa kendaraan. Mengingat perkembangan otomotif dari tahun ke tahun yang terus mengalami perubahan, maka oli yang terbaik adalah oli mobil dengan teknologi terkini. Oli Lupromax dilengkapi dengan heat activated technology yang melindungi mesin kendaraan dalam kondisi ekstrim, serta meningkatkan performa mesin. Teknologi ini juga sudah dipatenkan di dunia oleh Magna International selaku pemegang brand Lupromax! Jadi, nggak perlu ragu lagi dengan kualitasnya, kan?

BELI OLI LUPROMAX UNTUK BERBAGAI SPEK MOBIL DI SINI!


Ternyata, nggak sulit untuk mengganti oli mobil sendiri tanpa ke bengkel, kan? Jadi, kamu nggak perlu bolak-balik pergi ke bengkel hanya untuk ganti oli karena bisa dilakukan sendiri. Jangan lupa juga untuk membuat oli bekas dengan tepat dan nggak sembarangan, karena oli bekas yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan.

Kalau kamu berencana mengganti oli mobil dalam waktu dekat, kamu bisa temukan berbagai pilihan oli Lupromax di Blibli.com! Kamu juga bisa dapetin extra diskon 20% dengan kode voucher BLIEXTRA20. Yuk, ganti oli dengan lebih hemat hanya di #BlibliSekarang!

DAPETIN OLI MOBIL BERKUALITAS DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI!!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY