Mengenalkan Musik pada Anak

Musik memang sesuatu yang tidak asing dan bisa dibilang sangat melekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Manusia ternyata sudah memiliki kemampuan untuk merespon bunyi musik sejak bayi lho, Bubu. Menurut Diane Bales, Ph.D, professor Perkembangan Manusia dan Ilmu Keluarga dari University of Georgia, Athena, pendengaran bayi sudah berkembang dengan baik beberapa saat setelah dilahirkan, sehingga mereka dapat memberikan respon terhadap musik atau bunyi-bunyian sejak dini. Nah, memperkenalkan si Kecil pada musik ternyata dapat memperkuat keterikatan Bubu dengan si Kecil dan juga membantu meningkatkan keterampilan bahasanya.

Mengenalkan Alat Musik pada si Kecil

Mengenalkan musik pada si Kecil dapat Bubu lakukan dengan aktivitas yang menyenangkan seperti mengajak si Kecil mencoba berbagai alat musik. Si Kecil bisa belajar mengenali bunyi-bunyi yang berbeda dari berbagai alat musik – untuk anak yang lebih dewasa mungkin sudah bisa membedakan dan menghafalkan tiap nada yang dihasilkan sebuah alat musik. Hal ini akan menjadi pondasi dari pengenalan musik pada anak. Nah, jika Bubu sedang mencari alat musik yang cocok untuk mengenalkan musik pada anak, berikut ini beberapa jenis alat musik yang bisa Bubu berikan pada si Kecil.

  • Electronic Organ Anak

Pilihan alat musik pertama yang paling mudah untuk dimainkan anak adalah electronic organ. Selain cara memainkannya yang mudah, alat musik yang satu ini cocok untuk mengenalkan tangga nada dasar. Electronic organ dilengkapi dengan fitur-fitur yang membuat si Kecil betah memainkannya, seperti berbagai pilihan suara instrumen, musik demo, beberapa electronic organ juga dilengkapi mikrofon dengan fitur merekam dan putar ulang.

  • Xylophone Alat Musik Mainan Anak

Xylophone adalah alat musik yang tergolong ke dalam alat musik perkusi. Xylophone pada umumnya terbuat dari kayu yang disusun menyerupai tuts piano. Cara memainkannya adalah dengan dipukul menggunakan tongkat pemukul. Namun, saat ini sudah banyak Xylophone alat musik mainan anak  yang dibuat dari bahan yang lebih ringan seperti plastik sehingga lebih aman dan ukurannya pun sudah disesuaikan dengan anak-anak.

  • Drum Set Anak

Jika si Kecil mudah merasa bosan dengan satu alat musik, drum set ini bisa jadi pilihan alat musik untuk si Kecil. Tak hanya berisi satu alat musik saja, drum set anak terdiri atas drum, tamborin, marakas, seruling, dan peluit. Selain didesain dengan warna dan gambar yang menarik, ukuran drum set ini sudah disesuaikan dengan anak-anak. Dengan bahan plastik yang berkualitas, drum set anak ini ringan dan aman dimainkan oleh si Kecil.

Mengenalkan musik pada anak bisa dilakukan sejak dini atau saat anak mulai tertarik mendengar bunyi-bunyian. Apakah Bubu sudah mulai mengenalkan alat musik pada si Kecil? Yuk temukan berbagai alat musik anak berkualitas untuk mendukung keterampilan musik si Kecil di Blibli.com.

Blibli Friends: