Senam pilates memang tidak sepopuler yoga namun manfaaatnya hampir sama dengan olahraga tersebut. Biasanya pilates merupakan rangkaian latihan yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas atau kekuatan tubuh melalui beberapa gerakan.

Pilates sendiri dikembangkan oleh Joseph Pilates, seorang tawanan perang selama PD II. Sejak saat itu, Pilates telah semakin populer dari waktu ke waktu.

pilates

Dalam perkembangannya, Pilates muda mengenalkan jenis senam ini dengan mengambil inspirasi dari seni India kuno (yoga), Buddhisme Zen, dan latihan fisik dari masa Yunani dan Romawi. Lalu menggabungkannya dengan latihan fisik alhasil ia akhirnya menemukan olahraga ini kemudian dinamai atas namanya.

Akhirnya perkembangan pilates akhirnya populer di kalangan penari, atlet, selebriti, dan model. Selain membantu meningkatkan fleksibilitas tanpa menyebabkan kejang pada otot, Pilates juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Pilates berbeda dari Yoga adalah bahwa Pilates lebih terfokus pada menstabilkan dan memperkuat otot panggul dengan dinamis serta keseimbangan antara kekuatan dan kelenturan otot perut. Sedangkan Yoga lebih menekankan pada fleksibilitas pada tubuh.

fakta-pilates

Via light.id

Semua orang juga bisa melakukannya termasuk orang lanjut usia yang menderita osteoporosis serta mereka yang memiliki kelebihan berat badan.


BACA JUGA Mengenal Bikram Yoga Yang Buat Kamu Kepanasan


Salah satu keunggulan yang didapat dari olahraga ini adalah membuat perut menjadi datar, pinggang dan paha menjadi ramping dan kencang, serta meningkatkan kelenturan sendi. Sama seperti yoga, Pilates juga mampu mengurangi stres dan kecemasan.

Pilates berguna untuk memperkuat otot tanpa lemak, meningkatkan kesadaran tubuh, menguatkan otot perut bagian dalam, mempercepat pemulihan terkilir atau cedera, mengurangi nyeri punggung, mengurangi stres, serta juga meningkatkan kebugaran setiap hari.

Pilates juga dianjurkan untuk para ibu muda yang ingin mengembalikan bentuk tubuh usai melahirkan. Kecerahan kulit yang mungkin meredup pasca proses persalinan juga dapat kembali dengan rutin melakukan pilates.

Gimana Ladies? Banyak kan manfaat dari Pilates, kalau kamu ingin mencoba olahraga Pilates ini jangan lupa beli perlengkapannya dulu ya Friends! Kamu bisa belanja di Blibli.com dan manfaatkan cicilan 0%nya!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY