Di tengah padatnya aktivitas dan tingginya mobilitas, mobil menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki. Kredit mobil bisa jadi pilihan bagi kamu yang belum punya cukup uang untuk membeli cash. Tapi, pastikan kamu paham terlebih dulu mengenai perhitungan cicilan kredit mobil sebelum ambil kredit.

Nah, kali ini Blibli Friends punya simulasi sederhana untuk perhitungan cicilan kredit mobil yang harus kamu bayarkan mulai dari pembayaran pertama hingga cicilan berikutnya. Yuk, langsung saja simak simulasi perhitungan cicilan kredit mobil berikut ini!

KLIK DI SINI UNTUK AMBIL KREDIT MOBIL TOYOTA DAN DAPETIN BERBAGAI KEUNTUNGANNYA!

1. Perhitungan pertama adalah DP yang harus dibayarkan di muka

cicilan kredit mobil
Via – Ask a Leader

Pertama-tama, perhitungan cicilan kredit mobil yang perlu kamu pahami adalah menghitung jumlah DP atau down payment yang harus dibayarkan di awal. Rumusnya adalah 20% dikali harga mobil. Jika harga mobil yang kamu inginkan adalah Rp200 juta, DP yang harus kamu bayarkan adalah Rp40 juta.

KREDIT TOYOTA FORTUNER DAPET VOUCHER 5 JUTA, CUMA DI SINI!

2. Menentukan besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya

cicilan kredit mobil
Via – BestlifeOnline

Sekarang waktunya menghitung sisa cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan. Rumusnya adalah harga mobil dikurangi harga DP. Dengan perhitungan DP di atas, maka Rp200 juta – Rp40 juta = Rp160 juta.

Kemudian, hasil angka tersebut dikalikan dengan tarif bunga yang ditentukan berdasarkan tenor atau jangka waktu cicilan yang dipilih. Persentase bunga untuk tenor 3 tahun adalah 8% sehingga perhitungannya menjadi Rp160 juta X 8% = Rp12,8 juta X 3 tahun = Rp38,4 juta. Inilah jumlah bunga yang harus dibayarkan selama cicilan.

Kemudian, tambahkan nilai bunga tersebut pada jumlah sisa cicilan, maka: Rp160 juta + Rp38,4 juta = Rp198.400.000. Nah, angka inilah yang bisa kamu bagi dengan jangka waktu cicilan. Jadi, cicilan setiap bulannya adalah Rp198,4 juta : 36 bulan = Rp5.551.000.

Tapi, kamu bisa dapetin tarif bunga hanya 3,50% untuk tenor 3 tahun dengan kredit mobil di Mandiri Tunas Finance melalui Blibli.com.

KLIK DI SINI BUAT KREDIT TOYOTA NEW VENTURER DENGAN BUNGA 3,50% AJA!

3. Siapkan juga dana untuk biaya asuransi dan biaya administrasi, ya!

cicilan kredit mobil
Via – Car Insurance Brokers

Selain biaya DP dan cicilan per bulan, perhitungan cicilan kredit mobil lainnya yang harus kamu tahu adalah biaya asuransi dan administrasi. Kedua biaya ini harus dibayarkan di awal bersama uang muka.

Rumusnya adalah tarif asuransi dikalikan dengan harga mobil. Sementara untuk biaya administrasi pengajuan kredit mobil 3 tahun, biasanya, adalah Rp550 ribu.

KREDIT TOYOTA YARIS DAPET VOUCHER 2 JUTA! YUK, KLIK DI SINI!

4. Terakhir, hitung berapa total biaya awal dan cicilan per bulan yang harus ditanggung

cicilan kredit mobil
Via – LoanNow

Nah, jika tarif asuransi untuk tenor 3 tahun adalah 9,5%, berarti perhitungannya adalah 9,5% X Rp200.000.000 = Rp19.000.000.

Jadi, biaya yang harus kamu bayarkan di awal adalah Rp40 juta (DP) + Rp19 juta (asuransi) + Rp550 ribu (administrasi) + Rp5.511.200 (cicilan pertama) = Rp65.061.200. Itulah dana yang perlu kamu siapkan untuk biaya awal dengan cicilan Rp5.511.200 per bulan selama 3 tahun.

YUK, AMBIL KREDIT TOYOTA INNOVA DI SINI DAN DAPETIN VOUCHER 5 JUTA-NYA!


Jika kamu sudah paham dengan perhitungan cicilan kredit mobil di atas, segera lengkapi administrasi. Untuk mengajukan cicilan kredit mobil, kamu perlu kartu keluarga, KTP, slip gaji, rekening tabungan, rekening listrik/telepon/pajak bumi bangunan, serta dokumen lainnya yang diminta oleh pihak bank atau leasing.

Asyiknya beli mobil di #BlibliSekarang bisa dapetin 2 promo menarik, lho! Pertama, promo bunga 3.50% untuk tenor 3 tahun dan voucher Rp5 juta untuk pembelian unit Fortuner & Innova dengan tenor 3 tahun. Kedua, promo hadiah voucher Rp2 juta untuk pembelian unit Toyota lainnya dengan tenor 3, 4, dan 5 tahun.

Seru banget, kan? Yuk, segera ambil kredit mobil kamu dengan Mandiri Tunas Finance hanya di #BlibliSekarang!

KLIK DI SINI UNTUK DAPETIN VOUCHER HINGGA 5 JUTA BUAT KREDIT MOBIL TOYOTA

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY