Yuk, Kenalan dengan Berbagai Motif Batik Kebanggaan Indonesia yang Unik Banget!

motif batik

Berbeda dengan perannya sebagai baju daerah, kini batik sudah menjadi pakaian kebanggaan Indonesia yang dikenakan di berbagai acara, mulai dari kondangan sampai ke kantor. Sepertinya ada kepuasan sendiri ketika memilih motif batik dengan berbagai bentuk dan paduan warna yang cantik.

Tapi, tahukah kamu, setiap motif batik memiliki karakter dan makna yang berbeda-beda dari satu daerah ke daerah lain, lho. Nah, biar kamu bisa makin jago memilih motif batik andalan, kenalan dulu yuk dengan beberapa motif batik kebanggaan Indonesia!

INTIP DULU BATIK KEREN PELENGKAP KOLEKSIMU

1. Motif parang batik Solo

motif batik

Dari sekian banyak motif batik yang ada di Indonesia, kamu pasti sering menjumpai motif parang ala batik Solo. Kata “parang” berasal dari kata “pereng” yang berarti lereng, sehingga motifnya membentuk garis menurun secara diagonal.

Kalau diperhatikan, garis ini membentuk huruf S yang saling menjalin tanpa terputus, yaitu menggambarkan kesinambungan dan semangat yang nggak pernah padam.

TETAP SEMANGAT DENGAN MEMAKAI BATIK MOTIF PARANG

2. Motif kawung

motif batik

Motif batik kawung berpola bulat-bulat seperti buah Kawung yang menyerupai kelapa atau kolang-kaling. Pola ini dibentuk secara rapi dan geometris dari atas ke bawah; empat buah bentuk bulat ini merekah ke arah yang berlawanan.

Motif ini menggambarkan umur panjang dan kesucian. Selain itu, buah kawung yang sudah ada sejak abad ke-13 memiliki banyak manfaat mulai dari buah hingga akarnya. Karena itulah, batik dengan motif kawung menggambarkan bahwa manusia harus selalu membantu dan bermanfaat bagi orang lain.

TAMPIL CANTIK DENGAN BATIK MOTIF KAWUNG

3. Motif tambal

motif batik

Motif batik tambal paling banyak ditemui di kota Yogyakarta. Ciri khas dari motif ini adalah adanya perpaduan antara motif ceplok, parang, ataupun peru yang didesain kembali dalam kotak-kotak sehingga tercipta batik tambal yang sangat unik. Para desainer biasanya mengombinasikan warna gelap dan warna terang supaya motif batik terlihat menonjol.

Dulunya, batik bermotif tambal dipercaya memiliki khasiat kesembuhan untuk orang yang sedang sakit. Konon tambalan ini berarti bahwa manusia harus selalu memperbaiki diri dengan hal-hal yang lebih baik. Nah, kalau kamu lagi lemas dan nggak mood, batik tambal ini bisa ngembaliin semangatmu lagi dong! Yuk coba!

KLIK DI SINI UNTUK BELI BATIK MOTIF TAMBAL

4. Motif mega mendung

motif batik

Motif batik berikutnya yang sudah sangat populer adalah motif mega mendung. Batik model ini berasal dari kata Mega (awan/langit) dan Mendung (saat sebelum turun hujan). Istilah mendung ini diartikan sebagai sifat yang sabar dan tidak mudah marah. Jadi, diharapkan orang yang memakai batik motif ini pun menjadi lebih sabar dan kalem.

Batik mega mendung sangatlah ikonik, bahkan sudah menjadi kebanggaan kota Cirebon dan Indonesia. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sudah mendaftarkan motif ini ke UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Bangga ya!

PAKAI BATIK MEGA MENDUNG PASTI RASANYA BANGGA

5. Motif truntum

motif batik

Provinsi Jawa Tengah sebagai sentra batik Indonesia selalu menghasilkan motif batik yang cantik-cantik, salah satunya motif Truntum. Kalau kamu adalah orang yang feminin dan romantis, kamu pasti suka dengan makna di balik truntum, yang berarti: tumbuh kembali. Konon motif ini terbentuk ketika sang raja di abad ke-17 jatuh cinta kembali ketika melihat permaisurinya membatik truntum. Semacam cinta lama bersemi kembali, guys!

Batik motif truntum biasanya berbentuk seperti taburan bunga-bunga kecil yang terlihat seperti kuntum melati atau bintang-bintang. Kamu yang lagi kasmaran, mungkin batik truntum cocok buat kamu pakai nge-date, nih!

BATIK TRUNTUM CANTIK BISA DIBELI DI SINI


Wah, ternyata setiap motif batik di Indonesia mempunyai cerita dan ciri khas yang menarik banget ya! Tentunya di luar 5 motif tersebut, masih ada banyak motif batik yang bisa kamu eksplor, lho. Nggak cuma ikonik dan terlihat cantik, batik juga pas banget untuk menemani kamu ke berbagai acara, baik formal maupun informal.

Makanya, kamu juga harus selalu meng-update koleksi batikmu biar tampilanmu pun kece setiap saat! Blibli.com punya koleksi lengkap batik mulai dari atasan, dress, rok, dan tas batik yang bisa bikin OOTD-mu makin cetar. Lengkap banget deh pokoknya!

Jadi, daripada galau, mending langsung ke #BlibliSekarang dan pilih batik yang kamu mau yuk!

BELI KOLEKSI BATIK CANTIK DI BLIBLI.COM

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY