me

Mengenal Apa Itu Mixer Audio: Fungsi, Jenis hingga Merk Terbaik

May 28, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/user6407444
Mengenal apa itu mixer audio, fungsi, jenis, cara penggunaan hingga rekomendasi merk terbaik

Cicilan 0% KAM

Mixer sound system, seiring dengan semakin populernya tren vlog dan live show, belakangan ini jadi produk yang banyak dicari. Tapi sayang, nggak semua orang tahu apa fungsi, jenis dan juga rekomendasi merk terbaik yang kualitasnya diunggulkan. Nah, buat kamu yang berencana terjun ke dunia kreatif berkaitan dengan rekaman suara, yuk, mengenal apa itu mixer audio dulu di sini!

Baca juga:


Apa Itu Mixer Audio?

Apa Itu Mixer Audio
freepik.com/author/dilokk

Kalau kamu adalah newbie yang baru banget memasuki bidang yang berkaitan dengan sound system, alat satu ini bakalan jadi pemandanganmu setiap hari, nih. Mungkin ada beberapa yang masih awam banget dengan perlengkapan elektronik yang biasa disebut sebagai audio mixer atau mixer sound system oleh orang-orang.

Well, alat elektronik satu ini punya cukup banyak sebutan, lho. Para profesional mengenalnya sebagai professional autodesk mixing console. Tapi sebagian yang lain menyebutnya dengan nama FOH mixer atau mixer audio. Ada juga yang menggunakan istilah mixing desk atau soundboard, sesuai dengan fungsinya untuk memcampur atau memadukan suara alias mixing.

Nah, akhir-akhir ini, yang namanya audio mixer mulai menjadi alat yang cukup banyak diburu. Bahkan nggak cuma oleh mereka yang berkecimpung di bidang tarik suara atau musik doang, tapi penyiaran radio, televisi, pembuatan film, bahkan industri hiburan lain. Tapi, sebenarnya apa itu mixer audio, yang disebut sebagai perangkat paling populer setelah mikrofon?

Dari istilah yang dipakai untuk menyebut produk ini seharusnya kamu udah bisa nebak, alat apakah audio mixer itu. Yups, ini merupakan sebuah perangkat yang kegunaannya untuk mencampur dua suara atau lebih, diseimbangkan sedemikian rupa, mengubahnya menjadi satu atau dua output suara saja, untuk kemudian disalurkan ke speaker.

Fungsi Mixer Audio

Fungsi Mixer Audio
freepik.com/author/dcstudio

Perangkat elektronik ini, seperti yang disebutkan sebelumnya, berguna untuk menggabungkan beberapa suara agar tercipta harmonisasi yang bikin suara terdengar lebih indah di telinga. Tapi kenapa, sih, harus banget pakai audio mixer? Kok, nggak langsung saja diproses tanpa alat ini, sih? Ternyata ada alasannya, lho, Blibli Friends. Di bawah ini adalah beberapa keuntungannya:

1. Hasil Terdengar Lebih Jernih

Keunggulan pertama yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan audio mixer adalah hasil suara terdengar lebih jernih. Dikarenakan alat ini memiliki kemampuan untuk mengatur level dan meningkatkan keharmonisan suara, sehingga ketika didengar jadi semakin baik.

2. Suara Lebih Kaya Warna

Channel yang dimiliki mixer audio ada banyak, jadi kamu dapat menciptakan warna suara lebih beragam. Karena saat audio diputar hasil dari perpaduan banyak suara itu akan terdengar penuh harmonisasi. Bahkan beberapa produk dapat mengurangi gangguan teknis yang biasa terjadi.

3. Sebagai Gain & Equalizer

Pada sebagian mixer audio keluaran terbaik biasanya dilengkapi dengan fitur Gain Output/Input Clear & Clear, sehingga setiap input/output yang dihasilkan akan lebih bersih dan jernih tanpa noise dan distorsi yang dialirkan ke seluruh sistem.

4. Konektivitas yang Lengkap

Jika kamu menggunakan mixer sound system kualitas yang bagus, produk dibekali dengan pilihan konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari USB, SD Card hingga MP3. Jadi nggak perlu bingung lagi kalau ingin menyambungkannya dengan speaker beda ukuran, deh.

Macam-Macam Jenis Mixer Audio

Secara umum, macam audio mixer itu dikelompokkan ke dalam 3 jenis, meski di pasaran tersedia lebih banyak varian. Buat kamu yang berencana beli, tapi galau cari yang paling oke dari macam-macam jenis mixer audio, coba cek pilihannya di bawah ini, jadi bisa menyesuaikan kualitas nada supaya audio output-nya mudah dinikmati oleh audiens. Apa aja macamnya?

1. Mixer Audio Analog

Yang pertama ada audio mixer analog. Cirinya bisa kamu lihat dari susunan tombol kontrol dan fader yang rapi berjajar di panel atas untuk menyesuaikan volume dan nada sinyal audio input. Buat newbie, cara mengoperasikannya cukup sulit karena prosesnya dibutuhkan intuitif.

2. Mixer Audio Digital

Kedua ada audio mixer digital dengan teknologi pemrosesan digital untuk menyesuaikan nada dan volume yang nggak mungkin dilakukan dengan mixer analog. Karena digital, posisi kenop serta fadel bisa disesuaikan, sehingga lebih ringkas, bahkan ketika jumlahnya bertambah.

3. Power Mixer Audio

Lalu ketiga ada power mixer audio yang merupakan gabungan antara mixer analog dengan amplifier listrik internal. Kamu bisa memutar suara dengan mixer yang langsung tersambung ke speaker. Kelebihannya, untuk mengoperasikan alat ini jauh lebih mudah dan praktis.

Merk Mixer Audio Terbaik

Merk Mixer Audio Terbaik
freepik.com/author/EyeEm

Di pasaran ada banyak merk yang menawarkan audio mixer untuk berbagai kebutuhan. Agar bisa mendapatkan yang benar-benar berkualitas, kamu wajib tahu seperti apa produk yang benar-benar bagus dan tahan lama. Untuk memudahkanmu menemukan alat terbaik, intip rekomendasi merk dalam ulasan di bawah ini, yuks, Blibli Friends!

Yamaha EMX 5014C

Well, siapa yang berani meragukan produk dari Yamaha, sih? Mixer audio-nya hadir dalam desain mewah dan bodi kokoh, Yamaha EMX 5014C menawarkan beragam keunggulan yang menunjang performa semakin andal, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih dan powerful, nggak terdengar pecah, bising ataupun terdistorsi. Sebegitu mantapnya, nih.

Presonus Studio Live 16.0.2

Kemudian ada mixer audio dari Presonus yang dirancang dengan aneka macam teknologi mutakhir. Yang menarik, kamu bisa mengoperasikannya langsung dari smartphone, karena alat bisa terintegrasi dengan software. Meski bodinya nggak terlalu besar, tapi fitur-fiturnya keren dan canggih. Salah satu yang jadi nilai plus, yaitu bisa dikoneksikan dengan berbagai perangkat.

QSC Touchmix 8 Digital Mixer

Buat kamu yang cari merk mixer audio terbaik, bisa kepoin alat mixing dari merk QSC, nih, Blibli Friends. Produk satu ini direkomendasikan untuk pemula yang baru banget memasuki dunia mixing. Desainnya simple dan user friendly, sehingga kamu nggak bakal kesulitan untuk belajar. Tersedia sekitar 120 efek yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan kreasi super keren.

Allen & Heath ZED 10FX

Salah satu produk dari ZED series besutan Allen & Heath ini menyediakan fitur unik yang beda dari kebanyakan audio mixer di pasaran. Mulai dari S Input Stereo untuk memutar MP3 hingga CD Player. Untuk memonitor output tinggal dengarkan saja lewat ponsel dan speaker, lalu langsung edit jika dirasa ada yang kurang atau tambahkan efek yang disediakan perangkat.

Behringer Xenyx 802

Well, bentuknya emang mini, harganya pun sangat bersahabat, tapi jangan ragukan kemampuannya, lho. Karena mixer audio dari Behringer ini menawarkan performa jempolan dan mampu menghasilkan suara yang sungguh luar biasa. Saking keren pengaturannya, suara yang sederhana bisa disulap jadi menakjubkan dengan kualitas premium.


Baca juga

Gimana, setelah mengenal apa itu mixer audio, jadi nggak galau lagi mencari produk yang sesuai dengan kebutuhanmu di dunia mixing, kan, Blibli Friends? Nah, kalau ingin mendapatkan Mixer Audio branded original, pastikan cuma beli di official store Blibli, ya. Selain ada garansi, kamu juga bakalan dapat penawaran spesial dan diskon besar, lho. Cuss, buruan buktikan!