Mengenal Kopi Mandailing, Jagoan Espresso!

Blibli Friends, salah satu kopi asli Indonesia yang punya nama di kancah internasional adalah Kopi Mandailing yang juga populer dengan nama Mandheling. Kopi ini berasal dari pegunungan Bukit Barisan di ketinggian 900-1.400 Mdpl. Tumbuh subur di tanah vulkanis, Kopi Mandailing punya cita rasa unik dan khas yang dicintai para penikmat kopi.

Penasaran dengan fakta-fakta lain dari salah satu kopi unggulan Indonesia ini? Baca artikel ini sampai habis yuk!

1. Diolah menggunakan teknik semi-wash

Via coffeedx.com

Teknik semi wash merupakan salah satu teknik mengolah kopi setelah panen. Kalau biasanya sehabis panen kopi dikuliti, difermentasi, dikeringkan, lalu dikupas, kopi Mandailing melalui proses yang sedikit berbeda.

Proses pengolahan kopi Mandailing ini adalah dikuliti, difermentasi, dikeringkan secara penuh, dikupas, dan dikeringkan lagi. Perbedaan proses pengolahan ini ternyata meninggalkan ciri khas yang bikin kopi Mandailing unik. Rasa kopi menjadi lembut, meninggalkan sensasi di mulut dengan aroma herbal alami campuran bunga dan buah.

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOPI PILIHAN KAMU DI BLIBLI.COM, GRATIS ONGKIR!

2. Punya sejarah yang panjang

Via coffeechronicler.com

Dalam buku Dunia Martim Pantai Barat Sumatera, nama kopi Mandailing muncul pada akhir abad ke-19. Ada laporan orang Jerman yang menyebut nama kopi Mandailing tahun 1880. Nama itu sendiri sebetulnya berasal dari pedalaman di Mandailing yang dikirim ke Pelabuhan Natal ke Padang. Jadi, awalnya kopi Mandailing adalah kopi yang berasal dari Mandailing, tetapi selanjutnya digunakan untuk menyebut nama dagang kopi yang diproduksi dari wilayah tersebut.

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOPI MANDAILING  DI BLIBLI.COM

3. Karakter kuat, cocok menjadi espresso

Berjenis arabika, kopi Mandailing punya keunikan karena punya tingkat keasaman yang paling rendah. Selain itu, aftertase-nya manis sehingga bisa jadi penawar setelah minum kopi. Bisa dinikmati murni ataupun yang dijadikan sebagai house blend, kopi ini paling cocok dinikmati dalam bentuk espresso, nikmat!

Kopi sidikalang Mandheling Arabika Premium Biji
Kopi sidikalang Mandheling Arabika Premium Biji

Cocok buat si tukang ngopi tapi gak mau asam lambung naik dan punya citarasa serta aroma yang menyegarkan, kopi Mandailing cocok disebut sebagai warisan nusantara. Apakah kopi ini jadi salah satu favorit kamu?

Buat kamu yang mau coba bikin kopi ini sendiri di rumah, bisa banget lho! Tinggal sediakan aja bubuk kopi dan alat grindingnya. Contek cara pembuatan kopi rumahan di sini.

Buat kamu yang mau melengkapi biji kopi atau bubuk kopi serta alat-alat pembuatannya, bisa banget beli di Blibli.com, mumpung lagi ada promo Sajian Nusantara! Kamu bisa mendapatkan paket bundling beli 1, bonus 1 produk lagi atau paket grosir, beli banyak lebih hemat hingga 58%! Cocok buat kamu yang gak bisa banget lepas dari kopi sebagai minuman sehari-hari!

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOPI DI PROMO SAJIAN NUSANTARA BLIBLI.COM, GRATIS ONGKIR!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY