Mengenal Keindahan Pulau Labengki yang Dijuluki Mini Raja Ampat

Via reddoorz.files.wordpress.com

Pernah mendengar nama Labengki? Wajar jika masih awam terdengar karena ini adalah destinasi wisata baru belakangan diperbicangkan oleh banyak traveler dari dalam dan luar negeri.

Apa sih yang membuat Labengki ini mendadak fenomenal? Selain tentunya pemandangan yang indah, destinasi wisata pulau ini juga memiliki sebuah area yang disebut sebagai miniatur Raja Ampat. Gugusan karangnya yang menyeruak muncul ke permukaan, berbaris seperti pagar, mengingatkan akan formasi serupa yang lebih besar di Papua Barat.

Kepulauan Labengki sendiri berlokasi di lepas pantai timur provinsi Sulawesi Tenggara, tidak jauh dari kota Kendari. Pergi ke sana hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam berlayar dengan kapal motor dari Pelabuhan Tanasa.

Via triptrus.com

Adapun dari Makassar, metropolitan terbesar di wilayah Indonesia timur, kira-kira memakan waktu sekitar satu jam penerbangan menuju Bandara Heluleo di Kendari.

Lewat Makassar pula, meski terbatas, kamu bisa menjangkau Kepulauan Labengki dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa titik keberangkatan internasional. Bandingkan dengan perjalanan menuju Raja Ampat, yang memakan lebih banyak waktu dan biaya, tentu ini merupakan opsi alternatif yang menguntungkan.

Sedikit trekking akan mengantarkan kamu menuju berbagai lansekap menakjubkan di Labengki, mulai dari gua dengan stalagmit dan stalagtit berkilau hingga hamparan pantai pasir putih yang menawan.

TEMUKAN ANEKA PAKET WISATA LOKAL MENARIK DI BLIBLI.COM

Seperti yang disebut di atas, kamu juga akan mendapati gugusan karang berselubung tanaman hijau, menyerupai Raja Ampat. Kamu juga akan terpesona oleh kekayaan satwa liar yang berada di kawasan ini, serta keramahan khas suku Bajo, yang telah mendiami lokasi ini sejak berabad-abad lalu.

Soal Bajo, kamu tentu sering dengar bahwa suku ini terkenal sebagai gypsi laut, karena awal kebiasaan hidupnya yang berpindah dari pesisir satu ke pesisir lainnya. Suku ini juga terkenal dengan budaya perenang ulung, di mana bahkan mampu menyelam tanpa alat bantu dalam waktu yang cukup lama.

Via indonesiaful.files.wordpress.com

Sementara itu, tidak hanya keindahan di atas air saja yang mempesona, tetapi keindahan bawah lautnya juga sangat layak untuk dikagumi. Berbagai biota laut yang hidup di sini, masih terjaga kealamianya.

Banyak terdapat titik penyelaman menarik di seputaran Kepulauan Labengki yang tidak seberapa luas, di mana kamu berkesempatan untuk melihat langsung habitat spesies Kima –sejenis kerang raksasa– yang bisa mencapai diameter sekitar 50 sentimeter.

Menariknya lagi, Kima di sini tercatat sebagai terbesar kedua di dunia setelah habitat terluasnya di pesisir barat laut Australia.

Nah, untuk mengenal lebih jauh Pulau Labengki, berikut adalah beberapa kilasan utama yang perlu kamu ketahui tentang si Mini Raja Ampat.

DAPATKAN BERAGAM PENAWARAN PAKET WISATA MENARIK DI SINI

1. Memiliki Kombinasi Perbukitan dan Gugusan Karang yang Dramatis

Via travacello.com

Ya, tidak habis-habisnya disinggung bahwa meningkatnya popularitas Pulau Labengki terutama dilatarbelakangi oleh keberadaan gugus batu karang bersilmut tanaman hijau, yang dilihat dari berbagai sudut, mirip dengan fromasi serupa di Pulau Wayag, Raja Ampat.

Karena saking indahnya, cuaca sepanas apapun dijamin nggak bakal melunturkan semangat kamu untuk puas menjelajah setiap sudut Pulau Labengki.

Jika sudah puas berfoto dengan latar belakang “Mini Raja Ampat”, turunlah ke bawah untuk menyaksikan langsung pantai-pantai kecilnya yang indah, dengan pasir putih dan kemilau biru air yang menawan.

Jika beruntung, biasanya di tengah musim kemarau, terdapat serbuan alga merah dari laut yang akan memicu sebagian pasir berubah warna menjadi merah muda. Meski tidak begitu pekat, pesona warna pastelnya selalu berhasil memukau siapa pun yang melihatnya.

TEMUKAN BERAGAM PERALATAN KAMERA ANDALAN DI SINI

2. Teluk Cinta yang Mempesona

Via mymilk.com

Pulau Labengki memilih sebuah teluk unik yang berbentuk hati. Ini tidak dibuat-buat, tetapi meruapkan hasil gerusan laut selama beratus-ratus tahun.

Jika dilihat dari bawah, memang tidak begitu terlihat bentuknya, Namun jika kamu naik ke beberapa bukit kecil di sekitarnya, kamu akan mendapati bahwa teluk tersebut benar-benar berbentuk hati. Sungguh indah!

Menariknya lagi, karena lokasi ini termasuk baru populer belakangan ini, keasliannya masih terjaga dengan baik. Kamu juga bisa snorkeling di sini. Meski luasnya tidak seberapa, tempat ini memiliki keragaman biota laut yang cukup mengagumkan.

Selain itu, arus lautnya yang tenang juga cocok untuk tempat bersantai di atas perahu balon. Apalagi jika dilakukan pada sore hari, kamu akan mendapat bonus semilir angin yang menyejukkan, dan pemandangan matahari terbenam yang dramais di balik bukit.

TEMUKAN BERAGAM PERLENGKAPAN WISATA PANTAI TERBAIK DI SINI

3. Salah Satu Pantai Berpasir Paling Putih di Dunia

Via planettoexplore.com

Sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan pantai yang berada di wilayah Indonesia Timur dilimpahi dengan pasir putih menawan, tidak terkecuali di Labengki. Uniknya lagi, banyak pantai di Labengki yang berlokasi di titik-titik tersembunyi, seperti di balik bukit, di teluk yang dikellingi batu karang, dan bersebelahan dengan kebun kelapa yang artistik.

Bisa dibilang setiap pantai di Labengki memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga akan membuat siapapun antusias untuk menjelajahinya seharian penuh. Otoritas setempat mempersilahkan wisatawan untuk berkemah di berbagai pantai yang disukainya, namun dengan syarat harus ditemani oleh pemandu lokal atau biro wisata yang telah ditunjuk resmi, di mana petugasnya tetap berasal dari penduduk sekitar. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mendukung berkembangnya ekonomi setempat.

ANEKA KEBUTUHAN LIBURAN DI PANTAI TERSEDIA LENGKAP DI SINI

4. Punya Spot Menyelam yang Tidak Kalah Cantik

Via labengkiwisata.com

Selain snorkeling di beberapa teluk kecilnya, Labengki juga punya beberapa spot menyelam yang tidak kalah bagus. Karena masih alami, visibilitas selam di sini sangatlah bersih, sampai-sampai seperti kamu tidak berenang, tetapi melayang dengan para hewan laut yang cantik.

Karena berada di jalur segitiga Pacific Coral, tidak heran jika susunan terumbu karang di sini sama indahnya seperti di Wakatobi atau Raja Ampat. Warna-warni terumbu karangnya juga sangat beragam, seolah membawa kita pergi ke dunia dongeng bawah laut. Pastikan untuk membawa kamera bawah air untuk mengabadikan berbagai momen apik di dalamnya.

Uniknya lagi, di sini Kamu bisa juga lho ikutan memberi makan lobster. Tapi pastikan tanya dulu ke operator wisata atau pihak yang bertugas di sekitar area menyelam ya, supaya menghindari risiko merusak.

JANGAN SAMPAI LUPA MENYEDIAKAN SUNBLOCK TERBAIK, CARI SELENGKAPNYA DI SINI

5. Surga Para Penggila Aktivitas Memancing

Via splashdive.com

Karena punya kekayaan laut yang melimpah, jadi memancing di Labengki tidak akan membuatmu kecewa. Ada banyak jenis ikan yang bisa Kamu tangkap di sini, mulai dari jenis kakap, ikan layar, kerapu, dan bahkan tuna sirip kuning yang sangat bernilai.

Memancing sendiri di tempat ini dilarang, kecuali memiliki sertifikat khusus. Jika ingin merasakan serunya menangkap ikan di tengah laut, kamu bisa meminta ke operator wisata untuk menjadwalkannya. Mereka biasanya akan berkoordinasi dengan nelayan setempat untuk mempersilahkan turis ikut melaut.

ANEKA PAKAIAN NYAMAN UNTUK PERGI BERWISATA TERSEDIA LENGKAP DI SINI

Nah, buat kamu yang ingin pergi mengunjungi Labengki, namun enggan untuk bersusah payang menjelajah secara mandiri, mungkin paket wisata yang dihadirkan oleh Bayu Buana Travel Services adalah pilihan terbaik.

Paket ini merupakan perjalanan empat hari yang sudah termasuk tiket pesawat pergi dan pulang Jakarta-Kendari, akomodasi, transportasi kapal, makan dan minum, serta jasa pemandu lokal. Menariknya lagi, jika membeli di Blibli.com, kamu bisa membayarnya dengan skema cicilan ringan dan terjangkau.

Hari pertama akan diisi dengan perjalanan dari Jakarta ke Kendari, yang dilanjutkan dengan beristirahat di hotel yang dipilih, serta mencicipi lezatnya kuliner lokal. Perjalanan ke Labengki dilakukan di hari kedua, di mana di sana kamu akan diajak untuk mengunjungi Teluk Lahumalala, Blue Lagoon, dan Twin Lagoon. Setelahnya, kamu akan diajak menuju Teluk Cinta dan diberikan kesempatan sepuasnya untuk snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam pesisirnya.

Di hari ketiga, kamu akan diajak melihat Matahari terbit di jalur pendakian Labengki Lover Walks, yang diikuti dengan menjelajah berbagai pantai cantik dengan hamparan pasir putihnya yang menawan. Untuk menyempurnakan hari, kamu akan diajak naik speedboat Tebing Mahitala yang punya pemandangan dramatis layaknya Raja Ampat.

Hari terakhir, sebelum kembali ke Jakarta via Kendari, kamu akan diajak berkunjung ke Pulau Mauang 7 Wonder yang punya keajaiban pada ragam biota lautnya. Tidak ketinggalan, kamu juga akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan masyaraakt Suku Bajo di Pulau Labengki Kecil. Super seru!

PESAN PAKET WISATA UNTUK NIKMATI KEINDAHAN PULAU LABENGKI 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY