Banyak menilai keempat liga ini yakni Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, dann Liga Jerman merupakan menjadi liga terbaik di dunia kulit bundar. Bahkan banyak orang yang susah menilai dari keempat liga itu mana yang terbaik, apalagi keempatnya memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masinh.

Apalagi kita sudah terbiasa dengan stereotip di lapangan sepakbola bahwa satu identitas sepakbola memiliki gaya permainan yang berbeda dengan identitas lainnya.

1. Liga Inggris:

primier-league

Misalnya English Premier League (EPL). selalu dianggap lebih menarik oleh beberapa kalangan karena bertempo lebih tinggi dan sarat dengan adu kecepatan.

Sementara untuk Primier League,  persaingan lebih kompetitif antara klub papan hingga atas, yang mana kompetisi lebih menjanjikan dan hasil yang tak terduga meskipun melawan tim sekuat Manchester United sekalipun atau Manchester City.

2. Liga Italia:liga-italia

Liga Italia Serie A selalu dianggap lebih membosankan karena cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan liga lainnya.

Tapi klub-klub di Serie A disinyalir mengompensasi minimnya kecepatan dengan pemahaman taktik yang lebih komprehensif dibanding dengan klub-klub Liga Inggris, ditambah bahwa di Italia pertahanan yang solid adalah dewa disana.

Meskipun Juventus mendominasi dilima tahun terakhir namun, tim-tim kecil sulit ditaklukkan mengingat mereka akan menggunakan pertahanan grendel atau dikenal dengan Cattenaccio.

3. Liga Spanyol:liga-bbvaLa Liga Spanyol selalu dianggap lebih elegan dibanding liga lainnya karena banyak pemain berteknik tinggi merumput di tanah matador tersebut. Mereka tak secepat Premier League dan tak sedefensif Serie A, namun tim-tim La Liga selalu dianggap lebih berkelas dibanding dengan yang lainnya.

Namun liga ini cukup membosankan mengingat hanya dua hingga tiga klub mendominasi. Dimana yang sering menjadi juara adalah Barcelona dan Real Madrid. Kedua tim sering mencetak gol besar ke klub kecil lantaran timpalnya kualitas tim kecil dan tim besar.


BACA JUGA 5 Tipe Pemain Futsal Yang Sering Ditemui di Lapangan


4. Liga Jerman:liga-jermanLiga yang namanya meroket dalam tiga tahun belakangan, Bundesliga Jerman, memiliki reputasi lainnya. Revolusi sepakbola Jerman yang membenahi sistem pelatihan sepakbola negara tersebut berimbas pada gaya permainan yang lebih taktis dan cepat dibanding dengan citra sepakbola Jerman dahulu kala yang lambat dan bagaikan robot.  Banyak yang mengatakan bahwa sepakbola Bundesliga adalah perpaduan antara kecepatan Premier League dengan permainan berkelas ala La Liga.

Nah sekarang tinggal Friends yang menentukan liga yang paling enak ditonton dan asyik untuk kita kiblatkan. Jangan lupa untuk berlatih juga, manfaatkan waktu bersama teman-teman. Lengkapi perlengkapan pertandinganmu di Blibli.com yang menyediakan hampir semua yang kamu butuhkan.

Selamat berlatih, Friends!

 

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY