me

Mengenal 4 Jenis Olahraga Sepeda

Dec 26, 2016.By Rio
Bagikan

pewarta-indonesia.com

Banyak orang mengenal sepeda sebagai olahraga yang menyengkan, santai dan jauh dari kesan bahaya. Olahraga sepeda identik dengan aktifitas outdoor keluarga dimana biasanya para orang tua dan anak-anak mereka menikmati bersepeda berkeliling taman atau perumahan untuk sekedar menyehatkan badan.

Namun tidak hanya dinikmati dengan cara santi, sepeda ternyata masih dibagi lagi dalam beberapa kategori seperti sepeda balap dan bahkan olahraga sepeda ekstrim yang tentunya mengandung resiko.

Ternyata cabang olahraga ini banyak banget loh Friends, Apa aja sih? Simak aja dibawah ini ya!!

1. Cross Country

beritaku.id

Jenis olahraga sepeda ini bisa disebut juga dengan olahraga sepeda lintas alam. Karena sering elintasi berbagai medan yang berat seperti daerah pegunungan yang berbatu, berlumpur ataupun daerah terjal.

Tentu saja untuk mengarungi medan-medan ekstrim tersebut, kita tidak bisa menggunakan sepeda sembarangan untuk cross country karena sepeda biasa tidak akan sanggup menghadapi medan yang berbatu, berlumpur, dan bahkan akan menyulitkan sang rider untuk melakukan berbagai maneuver yang diperlukan untuk menyelesaikan track.

2. Downhill

Aliran sepeda ekstrim ini biasanya dilakukan untuk menuruni bukit yang terjal dan curam. Sepeda yang digunakan juga berbeda. Idealnya sepeda downhill memiliki rangka dan suspensi yang lebih tebal karena harus bisa meredam benturan pada jalanan turunan.


BACA JUGA: Rekomendasi Merk Sepeda Gunung Terbaik Untukmu!


3. BMX

otto-adecco.com

Pastinya olahraga ini sudah dikenal oleh kalangan anak muda. BMX atau bicycling motorcross adalah kreasi anak muda di California, Amerika Serikat yang menggabungkan sepeda dengan fleksibilitas dan ketahanan motorcross.

Ukuran sepedanya kecil dan bobotnya ringan karena ia memang tidak digunakan untuk jarak jauh. BMX lebih digunakan untuk freestyle dan melakukan trik-trik berbahaya tapi luar biasa misalnya back-flip, streejump, highair, downhill, dan masih banyak trik lainnya.

4. City cycling

Olahraga ini tingkat keekstrimannya cenderung relatif. Intinya adalah kamu bersepeda di jalanan kota yang beriringan dengan kendaraan bermotor dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Tetapi apabila tidak tersedia jalur sepeda yang baik, ditambah dengan perilaku pengguna jalan yang kurang tertib bisa menjadi resiko sendiri bagi para city cycler.

Udah siap sepedahan? Kamu bisa memilih tipe olahraga sepeda sesuai dengan karakter dan kebutuhanmu. Yuk lengkapi perlengkapan bersepedamu, apapun tipenya lewat Blibli.com. manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman yang disediakan Blibli.com ya.

Selamat bersepeda, Friends!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya