Si Kecil Suka Ngemut Makanan? Ini Trik Mengatasinya!

Moms, apakah si kecil kesayangan sedang susah makan, pasang aksi tutup mulut saat hendak disuapi, atau mengemut makanan dalam mulut? Hmm, tenang, hal ini bisa diatasi kalau Moms tahu triknya!

Umumnya, kebiasaan mengemut makanan muncul akibat masalah kesehatan di sekitar mulut seperti sariawan, sakit gigi, radang tenggorokan, atau kelainan sensorik pada mulut. Selain itu, perilaku mengemut makanan bisa terjadi karena si kecil sedang mengalami masalah gangguan pencernaan. Hal ini diulas oleh Nova Anace Tompunu dalam bukunya Superfood untuk Tumbuh Kembang Optimal Bayi.

Lebih lanjut, Nova mengatakan jika si kecil mengemut makanan dalam mulut bisa karena beberapa hal di bawah ini:

1. Masalah di perjalanan sejarah makan

Misal saat si kecil harus belajar mengunyah, tapi Moms malah sering memberikan makanan bertekstur cair dan lembut sehingga sistem gerak otot yang mencakup area rongga mulut, rahang, gigi, lidah, langit-langit, bibir, dan pipi tidak terstimulasi.

2. Situasi saat makan

Momen makan dengan si kecil seharusnya diciptakan menjadi momen yang menyenangkan. Paksaan, bentakan, dan hal-hal yang membuat anak takut bisa menimbulkan kesan di kepala anak bahwa momen makan tidak menyenangkan. Kebiasaan makan sambil jalan-jalan atau menonton televisi juga kurang baik karena si kecil jadi tidak fokus untuk mengunyah dan mencerna makanan.

Melihat situasi di atas, ini dia tips untuk membuat si kecil bisa mengunyah dan mencerna makanan dengan lebih baik:Tetap jaga kesabaran, jangan paksa si Kecil. Berikan contoh cara makan yang benar. Tunjukkan cara menggerakkan mulut dan gigi ketika makanan masuk ke dalam mulut.

  1. Periksa gigi, mulut, dan tenggorokan anak. Jika memang ada masalah, segera periksakan ke dokter.
  2. Tetap berikan tekstur makanan sesuai tahapan usia anak, sebab ini penting dalam perkembangan oromotorik anak.
  3. Biasakan untuk melakukan aktivitas makan di meja makan, matikan televisi. Hindari kebiasaan makan sambil jalan-jalan atau bermain.
  4. Jangan biasakan ada aktivitas selingan, seperti bermain atau menonton televisi hingga sesi makan selesai. Selalu minta anak mengunyah dan menelan makanannya sebelum memulai aktivitas lain.

Selain itu, Moms juga bisa mengatur variasi menu makanan dengan memastikan si kecil bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap dengan rasa yang tidak membosankan. Salah satu cara untuk menambahkan variasi pada kebiasaan makan adalah rutin memberikan susu. Tentunya susu ini bisa ditambahkan dalam menu setelah si kecil mendapatkan ASI Ekslusif selama 6 bulan yaa Moms.

Salah satu susu yang bisa Moms berikan kepada si kecil adalah Dancow. Dancow punya banyak banget varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil dengan rasa yang beragam juga!

Pilih Dancow yang paling sesuai untuk si kecil dan beli di Blibli.com yang punya Anchor Store khusus untuk produk Nestle di mana ada produk Dancow di dalamnya! Manfaatkan cicila 0%, beragam cara pembayaran, gratis ongkir*, dan kualitasnya yang terjamin di Blibli.com.

KLIK DI SINI UNTUK BELI SUSU DANCOW DI BLIBLI.COM DENGAN BERBAGAI KEUNTUNGANNYA!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY