Mengajak si Kecil Belajar Melalui Film Animasi

Belajar sudah menjadi kegiatan rutin bagi si Kecil, baik di sekolah maupun di rumah. Kegiatan belajar bermanfaat untuk perkembangan si Kecil secara kognitif dan sosial. Agar si Kecil tidak mudah bosan saat belajar, materi pelajaran yang diberikan harus menarik. Saat di rumah, hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua. Tidak jarang si Kecil mengeluh bosan saat belajar atau mengeluarkan berbagai alasan agar tidak perlu belajar.

Namun, semakin berkembangnya teknologi memberikan berbagai cara baru agar si Kecil dapat belajar lebih efektif tanpa merasa bosan. Salah satunya adalah belajar melalui film animasi. Animasi membantu si Kecil memvisualisasikan pelajaran sehingga lebih mudah dicerna. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari film animasi sebagai media belajar. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya dari mengajak si Kecil belajar melalui film animasi.

  1. Membantu Mengaplikasikan Pelajaran ke Kehidupan Nyata

Belajar dengan menonton film animasi memberikan kesan lebih dekat dengan kehidupan nyata. Hal ini memudahkan si Kecil belajar membayangkan solusi untuk setiap masalah atau soal. Misalnya untuk soal matematika, dalam film animasi penjumlahan bisa digambarkan dengan seorang tokoh dan temannya yang memetik buah apel lalu setelah selesai mereka menggabungkan apel yang mereka petik. Si Kecil dapat melihat langsung berapa jumlah apel yang mereka petik masing-masing dan menjumlahkannya saat apel tersebut digabungkan.

2. Menjaga Fokus dan Perhatian si Kecil

Setiap anak tentu memiliki ukuran attention span masing-masing. Untuk beberapa anak, belajar dalam waktu lama bisa sangat membosankan. Padahal ada beberapa materi yang perlu penjelasan detil dan tidak dapat dijelaskan dalam waktu singkat, seperti contohnya pelajaran sains. Animasi dapat membantu menerjemahkan penjelasan dalam bentuk kata-kata menjadi gambar atau dialog tokoh, sehingga lebih menarik dan dapat menjaga fokus si Kecil saat belajar.

3. Belajar dengan Lebih Menyenangkan

Biasanya dengan film animasi pelajaran disampaikan melalui cerita dan diselingi oleh hiburan. Selain agar si Kecil tidak merasa bosan, hiburan bisa memberikan kesan menyenangkan sehingga si Kecil tidak malas ketika diajak belajar di rumah. Apalagi untuk anak-anak usia prasekolah yang masih sangat senang bermain. Dengan pikiran yang lebih positif, pelajaran pun dapat lebih mudah diserap oleh si Kecil.

Untuk mendapatkan materi pelajaran dalam bentuk film animasi, saat ini sudah banyak tersedia dalam bentuk CD atau DVD dengan materi yang beragam. Mulai dari matematikan, sains, materi bahasa inggris, hingga materi pelajaran pengetahuan dasar untuk anak usia 2-6 tahun. Bubu bisa mendapatkan CD pelajaran serta berbagai keperluan belajar si Kecil lainnya, mulai dari buku latihan hingga set alat tulis di Blibli.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY