Di era digital ini, teknologi tentunya nggak terpisahkan dari moms dan juga si kecil dalam berbagai aspek kehidupan. Canggihnya teknologi ini memang bisa memberi banyak manfaat yang dapat membantu mendidik si kecil hingga memiliki pengetahuan yang luas.

Tapi di lain sisi, teknologi juga bisa menjerumuskan si kecil ke dalam hal-hal yang buruk jika moms nggakmemperhatikan penggunaannya dengan benar. Bisa saja ia menjadi anak yang kecanduan gadget!

Nah, sekarang moms nggak perlu khawatir. Cukup dengan mengingat 5 hal ini saat menggunakan gadget dengan si kecil, maka ia pun akan aman dari efek negatif teknologi.

1. Jangan jadikan teknologi sebagai pengganti moms!

anak

Via Slate

Mungkin setiap hari jadwal moms penuh dengan kesibukan. Jadi wajar saja bila moms merasa lelah ketika menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil.

Namun nggak jarang ada orang tua yang memberi anaknya gadget demi menghindari anaknya merengek atau ribut.

Bila moms berpikir bahwa hal ini adalah hal yang biasa saja, maka moms harus berpikir ulang lagi. Penggunaan teknologi yang terlalu sering bisa menyebabkan proses tumbuh kembang si kecil menjadi terganggu lho!

Si kecil yang biasanya bermain sambil menggerakkan tubuh dan berceloteh riang akan berubah menjadi diam seribu bahasa saat menonton atau bermain dengan gadget.

Kesempatannya untuk melatih otak dan tubuhnya saat bermain akan hilang. Perkembangannya pun bisa jadi terlambat.

Semakin sering moms membiarkannya terus menerus seperti itu, maka moms akan semakin sulit untuk menjauhinya dari gadget. Jadi, tetaplah bermain dengan si kecil dan jangan biarkan teknologi merebut kepintaran si kecil.

 2. Temani ia saat bermain dengan gadget

temani-saat-bermain

Via Rocking Mama

 

Meskipun memiliki efek negatif seperti poin pertama, teknologi tetap memiliki manfaat untuk si kecil. Ia dapat melihat dan memainkan banyak hal dari aplikasi yang tersedia.

Yang penting untuk moms lakukan adalah selalu berada dekat dengan si kecil saat bersama dengan gadget.

Ajaklah ia berbicara. Sebutkanlah nama-nama objek yang ia lihat pada gadget. Si kecil hanya dapat mempelajari sesuatu bila moms tetap berinteraksi dengannya.

Dengan bantuan gadget dan usaha dari moms, ia pun akan semakin pintar dan memiliki pengetahuan yang luas. Pastikan moms selalu memperhatikan asupan otak dan pikirannya ya!

 3. Jadilah role model yang baik

role-model

Via moms

Si kecil akan selalu mencontoh segala hal yang moms lakukan. Karena itu, moms harus menjadi contoh yang baik untuknya.

Batasi penggunaan gadget moms saat bersama dengannya. Tentukanlah waktu bermain sekeluarga dimana moms dan dads fokus untuk bemain bersama dengannya tanpa memegang gadget. Dengan begitu, si kecil mengerti bahwa menggunakan gadget ada waktunya tersendiri.

Selain itu, moms juga harus memberinya contoh yang baik saat menggunakan media sosial. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan di media sosial. Ia pun akan mengerti tata krama yang benar saat nanti ia menggunakannya.


BACA JUGA 7 Benda Ini Nggak Boleh Ketinggalan Saat Moms Berpergian dengan Si Kecil!


4. Gunakanlah teknologi yang bisa membantu si kecil belajar sejak dini

teknologi-sejak-dini

Via Avatar Generations

Menghadapi si kecil yang sulit diajari memang bisa membuat moms kehilangan kesabaran. Tapi moms harus tenang dulu. Bisa jadi, si kecil kesulitan saat diajari itu disebabkan karena cara belajar yang kurang menarik.

Nah, sekarang moms bisa tenang karena sudah ada banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat acara belajar si kecil jadi lebih menyenangkan. Misalnya, moms bisa memberikan mainan berteknologi augmented reality.

Moms bisa mencoba memberi si kecil mainan seperti Sphero BB-8 droid. Droid ini mirip seperti BB-8 yang ada di film Star Wars sehingga si kecil pasti akan sangat tertarik memainkannya!

Si kecil nggak hanya bisa bermain dengan teknologi augmented reality dan mengendalikan arah jalan BB-8, melainkan juga bisa mengatur gerakan kepalanya dengan koding sederhana melalui aplikasi Tickle pada gadget.

 Moms juga bisa memberikannya buku yang memiliki teknologi game augmented reality yang akan mengintegrasikan cerita di buku tersebut dengan gambar 3D pada gadget milik moms!

 5. Jangan lupa gunakan kids mode

kids-mode

Via Lifehack

Seiring bertambahnya usia, si kecil yang memang melek teknologi pasti bisa menggunakan gadget dengan mudah. Ia pun bisa saja membuka galeri di hp moms dan secara nggak sengaja menghapus dokumen penting milik moms.

Untuk menghindari hal ini, moms bisa mengaktifkan kids mode yang akan membatasi akses yang dimiliki si kecil saat bermain gadget.

Dengan mode ini, tampilannya akan lebih cocok untuk si kecil. Ia nggak akan bisa mengacak-acak data milik moms dan juga nggak akan bisa mengakses konten yang nggak aman.

Penggunaan gadget di era digital yang canggih ini nggak akan bisa terelakkan. Yang bisa moms lakukan hanyalah menjaga si kecil dari efek negatif dan memanfaatkan hal-hal positif dari teknologi untuk mengajari si kecil.

Dengan penggunaan teknologi yang tepat serta asupan nutrisi yang baik, si kecil pasti akan menjadi anak yang cerdas. Jangan lupa berikan ia nutrisi terbaik yang bisa didapatkannya seperti yang ada pada Dancow Fortigro ya moms! 

Oya, moms juga berkesempatan mendapatkan Augmented Reality Kit dari Dancow lewat Blibli.com lho! Yuk, segera dibeli mumpung sedang ada promo yang bermanfaat untuk si buah hati!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY