Moms, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Baju Si Kecil!

mencuci baju si kecil

Mencuci baju si kecil merupakan pekerjaan rumah yang gampang-gampang susah. Meski banyak mesin cuci otomatis yang bisa moms andalkan untuk membersihkan baju mungil si kecil. Namun, beberapa bahan pakaian mungkin akan rusak apabila dicuci menggunakan mesin cuci terus menerus.

Oleh karena itu, moms juga perlu belajar mencuci baju si kecil dengan tangan, agar hasilnya lebih maksimal tanpa merusak bahan. Bagaimana kalau baju si kecil terkena noda cokelat? Atau bagaimana kalau warna putih baju mulai terlihat kusam? Nah, simak di sini 6 hal yang harus diperhatikan saat mencuci baju si kecil!

LIHAT DULU DETERJEN UNTUK SI KECIL DI SINI

1. Siapkan kadar dan suhu air yang sesuai

mencuci baju si kecil
Via – She Knows

Baik mencuci baju dengan tangan ataupun mesin cuci, moms harus memperhatikan kadar dan suhu air cucian. Isilah mesin cuci atau ember cucian dengan suhu yang sesuai dengan petunjuk perawatan baju yang tertera di label bagian kerah. Jika moms mencuci beberapa baju sekaligus, pilihlah suhu air terendah.

Apa saja bahan baju yang sebaiknya dicuci menggunakan tangan? Kain berbahan sutra, wol, atau hasil tenun, bordir, dan hiasan payet, semuanya akan lebih baik jika dicuci secara manual dibandingkan menggunakan mesin cuci otomatis. Selain itu, gunakanlah sarung tangan karet agar tangan moms tetap halus dan terhindar dari iritasi.

CEK MESIN CUCI YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN MOMS DI SINI

2. Gunakan deterjen terbaik

mencuci baju si kecil
Via – Reference

Moms, saat mencuci baju si kecil, sangatlah penting untuk memilih produk deterjen yang tepat. Alasannya, kulit si kecil masih sangat sensitif terhadap paparan bahan kimia yang asing bagi tubuhnya.

Untuk beberapa jenis mesin cuci, moms bisa memakai deterjen cair khusus untuk si kecil yang lebih mudah larut dan tidak meninggalkan residu di pakaian. Namun, ada juga beberapa mesin cuci tertentu yang harus menggunakan deterjen bubuk untuk merawat warna pakaian dan anti-bakteri.

Jika moms ingin mencuci manual, moms bisa memilih deterjen yang lembut di tangan. Kini juga tersedia deterjen ukuran compact yang memudahkan moms jika ingin mencuci baju si kecil ketika sedang traveling.

KLIK DI SINI UNTUK PROMO DISKON DETERJEN

3. Rendam baju

mencuci baju si kecil
Via – Baby Center

Setelah memasukkan deterjen, kini saatnya mengambil tumpukan pakaian kotor dan merendamnya di air. Pastikan bahwa kadar air cukup untuk merendam semua pakaian, sehingga proses pencucian bisa berjalan sempurna.

Untuk baju si kecil yang terkena noda, moms harus merendamnya terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Ini untuk memastikan bahwa sebagian noda sudah terangkat sehingga moms pun tidak perlu terlalu lama menguceknya.

KLIK DI SINI UNTUK LIHAT KERANJANG LAUNDRY TERBARU

4. Kucek baju atau gunakan sikat cucian

mencuci baju si kecil
Via – Ouch Fashion

Untuk mencuci baju si kecil dan menghilangkan noda membandel, moms harus mengucek pakaian dengan lembut. Hindari mengucek terlalu keras karena dapat membuat serat pakaian menjadi melar. Bagian-bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian ketiak atau kerah, karena di situlah si kecil sering berkeringat dan meninggalkan noda.

Selain itu, moms juga bisa menggunakan sikat cuci dengan bulu halus namun kuat, sehingga kotoran membandel pun bisa terangkat dengan baik.

BELI SIKAT CUCI UNTUK PAKAIAN SI KECIL SEKARANG

5. Berikan pewangi dan pelembut pakaian

mencuci baju si kecil
Via – The Spruce

Setelah membersihkan noda dari pakaian, kini moms perlu memberikan pewangi dan pelembut cair agar pakaian si kecil tetap terasa halus dan segar, meski setelah berhari-hari dicuci.

Pewangi dan pelembut ini juga berfungsi untuk memudahkan moms ketika menyetrika pakaian si kecil nanti. Selain menjaga kualitas serat pakaian, pewangi juga bisa memberikan kenyamanan di tubuh mungil si kecil.

MANFAATKAN PROMO PEWANGI DAN PELEMBUT KHUSUS UNTUK SI KECIL DI BLIBLI.COM

6. Keringkan dan jemur baju

mencuci baju si kecil
Via – The Today Show

Setelah selesai, moms bisa membilas pakaian si kecil, lalu mengeringkannya dengan mesin cuci atau memerasnya agar pakaian tidak terlalu basah. Setelah itu, baju si kecil pun siap dijemur!

Pastikan bahwa moms menjemur di tempat yang terkena sinar matahari langsung, agar pakaian bisa kering sepenuhnya dan tidak lembab. Kemudian, pisahkan juga pakaian berbahan elastis, seperti rajutan, supaya tidak digantung dengan hanger tapi dijajarkan di bidang datar yang bersih. Ini untuk memastikan supaya baju si kecil tidak berubah bentuk.

BELI JEMURAN YANG PRAKTIS DI BLIBLI.COM


Nah, itu dia 6 hal yang harus moms perhatikan saat mencuci baju si kecil. Mudah, bukan? Kenyamanan si kecil memang harus menjadi prioritas utama ketika mencuci baju. Jangan sampai moms menggunakan bahan-bahan deterjen yang tidak aman untuk kulit sensitifnya.

Untuk menyemangati moms dalam mencuci baju si kecil, Blibli.com punya promo deterjen anak yang pastinya akan memudahkan moms untuk membeli produk dan alat-alat yang moms butuhkan! Tidak perlu khawatir karena Blibli.com juga punya metode pengiriman sehari sampai, sehingga moms tidak perlu menunggu berlama-lama untuk mendapatkan belanjaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk cek #BlibliSekarang dan siapkan kebutuhan untuk mencuci baju si kecil!

MANFAATKAN PROMOSI DETERJEN KHUSUS UNTUK SI KECIL DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY