Mencicipi Beragam Makanan Khas Ulang Tahun dari Seluruh Dunia

Peringatan khusus seperti ulang tahun sering dirayakan secara berbeda di berbagai budaya dan negara di seluruh dunia. Beberapa tempat memberikan arti khusus pada hari ulang tahun karena mewakili tonggak sejarah dalam kehidupan seseorang, sementara negara lain merayakannya dengan berbagai kemeriahan.

Di beberapa negara, siapa pun yang berulang tahun diharapkan membawa makanan dan suguhan untuk semua orang. Sementara di negara lain, orang yang berulang tahun disuguhi berbagai hidangan berbeda dari tamu mereka. Satu hal yang pasti, makanan sering kali menjadi penanda sekaligus tradisi dalam berbagai perayaan ulang tahun di seluruh dunia.

Sementara banyak hidangan ulang tahun dibuat dengan penekanan tradisional yang berakar pada rasa manis, sajian serupa lainnya dibuat dari buah-buahan, dan bahkan dihidangkan sebagai menu sarapan. Ada pula makanan khusus yang tersembunyi di dalam sajian ulang tahun yang berarti harapan doa untuk masa depan atau suguhan yang dibuat dengan sejumlah lapisan tertentu untuk mewakili usia seseorang.

Kue dengan lilin di atasnya hanyalah satu cara untuk merayakan ulang tahun seseorang, dan di bawah ini, mari kita telisik cara 15 negara lain menyajikan makanan khusus untuk perayaan ulang tahun.

1. Inggris – Fortune-Telling Cake

Di Inggris, ulang tahun kerap dijadikan sebagai kesempatan untuk mengintip sedikit tentang proyeksi di masa depan. Fortune Telling Cake adalah kudapan yang kerap disajikan dalam momen ini. Kue ini berbentuk bolu panggang yang diisi oleh beberapa benda kecil dan permen manis.

Salah satu objek umum yang dimasukkan ke dalam kue ini adalah koin untuk mewakili kekayaan sehingga orang yang beruntung menggigit koin diramalkan akan menikmati kekayaan di masa depannya. Fortune-Telling Cake memiliki beragam bentuk dan rasa yang berbeda untuk memenuhi selera siapa pun yang merayakan hari istimewanya.

BINGUNG CARI KADO ISTIMEWA BUAT SI DIA? CEK DEH DI SINI

2. Norwegia – Kransekake

Via www-tc.pbs.org

Kransekake adalah hidangan penutup yang sangat populer di Norwegia dan umum disajikan pada acara-acara khusus. Kue yang menjulang tinggi ini terbuat dari lapisan individual yang hampir terlihat seperti kue tart. Kue ini aslinya terdiri dari rangkaian biskuit yang saling menempel melalui lapisan gula putih.

Tumpukan biskuit itu disusun secara sistematis sehingga para tamu dapat menikmati kue dengan banyak lapisan. Tingkat dari kue ini bisa mencapai 18 dan atau lebih. Untuk mepercantik, biasanya krasenkake biasanya didekorasi seindah mungkin dengan berbagai ornamen, meskipun tidak bisa ikut dimakan layaknya kue utama.

ADA BANYAK INSPIRASI KADO MENARIK UNTUK SAHABAT TERSAYANG. CEK DI SINI

3. Denmark – Kagemand/Kagekone

Via pinimg.com

Di Denmark, anak-anak mendapatkan suguhan istimewa pada hari ulang tahun mereka dengan kue yang diterjemahkan menjadi “kue pria” atau “kue wanita”. Kagemand atau Kagekone adalah kue khusus yang dipanggang dalam bentuk anak laki-laki atau perempuan, tergantung pada siapa yang merayakan hari ulang tahun.

Meskipun kue itu sendiri relatif sederhana yang hanya dibuat dari adonan ragi yang lembut, keseruan sebenarnya adalah ketika mereka yang ulang tahun bebas menempelkan hiasan yang dikehendaki. Ketika tiba saatnya untuk memakan kue ulang tahun, bagian pertama yang harus dipotong adalah kepala, di mana hal itu meraih rezeki dengan segera.

JADIKAN ANEKA PAKET LIBURAN MENARIK SEBAGAI HADIAH ULANG TAHUNMU, CEK DI SINI

4. Prancis – Croquembouche

Via myrecipes.com

Tidak hanya lezat, croquembouche juga dibuat dengan keindahan yang mendetail layaknya karya seni. Bola-bola kue ditumpuk tinggi di atas satu sama lain, lalu disiram karamel di atasnya, yang berfungsi meningkatkan cita rasa dan presentasinya.

Kudapan manis yang kompleks ini benar-benar hanya diperuntukkan untuk acara-acara khusus, mengingat proses pembuatannya yang cukup sulit. Bahan-bahan dan persiapan terpisah diperlukan untuk bola-bola kue dan juga isinya, tergantung pada selera orang yang merayakan hari istimewanya.

HADIAHI DIRI DENGAN BERAGAM AROMATERAPI YANG MENENANGKAN, CEK DI SINI

5. Swedia – Princess Cake

Via passionforbaking.com

Princess cake berasal dari Swedia yang berbentuk kue indah dengan topping halus dari olahan marzipan ini jadi hidangan saat perayaan ulang tahun. Bagian dalam kue ini terbuat diisi oleh bolu padat yang dipadukan dengan semacam selai buah, krim kue, dan banyak krim kocok.

Sentuhan unik ditambahkan tergantung pada preferensi tokoh putri terkenal sehingga ada Princess Cakes dalam berbagai warna, desain, dan rasa yang berbeda. Awalnya, kue-kue itu dilapisi marzipan hijau, tetapi karena popularitasnya untuk acara-acara khusus, kue-kue itu kini dibuat dalam berbagai warna yang dapat disesuaikan dengan berbagai acara.

TEMUKAN KADO SPESIAL UNTUK ORANG TERKASIH DI SINI

6. Korea Selatan – Sup Rumput Laut

Via koreanbapsang.com

Salah satu dari sedikit makanan ulang tahun dalam daftar ini yang tidak manis sama sekali adalah sup rumput laut. Sesuai namanya, sup ini tersusun atas kuah kaldu rumput laut yang gurih yang dilengkapi dengan beberapa isian protein seperti daging sapi atau ayam. Ada percampuran apik antara keyakinan tradisional tentang umur panjang dan khasiat kesehatan dari menu sup rumput laut.

Bagi orang Korea, menyantap hidangan ini berarti doa untuk bisa hidup lebih lama. Sedangkan menurut fakta ilmiah, rumput laut kaya akan vitamin, mineral penting, dan antioksidan yang dapat melindungi seseorang dari kerusakan di masa depan. Hal ini, secara tidak langsung, memastikan bahwa mereka yang menyantapnya berpotensi hidup lama dan sehat.

ADA BANYAK KADO ISTIMEWA DENGAN HARGA TERJANGKAU DI SINI

7. India – Payesh

Via mycity4kids.com

Payesh adalah makanan penutup yang manis dan sederhana. Makanan ini biasanya disajikan pada acara-acara khusus di akhir agenda bersantap. Payesh adalah suguhan yang umum di India dan rasanya sangat mirip dengan puding beras, meskipun itu dapat diisi dengan sejumlah rasa dan bumbu unik yang akan membuat setiap rasa variannya sedikit berbeda.

Karena makanan manis ini berbentuk semi-padat dan sangat mudah dikunyah, bayi kerap diberi Payesh sebagai salah satu jenis makanan padat pertama yang mereka makan. Bagian itu pun dianggap semacam ritual peralihan ketika anak-anak tumbuh, untuk memperkenalkan mereka pada makanan yang lebih padat.

BERIKAN DIRIMU HADIAH DENGAN PRODUK KESEHATAN TERBAIK, CEK SELENGKAPNYA DI SINI

8. China – Mie Panjang Umur

Via amazonaws.com

Di China, orang-orang yang merayakan ulang tahun sering disuguhi semangkuk penuh olahan mie yang dipadukan dengan kuah kaldu gurih dan topping telur. Mienya sendiri berbentuk khusus dengan ukuran lebih panjang dari pada umumnya. Hal ini dimaksudkan sebagai perlambang berusia panjang.

Tidak seperti jenis mie lainnya, mie spesial ini rasanya sedikit lebih padat dan kenyal karena adonan dicampur dengan air berkarbonasi, bukan air biasa. Untuk menjadikannya semakin spesial, biasanya mie panjang umur disajikan dengan tambahan topping chasiu –daging babi panggang– atau potongan ayam rebus.

BELI PAKET PERJALANAN KE NEGARA IMPIANMU SEKARANG

9. Jepang – Mochi Manis

Via wikimedia.org

Alih-alih menghadirkan kue berukuran besar, masyarakat Jepang biasanya merayakan ulang tahun dengan menghadiahi diri mochi manis aneka varian. Bentuknya sengaja dibuat kecil-kecil agar bisa dinikmati bersama oleh teman-teman dan para orang terkasih.

Mochi manis terlihat seperti bola yang sangat bulat dan halus.  Bahan baku utamanya terbuat dari ulenan tepung beras yang bertekstur kenyal dan mudah disantap tanpa takut berantakan.

Kue kecil dan lembut ini tampak sederhana di luar. Penyajiannya pun dapat dibubuhi sedikit tepung kedelai atau gula. Jika berbicara tentang isiannya, kue ini bisa ditambahkan dengan aneka pasta, terutama dari kacang merah.

TEMUKAN BERBAGAI INSPIRASI KADO UNTUK KEKASIH TERCINTA DI SINI

10. Indonesia – Nasi Tumpeng

Via grid.id

Selain lazim disajikan sebagai hidangan spesial dalam merayakan berbagai momen khusus, nasi tumpeng juga mulai banyak ditempatkan sebagai pengganti kue ulang tahun. Kehadiran nasi berbentuk kerucut yang disertai lauk pauk pilihan ini, begitu sarat makna filosofis yang indah. Ini merupakan bentuk representasi hubungan antara Tuhan dengan manusia dan manusia dengan sesamanya.

Secara etimologi dalam masyarakat Jawa, kata ‘tumpeng’ merupakan akronim dari kalimat ‘yen meTu kudu meMPENG’,” yang berarti “ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat”.

Kurang lebih maksudnya adalah manusia ketika terlahir harus menjalani kehidupan di jalan Tuhan dengan semangat, yakin, fokus, tidak mudah putus asa. Apabila dikaitkan dengan perayaan ulang tahun, bisa jadi ini bermakna sebagai dorongan untuk bersyukur atas semua rezeki yang didapat selama ini.

BANYAK PILIHAN KOTAK KADO SPESIAL BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

11. Argentina – Sandwiches de Miga

Via yelp.com

Sajian ini begitu populer di Argentina karena biasanya dibuat untuk menyemarakkan beragam pesta, termasuk perayaan ulang tahun. Bentuk sandwich ini tidak jauh berbeda dengan versi konvensional yang diisi dengan daging dan isian lainnya seperti telur, keju, tomat, paprika hijau, tuna, selada, dan mentega.

Namun, salah satu karakteristik yang membedakan sandwich ini dari yang lain adalah “miga”, yang merujuk pada jenis roti tradisional Argentina. Karakter rotinya sedikit lebih kenyal dan tidak mudah menyerap cairan, namun memiliki rasa yang cenderung asin. Masyarakat Argentina meyakini bahwa semakin banyak isian sandwich de miga, semakin banyak pula doa dan harapan yang dipanjatkan pada Tuhan agar kelak dikabulkan dengan sempurna.

CARI KADO SEPATU UNTUK TEMAN OLAHRAGAMU? CEK DI SINI

12. Brasil – Brigadeiro

Via llnwd.net

Meski kue tart menjadi hal yang sama lazimnya dalam perayaan ulang tahun di Brasil, namun itu tidak lengkap jika tidak ditambah dengan brigadeiro. Kudapan ini biasanya dibentuk menjadi bola-bola kecil dan ditutupi dengan taburan atau apa pun yang bisa menempel, seperti kacang, dan disajikan dalam cetakan cupcake.

Penyajiannya sangat manis, namun terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti susu kental, mentega, cokelat, dan mentega. Hasilnya adalah makanan penutup yang indah, lezat, dan sangat dicintai di Brasil. Brigadeiro biasanya disajikan di pesta ulang tahun anak-anak, meskipun orang dari segala usia dapat menikmatinya juga.

JANGAN BINGUNG CARI KADO UNTUK ORANG TUA TERCINTA, CEK DI SINI

13. Ekuador – Alfajores

Via myrecipes.com

Alfajores adalah jenis kue yang populer di banyak negara Amerika Latin. Kue ini umumnya diisi dengan dulce de leche yang lembut dan kental. Dulce de leche secara harfiah berarti “permen dari susu” yang merujuk pada isian berwarna cokelat dan bertekstur karamel. Isian ini dibuat dengan memanaskan susu manis secara perlahan hingga berubah menjadi warna cokelat halus.

Pada acara ulang tahun, banyak Alfajores dibuat dan biasanya ditambahkan bubuk gula sebagai pemanis. Alfajores umum disajikan bersmaa dengan teh, dan dinikmati sebagai bagian dari perayaan makan malam saat perayaan ulang tahun.

CARI KERTAS KADO MENARIK? CEK SELENGKAPNYA DI SINI

14. Australia – Fairy Bread

Via myrecipes.com

Fairy Bread sangat umum di Australia dan biasanya disajikan di pesta ulang tahun anak-anak karena sangat mudah dibuat dan dapat dikreasikan ke dalam berbagai warna yang menyenangkan. Resep Fairy Bread sangat sederhana, di mana hanya membutuhkan empat bahan berbeda, yakni irisan roti putih, gula, mentega, dan taburan warna-warni, yang disebut sebagai “hundreds and thousands” di Australia.

Di balik warna-warni kudapan tersebut, siapa sangka jika sejarah terciptanya cukup memilukan. Fairy bread tercipta ketika banyak imigran di Australia masih dilanda kemiskinan sehingga mengkreasikan kudapan sederhana sekreatif mungkin adalah pelipur lara yang ampuh. Kini, fairy bread telah menjadi hal lumrah di Negeri Kanguru dan bahkan menjadi salah satu kekayaan budaya lokal yang dijaga dengan baik hingga sekarang.

TEMUKAN BERBAGAI INSPIRASI KADO UNTUK TEMAN WANITA KAMU DI SINI

15. Ghana – Oto

Via tenmorebites.wordpress.com

Di Ghana, orang yang merayakan ulang tahunnya akan memulai hari istimewa dengan sarapan yang disebut “oto”. Menu ini dibuat dari ubi jalar lokal yang direbus dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu sederhana seperti bawang, garam, dan udang bubuk.

Oto selalu disajikan dengan satu atau lebih telur rebus karena ini sangat simbolis dalam budaya setempat. Telur dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa. Karena telur merupakan sumber protein yang kaya, bahan baku tersebut dianggap sebagai hak istimewa untuk disajikan sebanyak mungkin pada menu oto.

BERIKAN KEJUTAN UNTUK ORANG TERSAYANG DENGAN PAKET LIBURAN

Nah, kebetulan banget nih, Blibli.com punya beragam program spesial untuk merayakan delapan tahun eksistensinya. Khusus untuk produk tour & travel, kamu berkesempatan mendapat diskon hingga Rp 2,5 juta dan ekstra diskon 15 persen. Caranya mudah, cukup dengan memasukkan kode voucher “Kejutan15”.

Buruan cek Blibli.com sekarang juga, biar kamu nggak kehabisan beragam penawaran belanja menarik.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY