Kalau kalian tipe orang yang ingin menjaga kebugaran tubuh, tapi tak suka dengan gerakan yang terlampau dinamis, yogalah olahraga yang cocok. Yoga sendiri berasal dari tanah Mahatma Gandhi, India.

Tak hanya di India, di negara Paman Sam, Amerika Serikat pun yoga begitu diminati. Hanya saja, jenis yoga di tiap negara itu berbeda-beda.

Di Indonesia, aktivitas ini juga sangat populer. Banyak orang yang memburu tempat pelatihan yoga di beberapa pusat kebugaran atau studio yoga.

Yoga memang dinilai sebagai olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan dengan gerakan yang tidak terlalu berat dan kompleks.

Mereka yang sudah melakukannya pastinya akan berkata yoga membantu menenangkan pikiran, membuat badan lebih ringan, lebih segar, serta awet muda.

Akan tetapi, tidak semua pose yoga bisa dilakukan oleh kebanyakan orang, terlebih kamu baru memulai aktivitas ini. Ada tipe-tipenya sendiri yang cocok untuk kamu. Dilansir dari medicinenet ini lima tipe yoga yang kamu bisa kamu pilih sekaligus sesuaikan dengan daya tahan tubuhmu.

1. Hatha

hatha

Via piritualexperience.eu

Jenis yoga ini amat populer di Amerika dan sangat cocok bagi kamu yang baru memulai olahraga Yoga. Gerakan yang ditawarkan juga tidak terlalu rumit. Karena Hatha Yoga sangat lambat dan halus, serta memiliki fokus pada bagimana caranya Anda mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini.

Hatha sendiri esensinya sebagai pengantar untuk yoga karena menggabungkan banyak asana yang berbeda, serta pranayama dan nyanyian.

Banyak yogi percaya bahwa Hatha yoga merupakan cara yang paling bagus untuk meregangkan, bekerja pada otot sangat maksimal, dan dapat berhubungan langsung dengan tubuh yang membuat kamu lebih rileks dan mampu mengurangi rasa stres.

2. Iyengar

iyengar

Via yogamanchester.org

Disini kamu menemukan tipe yoga ini sama seperti tipe sebelumnya yakni Hatha. Namun yang membedakannya adalah keselarasan tubuh dan keseimbangan pada tubuh.

Yoga tipe ini sangat bergantung dari penggunaan properti seperti kursi, straps, dan harnesses untuk mencapai pose gerakan ideal. Latihan yoga jenis ini para pemula karena latihan jenis ini cocok untuk memahami postur-postur dasar yoga.

3. Kundalini

kundalini

Via Yoganonymous

Kundalini menekankan pada gerakan cepat melalui pose dan pernapasan, nyanyian, dan meditasi. Biasanya, orang yang melakukan yoga jenis ini akan merasa lebih rohani jiwa dan raganya, dan berfokus pada keseimbangan energi dalam tubuh.


BACA JUGA Artis Hollywood Ini Pernah Gemuk, Ini Cara Mereka Mengatasinya. Kamu Juga Bisa!


4. Bikram

bikram

Via Groupon

Yoga tipe ini dilakukan di dalam ruang sauna dengan suhu 40 derajat Celsius dan kelembapan 40%. Suhu yang tinggi membuat Anda dapat melakukan stretching dengan lebih baik, membangun stamina, sekaligus membuang racun dalam tubuh melalui penguapan yang intens.

Yoga tipe ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil, dan bagi yang memiliki masalah jantung harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Ashtanga

asthanga

Via www.laurenashtangayoga.com

Praktik yoga jenis Vinyasa dengan enam pose yang dipraktikkan bergantian seiring dengan pernapasan. Untuk para pemula yang ingin mencoba yoga tipe ini, mulailah dari kelas yoga yang alurnya lebih lambat untuk memahami dasar-dasarnya.

Gimana? Udah tahu jenis yoga apa yang paling cocok untukmu? Kalau udah tahu kan tinggal pilih kelas yang sesuai. Nah, sebelum ikut kelas yoga, ada baiknya kamu mulai melengkapi diri dengan peralatan yoga yang kamu inginkan.

Gak ada lagi istilah sulit mencari peralatan yoga karena di Blibli.com udah berbagai peralatan yoga yang bisa kamu miliki. Manfaatkan beragam fasilitas yang dimiliki mulai dari cicilan 0% beragam cara pebambayaran, hingga bebas ongkos kirim.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY