Pernahkah berpikir aroma parfum yang cocok untukmu? Lalu, apa benar mitos yang bilang kalau beli parfum secara online itu akan mengurangi kadar keharuman parfum?

Penasaran, saya pun berusaha menelusuri berbagai mitos dan fakta parfum sebelum membelinya secara online. Maklum, saya adalah pegawai super-sibuk yang tidak sempat mampir ke toko parfum. Ditambah, seorang atasan pernah meminta saya untuk memakai parfum sebelum bertemu klien. Bukan bagaimana, saya yang berkendara motor setiap hari menurutnya terlalu bau matahari.

“Bukan bau badan ya, bau matahari,” ungkapnya saat itu.

Teleponan Dengan Pakar

Pernah bekerja di media lifestyle membuat saya dengan mudah mendapatkan narasumber untuk bertanya perihal parfum. Nggak tanggung-tanggung, mantan pejabat di salah satu perusahaan multinasional yang beralih menjadi eksportir sekaligus pengusaha parfum menjadi narasumber saya kali ini. Sayangnya, beliau tidak ingin namanya disebutkan karena takut berimbas pada bisnisnya.

Beruntung, saya sudah terlanjur mengulik pendapatnya! Nah, mau tau hasil obrolan serba-serbi parfum saya dengan pria yang sudah 32 tahun bergelut di bisnis ini? Simak langsung deh, obrolannya!

Saya Harus Memilih Yang Mana: Parfum Feminin Atau Maskulin?

“Saat ini, maskulin dan feminin hanya sebatas merk dagang. Kenyataanya, banyak parfum laki-laki yang terjual dipakai oleh wanita. Karena, sebenarnya tidak ada patokan khusus bahwa aroma parfum memiliki sisi feminin atau maskulin. Semuanya tergantung dari cara mengemasnya saja. Karena, sekarang pun ada parfum untuk trans-gender. Tapi, lagi-lagi itu hanya cara produsen mengemasnya saja, penilaian terhadap aromanya itu semua tergantung selera,”

Bagaimana Melihat Perbedaan Parfum Hanya Dari Kemasan?

“Biasanya, kata-kata seperti passion, dark, water, intense, dan night atau warna-warna yang terdapat pada kemasan parfum telah disesuaikan oleh industry untuk kebutuhan penggunanya. Dulu parfum memang dibedakan berdasarkan idealisme pembuatnya. Namun, sekarang sudah mengarah ke industri.

Jadi, pembeda pada kemasan bisa memudahkan konsumen untuk memilih. Tinggal disesuaikan saja jenis parfum dengan kebutuhannya. Parfum ekstrack memiliki 35-40% senyawa aromatik, aromanya semerbak dan tahan lama sekali meski penggunaannya hanya beberapa tetes.

Di bawahnya, ada parfum yang mengandung konsentrat aromatik 20-30%, di bawah parfum ini ada eau de parfum , eau de toilet dan terakhir eau de cologne yang memiliki konsentrat senyawa aromatik paling rendah, dengan campuran alkohol yang lebih banyak dibandingkan eau de toilet. Semakin sedikit campuran alkoholnya, maka parfum semakin tahan lama,”

Lalu, Berapa Jenis Parfum Yang Anda Sarankan Untuk Dibeli?

Saya menyarankan untuk Anda bisa membeli lebih dari satu parfum yang bisa dibedakan untuk momen tertentu. Bisa dibedakan mulai parfum untuk siang dan malam hari. Karena, jika Anda memakai parfum yang sama terus-menerus, indra penciuman Anda bisa kebal dan merasa parfum yang disemprotkan kurang wangi karena telah terbiasa mencium aroma yang sama,”


BACA JUGA 5 Tips Simpel untuk Memilih dan Membeli Parfum Online


Benar Nggak Sih, Memakai Parfum Itu Tidak Boleh Kena Kulit?

parfum
Pakai parfum justru harus di kulit, Friends

“Pemakaian parfum itu harusnya di kulit. Namun ada juga yang memakainya di baju karena risih. Menurut saya itu ada benarnya. Karena di Indonesia, orang mudah berkeringat. Keringat lebih mempercepat penguapan parfum yang menyebabkan aroma cepat hilang.

Tapi, sudah seharusnya pemakaian parfum itu di pulse point atau titik nadi. Bisa di leher, belakang telinga dan siku bagian dalam, yang merupakan area otot aktif bekerja dan menghasilkan energi panas. Karena dengan begitu, aroma parfum bisa tersebar,”

Beli Parfum Secara Online Akan Mengurangi Ketahanan Aromanya?

“Pengiriman itu tidak mempengaruhi kadar dan ketahanan aroma parfum. Karena, pada dasarnya mulai dari pabrik, parfum itu telah didesain untuk bisa melalui pengiriman. Yang harus diperhatikan justru adalah penyimpanan setelah pemakaian. Usahakan jangan pernah menempatkan parfum yang sudah keluar dari kemasan di dalam mobil,”

Terakhir, Bagaimana Membedakan Parfum Asli Dan Palsu?

“Banyak cara membedakan parfum asli dan palsu. Mulai dari botol, cairan di dalamnya, sampai harga yang bisa saja terlampau murah. Namun yang pasti, selama saya bergelut di bisnis ini, hanya parfum yang teregistrasi ke Departemen Kesehatan dan mempunyai nomer BPOM yang bisa membedakan parfum asli dan palsu. Parfum asli jelas, ada print BPOM. Kalau blackmarket itu, tidak ada print BPOM. Kalaupun ada, print tersebut palsu dan nomernya tidak terdaftar,”

Sudah tahu kan serba-serbi parfum yang bisa jadi panduan kamu sebelum membeli? Pilih yang paling sesuai dengan kepribadian dan semprotkan di kulit agar parfum tahan lama. Nah, buat kamu yang sedang mencari parfum namun super-sibuk, Blibli.com punya solusinya nih. Temukan beragam parfum yang paling sesuai untukmu!

Manfaatkan fasilitas yang ditawarkan Blibli.com mulai dari cicilan 0%, bebas biaya pengiriman, dan jaminan kualitas. Selamat berburu parfum!

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY