Hey Para Programmers, Ini Tips Memilih Laptop Buat Coding dari Programmer yang Sudah Berpengalaman!

laptop buat coding

Sebagai seorang programmer yang berhadapan dengan ratusan baris coding setiap hari, tentunya kamu sadar bahwa memilih laptop buat coding yang tepat = memilih “alat perang” yang tepat! Pasalnya, kamu membutuhkan laptop dengan spesifikasi menawan yang mempermudah pekerjaanmu.

Kini memang sudah ada banyak laptop canggih yang dapat menunjang pekerjaanmu. Akan tetapi, dengan banyaknya laptop yang di-launch di pasaran, kadang kamu malah bingung harus memilih laptop buat coding yang mana.

Jangan khawatir, guys, kali ini Blog Blibli Friends akan mengajak Zaenul Hilmi, Programmer Qerja yang mengembangkan Jobs.id, untuk berbagi tips cara memilih laptop buat coding yang pas buat kebutuhanmu. Yuk langsung disimak!

CARI LAPTOP YANG PALING COCOK UNTUKMU DENGAN BERBAGAI DISKON SETIAP HARI DI SINI

1. Pentingnya memilih laptop yang tepat

laptop buat coding
Via – The Balance

Kebanyakan laptop yang ada di pasaran sebenarnya memiliki spesifikasi yang cukup untuk mengerjakan coding untuk membuat website atau bahkan software. Tapi, dengan memilih laptop yang tepat, pekerjaanmu akan semakin mudah dan produktif.

Tentunya kamu nggak mau kan hasil jerih payahmu selama berjam-jam akhirnya hilang hanya karena laptopmu lemot dan sering hang?

Menurut Zaenul Hilmi yang sering membagikan pengalaman programming-nya di blog Perangai.com, laptop buat coding yang tepat memang berperan penting dalam menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Tapi, perlu diingat juga bahwa laptop hanyalah tools atau alat, sehingga kamu sebagai programmer-lah yang harus ahli memecahkan masalah dan berpikir kritis.

YUK PILIH LAPTOP BARUMU DI SINI

2. Tentukan dulu kebutuhanmu

laptop buat coding
Via – Iamyourguide

Sebelum kamu memutuskan untuk berburu laptop buat coding, Hilmi menyarankan ada baiknya kamu memahami dulu kebutuhan spesifik yang kamu perlukan. Jangan hanya karena ada laptop dengan desain bodi yang bagus lalu kamu tergiur untuk membelinya. Lebih baik, pahami dulu dan bayangkan kira-kira apa saja fungsi dari laptop barumu.

Apakah kamu mau menjadi software developer? Atau mau mengembangkan website sendiri? Atau mau membuat application yang akan dijual di Play Store? Nah, masing-masing kebutuhan ini tentu memerlukan spesifikasi tools yang berbeda pada hardware laptop.

Misalnya, kalau kamu adalah app developer, tentunya faktor kecepatan pada laptop sangatlah penting karena kamu akan bolak balik berpindah dari satu folder ke folder lainnya. Sebaiknya gunakan laptop yang memiliki 256 GB SSD atau standard driver 1TB untuk menyimpan semua data yang kamu butuhkan.

Jadi, dengan mengetahui kebutuhanmu, kamu pun nggak akan salah pilih!

BISA BELI MACBOOK PRO DI SINI LHO

3. Sesuaikan dengan budget

laptop buat coding
Via – Lifewire

Salah satu tips memilih laptop buat coding dari Hilmi adalah menentukan budget terlebih dahulu sebelum membeli barang. Lebih baik lagi kalau kamu bisa mendapatkan laptop impian dengan harga terjangkau! Misalnya, kalau beli di Blibli.com, kamu bisa dapetin fasilitas cicilan 0% yang membuat pembayaranmu makin ringan.

Nah, salah satu laptop favorit yang dipakai Hilmi sebagai backend developer di situs Qerja adalah Lenovo B40-80. Selain karena tampilan yang oke, laptop ini juga dilengkapi AMD Radeon, Intel i3, RAM 4GB dengan tambahan 8GB, serta harganya pun cukup terjangkau! Semua fiturnya mempermudah Hilmi dalam kesehariannya mengembangkan website Jobs.id dan memperbaiki bug yang ada pada website.

Selama ini, Hilmi mengaku puas dengan performa laptop berlayar 14 inch yang nyaman dilihat ini. Apalagi, permukaan LCD Lenovo B40-80 adalah matte, bukan glossy, sehingga permukaan display tidak memantul ketika sedang berada di tempat yang terang.

YUK BELI LENOVO B40-80 SEKARANG JUGA

4. Pilih yang kamu banget

laptop buat coding
Via – Viking Code School

Walaupun kamu harus memilih laptop buat coding yang tepat untuk pekerjaanmu sebagai programmer, bukan berarti kamu harus mengorbankan fitur laptop yang sering kamu gunakan. Bagaimanapun, laptop adalah gadget personal yang akan menemanimu setiap hari. Tentu kamu mau laptop terbaik dengan fitur komplit.

Nah, tips terakhir dari Hilmi adalah: pilihlah laptop yang “kamu banget”! Maksudnya, jika kamu sering berpergian membawa laptop, coba pilih laptop ringan yang mudah dibawa. Atau kalau kamu suka menonton film di laptop, pilih yang memiliki layar besar dengan resolusi tinggi. Suka main game setelah pulang kantor? Jangan ragu untuk membeli laptop gaming yang oke!

Pokoknya, jangan kompromi deh dalam hal membeli laptop, selalu berinvestasilah pada laptop terbaik ya guys!

KAMU BISA BELI LAPTOP TERBAIK DI SINI


Gimana guys? Ternyata nggak susah kan memilih laptop yang tepat buat kebutuhan programming-mu? Ikutin aja tips-tips dari Zaenul Hilmi yang udah berpengalaman menjadi developer baik di Kapanlagi.com dan situs Qerja, kamu pun bisa mengerjakan coding dengan lebih cepat dan lebih lancar!

Buat menyemangatimu, Blibli.com juga ngasih potongan harga tiap hari lho. Jadi, jangan sampai kehabisan ya! Pilih laptop buat coding kamu di #BlibliSekarang dan selamat ber-coding ria!

KLIK DI SINI UNTUK PILIH LAPTOPMU

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY