Ini Dia Tips Memilih Kompor Sempurna dari Chef Hits Yuda Bustara

Siapa di sini yang pernah merasakan susahnya memilih kompor yang sesuai kebutuhan? Memang, kadang banyaknya ragam dan jenis kompor bisa membuat kita bingung dalam memilih. Tapi nggak usah khawatir! Hari ini Blibli Friends mengundang Chef Yuda Bustara, seorang chef muda Indonesia yang sudah melalang buana di dunia kuliner, untuk membagikan beberapa tips memilih kompor yang baik.

Chef Yuda memang masih berumur 30 tahun, tapi pengalaman memasaknya sudah terkenal di lingkup internasional. Bahkan, ia juga menjadi host cooking show Urban Cook di Asian Food Channel yang sudah tayang di 13 negara. Jadi, tips-tips dari chef Yuda pastinya sudah tidak perlu diragukan. Yuk simak di sini ulasan lengkapnya!

INTIP DULU PROMO KEMERDEKAAN DI BLIBLI.COM

1. Kenapa pemilihan kompor penting?

memilih kompor
Via – Freepik

Menurut Chef Yuda, pemilihan kompor sangat penting karena bisa berpengaruh pada rasa makanan, misalnya dari tingkat kepanasan api atau besar-kecilnya api yang digunakan. Apalagi untuk mengeksekusi resep yang rumit, kamu memerlukan kompor yang baik agar bisa mempercepat proses memasak. Tentunya kamu nggak mau kan bersusah payah memasak, namun gagal hanya karena pemilihan kompor yang salah?

CEK KATALOG KOMPOR YANG ADA DI BLIBLI.COM SEKARANG

2. Pertimbangan memilih kompor

memilih kompor
Via – @yudabustara Twitter

Sebelum memilih kompor, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan. Yang pertama adalah kebutuhan terhadap kompor itu sendiri. Chef Yuda menjelaskan, kompor untuk memasak di dapur rumah, dapur apartemen, atau dapur profesional, semuanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Kedua, pertimbangkan juga tipe kompornya. Apakah kamu nyaman menggunakan kompor listrik? Atau kompor gas yang konvensional? Menurut chef yang hobi nge-gym dan traveling ini, kamu harus nyaman menggunakan kompor yang kamu pilih. Jangan sampai kamu memilih kompor tipe tertentu, tapi malah kesulitan untuk menggunakannya.

Yang terakhir, tentukan juga berapa banyak Hob atau tungku yang dibutuhkan. Apakah kamu sering mengolah banyak masakan di saat yang sama? Atau kamu lebih sering membuat menu simpel dengan satu panci?

Jika tiga hal ini sudah kamu pertimbangkan, barulah kamu bisa mulai mengeksplor pilihan untuk kompor yang tepat.

EKSPLOR PILIHAN KOMPOR DI BLIBLI.COM

3. Tips memilih kompor yang tepat

memilih kompor
Via – Google Play

“Saya dulu pernah mengalami betapa ribetnya gonta ganti gas di apartemen, jadi lebih baik menggunakan kompor induksi agar lebih praktis,” ujar pria yang berkuliah perhotelan di Taylor’s University ini.

Untuk kamu yang sedang tinggal di apartemen, Chef Yuda menyarankan agar kamu memilih kompor induksi yang aman dan gampang dibersihkan. Apalagi, kompor induksi terlihat minimalis dan tidak memakan ruang.

Untuk kebutuhan keluarga di rumah, kompor gas dua tungku paling banyak digunakan. Kamu juga bisa memilih kompor gas 1 tungku jika kebutuhanmu tidak terlalu banyak. Sementara itu, untuk kamu yang sering jalan-jalan ke luar kota atau naik gunung, kamu harus punya kompor portabel yang praktis dibawa kemana-mana.

Chef Yuda secara pribadi mengaku bahwa dirinya menyukai kompor Modena yang berkualitas tinggi dan sudah terkenal di Indonesia.

“Saya sudah setia menggunakan Modena dan menjadi Ambassador-nya selama empat tahun,” katanya sambil bercanda.

PILIH KOMPOR MODENA YANG KAMU INGINKAN

4. Tips agar memasak menyenangkan

memilih kompor
Via – Why to Read

Nah, kalau sudah mempunyai kompor yang sempurna di rumah, lalu bagaimana caranya agar kamu bisa konsisten berkreasi dengan memasak?

Menurut Chef Yuda, memasak di zaman sekarang adalah hal yang sangat menyenangkan dan mudah. Dulu, ia harus mengumpulkan resep dari majalah memasak, sementara kini berbagai resep makanan tersedia di YouTube atau Google. Karena itu, memasak tidak boleh dijadikan beban, melainkan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena kamu bisa belajar hal yang baru dan menguji insting kreatifmu.

BELI KOMPOR UNTUK KEBUTUHANMU SEKARANG


Nah, setelah menyimak tips-tips memilih kompor dari Chef Yuda Bustara tadi, apakah kamu sudah menentukan pilihan? Kalau sudah, yuk langsung cus ke #BlibliSekarang dan beli kompor yang kamu inginkan!

Tunggu apa lagi? Dengan kompor baru, kamu pun bisa makin bebas berkreasi di dapur dan membuat masakan-masakan favoritmu. Happy shopping and happy cooking ya, guys!

KLIK DI SINI UNTUK BELI KOMPOR SEKARANG

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY