Kamu pasti sering banget lihat stop motion wara-wiri di timeline Instagram-mu. Terang aja, di era digital ini, stop motion udah jadi media penyampaian pesan yang kreatif. Untuk ngucapin ulang tahun, merayakan hari jadi, atau pesan lainnya. Karena alasan itu, nggak heran kalau sekarang banget orang yang mulai membuat stop motion sendiri.

Ngomongin soal membuat stop motion, sebetulnya bikin stop motion itu nggak sulit, Friends. Itu yang dikatakan Azis, remaja 19 tahun yang 2 tahun belakangan ini menggeluti bisnis stop motion. Nah, untuk mempermudah kamu yang sedang belajar membuat stop motion sendiri, Azis punya tipsnya. Apa aja? Simak selengkapnya berikut ini!

KAMERA YANG PALING PAS BUAT STOP MOTION BISA KAMU DAPETIN DI SINI!

1. Siapin dulu konsepnya

membuat stop motion
Via – The Verge

Menurut Azis, yang menjadi dasar sebuah stop motion adalah konsepnya. Tanpa konsep, stop motion nggak akan jelas dan pesan yang ingin disampaikan akan sulit dipahami penontonnya.

Oleh karena itu, semua konsep yang kamu pikirkan nggak boleh dianggap sepele! Kalau kamu punya terlalu banyak konsep, catatlah satu per satu apa yang kamu pikirkan. Setelah semua konsep tertampung, baca kembali, dan pilihlah dengan matang. Pastikan kamu betul-betul memahami konsep yang kamu mau, supaya hasil stop motion-nya jelas dan mudah dicerna.

KONSEPMU BISA DIWUJUDKAN DENGAN PERLENGKAPAN YANG ADA SINI!

2. Pastikan objek sudah lengkap

membuat stop motion
Via – Skillshare

Persiapan konsep memang penting, namun Azis berpesan agar jangan sampai ada objek yang ketinggalan. Kamu harus memastikan semua hal yang akan kamu jadikan stop motion sudah lengkap. Jangan sampai ada objek yang hilang saat pengambilan gambar, bakal repot!

Objek yang baik adalah objek yang kontras dengan background dan nampak jelas di kamera,. Objek yang dimaksud ada dua, yaitu objek utama dan pendukung. Objek utama merupakan benda utama yang jadi inti stop motion atau bisa juga berupa pesan yang ingin kamu sampaikan. Kemudian, objek pendukung adalah objek pemanis atau material selain pesan. Bisa potongan kertas, action figures, dan sebagainya.

TEMPATNYA SEMUA MAINAN IMPIAN YANG KAMU MAU!!!

3. Pengambilan gambar harus stabil

membuat stop motion
Via – Pacobeida

Setelah konsep dan objek lengkap, langkah selanjutnya adalah pengambilan gambar. Susun semua objek pendukung sesuai konsep yang kamu mau. Setelah itu, gerakkan objek utama perlahan. Kalau objek utamanya berupa tulisan, letakkan pesan satu persatu, entah per huruf atau per kata. Setiap gerakan penambahan atau gerakan dari objek itu lah yang harus kamu potret.

Azis mengatakan bahwa jika kamu mulai pengambilan gambar, pastikan posisi kamera selalu sama alias stabil. Kalau nggak, stop motion-mu nggak akan sempurna dan malah jadi aneh. Ingat, objek lah yang bergerak, bukan kamu. Untuk menjaga kestabilannya, kamu bisa menggunakan tripod. Soal kamera, nggak perlu diambil pusing. Kamera apapun bisa kamu gunakan. Namun, menurut Azis, untuk pembuatan stop motion, kamera dengan layar touch screen akan sangat membantu dalam proses pengambilan gambar.

CARI KAMERA ATAU TRIPOD DENGAN HARGA TERJANGKAU DI SINI!

4. Seleksi dan proses pengeditan

membuat stop motion
Via – Visual Society

Apabila semua pergerakan objek sudah difoto satu persatu, kamu bisa langsung masuk tahap seleksi. Di tahap ini, pastikan jika nggak ada foto yang sama atau foto yang salah. Agar nggak merepotkan ketika diedit.

Apabila semua foto sudah sesuai, kamu bisa langsung menyatukannya dengan bantuan aplikasi pengedit video yang ada di laptopmu. Foto harus disatukan dengan urut agar pesan yang ditampilkan teratur dan nggak terbolak-balik. Di proses pengeditan ini pula lah kamu bisa menambahkan suara, animasi, ataupun lirik lagu.

DAPATKAN HARGA TERBAIK UNTUK KAMERA, GADGET, DAN PRODUK LAINNYA SEKARANG JUGA!


Itu dia 4 tips membuat stop motion dari Azis. Nggak terlalu sulit, kan, Friends? Bisa langsung kamu coba saat ini juga! Nah, kalau mau tanya-tanya lebih lanjut soal stop motion atau meminta bantuan jasa Azis, kamu bisa langsung menghubunginya di akun pribadinya @aziscahyagumilang atau di akun bisnisnya @acg.edt

Ngomongin soal bikin stop motion, kamu sudah punya kamera, belum? Kalau belum, stop motion-mu nggak akan jadi. Untuk itu, langsung cek aja di Blibli.com. Ada harga khusus untuk semua kamera pilihanmu. Sebelum kehabisan, yuk #BlibliSekarang!

DAPATKAN KAMERA IDAMANMU DENGAN HARGA KHUSUS SEKARANG JUGA!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY