Mau Special Dinner di Rumah? Yuk, Belajar Memasak Steak Sempurna Bersama Chef Gun Gun!

Buat kamu yang kepengen dinner mewah ala hotel bintang lima tapi nggak pengen mahalnya, jangan khawatir! Bawa saja suasananya ke rumahmu!

Sediakan lilin, anggur merah, sedikit musik jazz, dan lighting redup. Voila! Sekarang kamu hanya perlu memikirkan bagaimana memasak steak bintang lima agar pengalaman fine dining di rumahmu semakin oke.

Kamu beruntung banget! Karena, kali ini Blibli Friends bertemu Chef Gun Gun, chef dari Unilever Food Solutions (UFS) untuk mengungkap rahasia di balik memasak steak yang sempurna dengan mudah!

Ternyata nggak sulit! Siapapun bisa melakukannya! Kamu cukup memperhatikan 10 hal berikut!

1. Pilih daging yang segardaging-segar

Via Avalon Virgin

Hal paling penting diingat adalah pemilihan daging yang tepat. Kesegaran merupakan kunci kesempurnaannya. Chef Gun Gun mengingatkan agar kamu seteliti mungkin ketika memeriksa daging sebelum dibeli. Jangan sekilas pandang saja.

Pastikan daging yang kamu pilih di pasar memiliki warna merah segar (non-darah) di seluruh bagian. Jika bagian depan berwarna merah, jangan lupa cek bagian belakangnya ya! Bila ragu, tanya si penjual berapa lama usia si daging.

Setelah selesai memilih, ada hal penting lain yang harus kamu lakukan dengan daging pilihanmu, yaitu:

2. Jaga suhu daging agar selalu di bawah 4 derajat Celcius

suhu-daging

Via Jess Pryles

Daging yang dibiarkan pada suhu di atas 4 derajat Celcius cenderung rentan terhadap bakteri dan kuman yang dapat membuatnya busuk. Apalagi ketika dibeli sedang berada dalam ruang terbuka.

Biasanya kalau membeli di supermarket pasti kamu akan diberikan es batu dari pihak biar tetap terjaga temperaturnya selama perjalanan pulang.

Akan tetapi, menurut Chef Gun Gun, es batu hanya bisa mendinginkan bagian yang terkena es saja. Bisa saja bagian yang nggak terkena es beresiko suhu lebih tinggi. Apalagi di saat cuaca panas.

Untuk menyiasatinya, Chef Gun Gun menyarankan untuk selalu menyiapkan cooler box, atau kotak styrofoam berisikan dry ice di kendaraan. Dengan begitu, suhu daging akan stabil selama perjalanan meski cuaca di luar terik. Sampai rumah, langsung masukkan ke freezer!

3. Jangan rendam daging untuk proses de-frost!

rendam-daging

Via Food Network

Ketika kamu merendam daging, apakah airnya berubah jadi warna merah? Mungkin selama ini kamu berpikir itu adalah darahnya yang masih tersisa dalam dagingnya. Tapi ternyata Chef Gun Gun berkata lain lho!

Cairan merah yang keluar saat daging direndam bukanlah darah, melainkan sari daging atau juice yang merupakan sumber cita rasa dari daging! Dengan merendamnya, berarti kamu membuang juice dari daging tersebut.

Jadi jangan heran kalau steakmu terasa kurang rasa dan juga kering bila kamu merendamnya untuk proses de-frost.

Nah, supaya daging bisa melembut tanpa direndam, Chef Gun Gun menyarankan untuk menaruh daging di chiller (bagian bawah kulkas) sehari sebelum kamu memasak steak. Dengan begitu, daging bisa lembut tanpa kehilangan cita rasanya.

Tapi kalau kamu lupa untuk memasukkannya ke chiller, kamu bisa memasukkan dagingnya ke plastik dan merendamnya di air. Yang penting dagingnya jangan sampai kena air ya!

4. Potong daging setebal jarimu agar dapat matang sempurnatebal

Via Kosherdeli

Supaya kamu bisa memasak daging steak sematang yang kamu inginkan, ketebalan daging adalah satu hal yang harus kamu perhatikan.

Daging yang terlalu tebal akan membuatmu sulit memastikan seluruh daging matang secara merata. Walaupun ini oke buat kamu yang pecinta daging rare. Tapi buat kamu yang suka well done, beda ceritanya.

Karena itu Chef Gun Gun memberikan ukuran standar agar kamu bisa memastikan kematangan daging, yaitu setebal satu jari tanganmu (kira-kira 1 cm).

Dengan ketebalan tersebut, dijamin steakmu bisa matang dengan cepat dan juga merata sempurna. Jika kamu mau membuat steak medallion, kamu bisa membelah dagingmu menjadi dua seperti butterfly saat dimasak. Setelah matang nanti, baru deh kamu satukan lagi.

5. Berikan bumbu yang tepat untuk dagingmubumbu

Walaupun juice dalam daging yang memberikan cita rasa, marinasi daging tentu nggak boleh ketinggalan! Ternyata, bumbu yang digunakan untuk marinasi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu basic seasoning (bumbu dasar), flavour agent (perasa) utama, dan juga perasa tambahan.

Untuk basic seasoning, garam, merica, dan lada hitam merupakan default-nya. Kalau kata Chef Gun Gun, ketiga bumbu ini wajib banget deh untuk steak!

Agar flavour-nya semakin kuat dan spesifik, kamu bisa membubuhkan bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, bubuk paprika, dan bubuk cabe sesuai dengan seleramu.

Untuk menambah rasa dan juga aroma, kamu bisa menggunakan herb seperti oregano, rosemary, thyme,dan dedaunan lainnya.

Bubuhkan secara merata. Pijitkan edikit bumbu pada daging, biar masuk ke sela-sela. Namun, ingat:

6. Bumbui daging sesaat sebelum kamu mulai memasaknyabumbui-daging

Via Serious Eats

Mungkin selama ini kamu berpikir mendiamkan bumbu pada daging selama berjam-jam bisa membuat daging terasa lebih enak dan kaya cita rasa. Tapi kenyataannya berbeda lho!

Garam yang ada pada bumbu bisa membuat juice pada daging keluar. Dagingmu pun bisa berubah menjadi kering jika kamu mendiamkannya bersama bumbu terlalu lama.

Jadi jika nggak mau dagingmu kering, cukup bumbui dagingmu kira-kira 1-2 menit sebelum dimasak saja. Dengan kurun waktu tersebut, bumbu sudah meresap kok hingga ke dalam.


BACA JUGA Lada dan Garam? Bosan! Ini 5 Resep Marinasi Daging Panggang yang Wajib Kamu Coba Di Rumah!


7. Pastikan grill pan yang kamu gunakan datargrill-pan

Via Swiss Kitchen

Saat membuat steak, kamu pasti akan melihat bahwa daging akan menyusut setelah dimasak. Jika kamu menggunakan grill pan yang memiliki permukaan cekung, daging akan ikut melengkung saat menyusut sehingga akan ada permukaan yang nggak termasak.

Karena itu, Chef Gun Gun menyarankan untuk menggunakan grill pan yang memiliki permukaan datar. Dengan begitu, steak yang kamu buat akan matang dengan sempurna dan tetap memiliki bentuk yang bagus.

8. Panaskan grill pan sebelum menaruh daging steakpanaskan

Daging steak yang alot pastinya nggak enak dan akan sangat kamu hindari. Chef Gun Gun mengatakan kalau ada berbagai hal yang bisa menyebabkan daging steak menjadi alot.

Selain dari kesalahan arah memotong daging, Chef Gun Gun juga menjelaskan kalau ternyata grill pan yang belum panas bisa membuat dagingmu menjadi alot.

Hal ini disebabkan karena memanaskan grill pan bersamaan dengan daging mentah yang sedang terbuka pori-porinya akan membuat juice dengan mudah mengalir keluar. Tanpa juice, daging steak akan kering dan susah dipotong!

Karena itu panaskanlah (pre-heat) terlebih dahulu grill pan yang kamu gunakan sebelum menaruh daging steak. Panas dari grill pan akan menutup pori-pori daging dan mencegah juice mengalir keluar.

Saat daging yang ditaruh di grill pan panas bersuara “cessss”, itulah tandanya kalau pori-pori daging tertutup dan kamu sudah memasak dengan cara yang benar!

9. Gunakan demi sauce yang tepat untuk gravy steaksauce

Via Fork n Plate

Steak yang sempurna tentunya bukan hanya steak memiliki rasa daging yang lezat, namun juga dilengkapi gravy atau saus yang memanjakan lidah. Karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan rasa dari gravy yang kamu buat.

Menurut Chef Gun Gun, lezat atau nggaknya gravy yang dibuat biasanya tergantung pada demi sauce yang kamu gunakan. Dengan bumbu yang tepat, hasil rebusan tulang selama berjam-jam itu akan menjadikan gravy yang kamu buat kaya dengan rasa.

Jangan karena prosesnya yang lama kamu jadi mencoba membuat gravy dengan menggunakan saus tiram ataupun kecap ya! Nanti rasa pada steakmu malah jadi nggak karuan, lho! Serius!

Daripada menggunakan saus-saus tersebut, gunakan saja demi sauce instan yang sudah memiliki cita rasa yang sama dengan hasil demi sauce asli.

10. Bonus: sajikan steak dengan butter garlic ala Chef Gun Gun!sajikan-steak

Via My Fiance Like It So IMBG

Penyajian steak pasti akan lebih sempurna jika kamu menambahkan inovasi rasa yang nggak mainstream saat penyajian. Untuk itu, Chef Gun Gun pun membagikan resep butter garlic yang biasanya ia gunakan saat membuat steak.

Campurkanlah butter yang sudah dilembutkan dengan bawang putih yang sudah kamu potong-potong kecil. Kemudian tambahkanlah potongan freshrosemary dan juga parsley ke dalam campuran tersebut.

Setelah selesai dicampurkan, letakkan potongan butter garlic di atas kertas minyak kemudian lipat kertas seperti cetakan. Jika sudah, bekukan saja dalam freezer.

Pada saat penyajian nanti, kamu bisa menaruh potongan butter garlic yang sudah kamu bekukan itu ke atas daging steak yang masih panas. Butter garlic pun akan meleleh dan menambah rasa baru pada steak. Steak akan tampak lebih mengkilat dan juga semakin juicy. Yum!

Bagaimana? Kesepuluh hal yang harus diperhatikan demi memasak steak yang sempurna itu sederhana, bukan? Kini, pengalaman fine dining kamu semakin sempurna dan mirip restoran bintang lima!

Akhir kata, menurut Chef Gun Gun, 2 hal paling penting yang akan sangat menentukan kesempurnaan steak buatanmu adalah kualitas daging dan  cara memasaknya. Karena itu pastikanlah untuk berhati-hati dalam memilih daging yang fresh dan berkualitas.

Jangan lupa memasak steak di grill pan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, biar bebas dari bentuk jelek dan kealotan.

Kalau kamu belum punya grill pan yang sesuai dengan kriteria dari Chef Gun Gun, segera cari saja di Blibli.com! Temukanlah semua perlengkapan yang kamu butuhkan untuk membuat steak yang sempurna bersama BBF!

Stay tuned ya sama bincang-bincang BBF selanjutnya dengan Chef Gun Gun!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY