Pernahkah kamu melihat foto air terjun yang alirannya terlihat halus tanpa cipratan air atau foto dari dalam mobil tapi terlihat tidak ada kaca yang menghalangi? Kemungkinan kedua foto tersebut menggunakan filter untuk lensa kamera. Ada banyak pilihan filter lensa, khususnya DSLR yang bisa memberikan efek unik pada foto yang kamu ambil.

Bagi kalangan fotografer profesional, menggunakan filter lensa untuk mendapatkan gambar dramatis bukan hal yang aneh. Kamu juga bisa menggunakan filter lensa untuk menghasilkan foto-foto keren. Namun, sebelum menggunakan filter lensa, ada banyak jenis filter lensa di sini. yang bisa kamu miliki. Maka biar fotomu juga makin keren, segera pilih filternya melalui Apps Blibli. Gampang kok, tinggal klik, bayar, dapatin cicilan ringan 0%, barang pun langsung diantar ke rumahmu tanpa ongkos kirim.

lensa kamera 2

Ada banyak variasi foto yang bisa kamu hasilkan dengan filter-filter tersebut Friends. Kamu bisa membuat foto langit yang tampak lebih biru, foto etalase perhiasan seolah benda tidak dibatasi kaca, atau membuat efek blur yang keren. Agar tidak pusing, berikut ini beberapa jenis filter lensa dan kegunannya. Check it out Friends:

Filter UV

lensa filter uv

Filter UV (ultraviolet) mempunyai fungsi utama utuk menahan goresan lensa dari benda keras. Pada kamera digital, vilter UV tidak terlalu berpengaruh dan menghasilkan efek. Tapi pada zaman kamera film, lensa UV bermanfaat untuk menjaga warna tetap bagus seperti aslinya. Cek filter UV di sini.Β 

Filter polarizer

lensa filter polarizer

Saat berada di dalam mobil, mungkin ada objek menarik yang ingin kamu potret. Sayang, ada pantulan bayangan di kaca mobil mobil yang membuat objek di luar jadi kurang jelas. Untuk menghilangkan bayangan yang memantul dari kaca mobil, kamu bisa menggunakan filter polarizer. Pantulan bayangan yang semula mengganggu pun akan hilang. Kamu bisa memanfaatkan filter ini untuk memotret benda-benda yang terhalang kaca seperti perhiasan dalam sebuah pameran yang biasanya dibatasi etalase. Filter ini juga bisa membuat efek biru pada langit. Cek info selengkapnya filter ini di sini.

Filter ND

filter ND kameraFilter yang satu ini memang tidak sepopuler UV atau polarizer. Namun, filter ini bisa menghasilkan efek yang sangat unik, yaitu efek blur yang halus. Bila kamu pernah melihat foto air laut yang permukaannya halus, tanpa ombak yang bergejolak atau air terjun yang airnya putih seperti kapas, hampir bisa dipastikan foto tersebut menggunakan filter ND (neutral density). Bila ingin memotret dengan filter ini, jangan lupa membawa tripod. Sebab, kamu harus menggunakan kecepatan rendah untuk menghasilkan efek blur halus tersebut. Cek info filter ini di sini.

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY