Intip Cara Membersihkan Sepatu Suede dari Jack Royal, Shoecare Premium di Jakarta!

membersihkan sepatu suede

Belakangan ini, sepatu suede semakin populer dan digemari, baik di kalangan pria maupun wanita. Sepatu suede memang memiliki tekstur yang unik menyerupai beludru. Tampilannya yang mewah membuat sepatu ini sering dipakai ke acara-acara formal seperti ke kantor atau pesta. Namun, untuk menjaga keawetannya, kamu pun harus tahu cara yang tepat untuk membersihkan sepatu suede kamu, lho!

Daripada salah langkah dan malah merusak sepatu, mendingan belajar langsung yuk, tips dan triknya dari ahlinya perawatan sepatu, Jack Royal!

Jack Royal ini merupakan shoecare premium yang didirikan oleh Irman Febrianto dan terletak di Shophaus Menteng. Mereka udah jago banget menangani dan membersihkan sepatu dari beragam bahan dan model, jadi nggak perlu diragukan lagi deh!

Langsung aja simak di sini untuk cari tahu tips bikin sepatumu selalu kinclong dan bersih!

SIAPIN DULU YUK, ALAT PEMBERSIH SEPATU YANG KAMU BUTUHKAN!

1. Semprotkan spray anti-air

membersihkan sepatu suede
Via – Shoes of Prey

Cara pertama untuk membersihkan sepatu suede tentu dengan mencegahnya terkena berbagai kotoran atau cairan. Salah satu musuh tebesar sepatu suede adalah air. Ketika air mengenai sepatu dan mengendap dalam waktu yang lama, itu akan merubah tekstur suede, dan untuk mengembalikan tekstur kembali seperti semula adalah hal yang cukup susah.

“Sebelum berpergian ke luar rumah, wajib banget melapisi sepatu suede dengan spray anti air. Ini berguna untuk melindungi sepatu dari air lumpur atau cairan – cairan lain yang tidak diinginkan,” ungkap Mas Irman. Kalaupun lupa menyemprotkan water-repellent, lebih baik lepas sepatu untuk mengamankannya ketika hujan deras, banjir, atau di medan berlumpur. Pada dasarnya, sepatu ini paling cocok kamu bawa di medan indoor, guys!

BELI YUK, CAIRAN PEMBERSIH SEPATU SUEDE TANPA MENGGUNAKAN AIR!

2. Kalau basah, keringkan segera!

membersihkan sepatu suede
Via – Esquire

Jika sepatu suede basah, sebisa mungkin segera keringkan sepatu begitu sampai di rumah. Air yang mengendap terlalu lama akan merusak tekstur sepatu, sementara cipratan air (apalagi jika airnya kotor) bisa meninggalkan bekas permanen pada permukaan. Kalau sudah seperti itu, akan sangat sulit untuk membersihkan sepatu suede-mu seperti semula. Sayang banget, kan?

Nah, menurut mas Irman, cara terbaik untuk mengeringkan sepatu suede adalah dengan menggunakan kipas atau yang lebih cepat lagi, yaitu hairdryer. Hindari menjemurnya langsung menghadap sinar matahari ya!

SIAPKAN HAIRDRYER UNTUK SAAT DARURAT MENGERINGKAN SEPATU

3. Bersihkan kotoran yang menempel ketika sepatu kering

membersihkan sepatu suede
Via – Amazon

Ketika ada lumpur atau kotoran yang menempel pada permukaan, kamu bisa membersihkan sepatu suede dalam keadaan kering. Langkahnya cukup mudah!

“Gunakan sikat sepatu dan suede stain eraser untuk membersihkan dan menghapus noda kering, pasir, dan bekas air pada material suede. Gosokkan karet penghapus noda ini ke bagian-bagian sepatu yang kotor, hinga muncul remah-remah seperti bekas penghapus. Setelah itu barulah kita bisa mencuci sepatu,” kata mas Irman.

DAPETIN SUEDE STAIN ERASER DARI KANS UNTUK MEMBERSIHKAN NODA MEMBANDEL!

4. Bilas sepatu suede dengan cairan khusus pembersih sepatu

membersihkan sepatu suede
Via – @kanscare.id

Tahap terakhir untuk membersihkan sepatu suede kamu biar kinclong lagi adalah dengan mencucinya dengan cairan khusus. Pilihlah pembersih khusus yang sesuai dengan material suede, seperti Kans Suede Shoe Cleaner, supaya tekstur dan kualitas material sepatu tetap terjaga. Terbuat dari minyak kelapa, peppermint oil, dan asam amino proteinogenic, cairan ini organik dan aman banget untuk sepatu suede-mu. Tanpa menggunakan air, kamu bisa memoles sepatu hingga terlihat bersih seperti semula.

SEDIAKAN KANS SUEDE SHOE CLEANER UNTUK BIKIN SEPATUMU KINCLONG TERUS!

5. Bawa ke jasa profesional perawatan sepatu

membersihkan sepatu suede
Via – @shoesandcare

Nggak punya waktu untuk membersihkan sepatu suede secara teratur? Atau kamu takut salah dan justru bikin sepatu rusak? Kalau begitu, kamu bisa menyerahkan sepatumu ke jasa perawatan sepatu yang sudah profesional. Bahkan, hal yang sama juga yang membuat mas Irman akhirnya membuka jasa Jack Royal dan Shoes and Care di Jakarta.

“Saya punya banyak banget koleksi sepatu, terutama sneakers. Tapi, setiap sebelum berpergian, saya harus membersihkan sepatu dan itu pekerjaan yang butuh banyak waktu. Makanya, akhirnya kepikiran untuk berbisnis laundry sepatu supaya bisa merawat sepatu dari berbagai macam bahan yang berbeda,” ungkap pria yang juga berbisnis kuliner ini.

MAU NYOBA JASA LAUNDRY SEPATU PROFESIONAL? YUK, KEPOIN INSTAGRAM JACK ROYAL!


Nah, itu dia 5 tips membersihkan sepatu suede dari Mas Irman Febrianto, pendiri Jack Royal yang udah malang melintang di dunia perawatan sepatu profesional! Gimana? Cukup mudah untuk dilakukan di rumah kan? Kamu hanya perlu alat pembersih sepatu yang tepat untuk merawat sepatu suede kesayangan. Nggak mau dong beli sepatu mahal-mahal tapi rusak karena malas dibersihkan?

Buat yang nggak punya banyak waktu atau masih ragu-ragu, boleh juga lho bawa sepatu kamu ke jasa perawatan sepatu profesional seperti Jack Royal di Menteng. Dengan begitu, kamu juga bisa tanya-tanya dan belajar langsung dari para ahlinya! Yuk, ke #BlibliSekarang dan mulai siapkan alat pembersih sepatu yang pas untuk sepatu suede kamu!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN ALAT PEMBERSIH SEPATU DARI KANS

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY