Masa emas perkembangan manusia adalah pada masa anak-anak, khususnya 0-5 tahun. Anda sebagai orangtua perlu memperhatikan kecukupan nutrisinya dan perkembangan fisik hingga kecerdasan anak. Membangun kecerdasan anak bisa dilakukan melalui berbagai cara. Memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan otaknya, seperti Omega-3, sangat disarankan.

Mainan anak juga bisa dimanfaatkan untuk membangun kecerdasan otak anak. Ada beberapa jenis mainan yang bisa dimanfaatkan untuk membangun imajinasi anak. Salah satu permainan yang efektif untuk membangun imajinasi adalah lego. Mainan klasik ini bisa meningkatkan imajinasi anak, karena dia bisa menyusun berbagai bentuk dari kumpulan lego miliknya.

Kotak-kotak plastik tersebut bisa berubah menjadi mobil, rumah, dinasaurus, pesawat, kuda, dan bentuk lainnya. Sebaiknya Anda ikut terlibat ketika si kecil bermain lego. Ajak anak untuk menyusun lego dengan tema tertentu seperti binatang atau jenis mobil. Tanyakan padanya bentuk apa yang sedang disusun dan Anda menyusun bentuk lainnya. Cara ini sangat baik untuk membangun imajinasi anak.

Anda bisa membelikan lego untuk si kecil di sini. Ada beberapa pilihan lego yang bisa Anda pilih mulai dari lego berbentuk robot, bangunan, kendaraan, dan lainnya. Bila Anda berbelanja lego untuk si kecil di Blibli.com, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti Cicilan 0% dan gratis ongkos kirim.

Selain untuk mengasah imajinasi anak, lego juga memiliki manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat lego:

Membantunya mengenal warna

 mengenal warna dengan lego

Lego bisa dimanfaatkan untuk mengenal warna. Umumnya lego terdiri dari berbagai warna mulai dari merah, biru, kuning, hijau, dan lainnya. Kenalkan warna-warna tersebut saat usia anak memasuki usia dua tahun. Pada usia ini anak sudah bisa mulai diajarkan membedakan warna.

Mengenalkan bentuk

mengenalkan bentuk dengan lego

Anda juga bisa mengenalkan bentuk kepada anak. Lego biasanya terdiri dari banyak bentuk seperti kotak, persegi panjang, segitiga, roda yang bulat, dan lainnya. Belajar sambil bermain akan menjadi kegiatan menyenangkan bagi si kecil.

Melatih kemampuan motorik halus

melatih kemampuan dengan lego

Saat si kecil memasang dan melepas kunci lego, motorik halusnya akan aktif. Berikan pujian kepadanya ketika berhasil menghubungkan satu lego dengan lego lainnya. Cara ini akan membuatnya bersemangat dan semakin banyak mencoba. Motorik halusnya akan semakin terasah.

Bisa untuk mulai berlatih matematika

matematika lego

Setiap lego memiliki bentuk berbeda. Masing-masing pasti memiliki bulatan pengunci dengan jumlah berbeda. Anda bisa memperkenalkan hitungan sederhana misalnya bulatan satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya kepada si kecil. Mulai dari jumlah kecil dulu. Bila sudah paham Anda bisa meningkatkan ke jumlah yang lebih besar. Atau, bisa juga Anda membantunya menghitung jumlah lego yang sudah berhasil disusunnya untuk mengenalkan bilangan dasar.

 

 

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY