Melihat Spesifikasi Amazfit GTR, Smartwatch dengan Tampilan Kasual yang Keren

Nama Huami memang belum sepopuler Xiaomi untuk urusan smartwatch. Namun, Huami sebenarnya memiliki merek Amazfit yang jauh lebih populer dari induknya sendiri. Amazfit dikenal lewat seri smartwatch dan fitness band-nya yang menjadi saingan dari seri Mi Band rilisan Xiaomi. Lewat Amazfit, Huami menghasilkan sebuah smartwatch menarik dengan harga terjangkau.

Baru-baru ini, Huami memperkenalkan dua seri Amazfit terbarunya. Pertama adalah Amazfit GTS yang desainnya mirip seperti Apple Watch dan yang kedua adalah Amazfit GTR. Kali ini kita akan membahas spesifikasi Amazfit GTR yang menggoda dengan tampilan kasualnya yang keren. Simak ulasannya berikut ini.

Estetika jam tradisional

Via soyacincau

Amazfit GTR mendapatkan nilai yang bagus dalam hal desain karena penggunaan bezel melingkar berbahan keramik dengan polesan metalik pada bagian atasnya. Desain ini kemudian dilengkapi dengan tali strap berbahan kulit yang berlapiskan silikon di bagian bawahnya.

Huami menempatkan dua tombol crown pada sisi kanan jam. Tombol crown yang di atas berfungsi sebagai tombol Home dan mengembalikan tampilan watchface setiap kali ditekan. Sementara tombol yang di bawah berfungsi sebagai Quick Start button yang bisa diatur untuk melakukan perintah seperti tracking detak jantung, workout, kontrol musik, cuaca, dan yang lainnya. Secara keseluruhan desain, jam ini bisa menjadi alternatif yang terjangkau bagi mereka yang mengingingkan sebuah smartwatch dengan tampilan kasual yang elegan.

INGIN SEGERA PUNYA AMAZFIT GTR? CEK BARANGNYA DI SINI

Layar AMOLED

Via digit,in

Selain desainnya yang memukau, penggunaan layar AMOLED berbentuk bundar menjadi fitur menarik lainnya daari Amazfit GTR. Layar bundarnya memiliki diameter sebesar 1,39 inci dan menampilkan resolusi 454 x 454 yang menghasilkan kerapatan piksel sebesar 326ppi. Hal ini membuat Amazift GTR bersanding bersama Huawei Watch GT 2 sebagai salah satu smartwatch dengan kerapatan pikesl terbaik saat ini.

Layar memiliki tingkat kecerahan yang tinggi dan mudah dibaca di bawah sinar matahari. Sensor cahaya yang tersembunyi di dalam layar dan kontrol kecerahan otomatisnya dapat dengan sangat cepat bekerja terhadap perubahan kondisi cahaya di sekitarnya.

INGIN MELIHAT ALTERNATIF SMARTWATCH KASUAL LAINNYA? CEK HUAWEI GT2 DI SINI

Sensor dan hardware

Via techadvisor.co.uk

Amazfit GTR didukung dengan sensor PPG (photoplethysmography) yang umumnya dikenal dengan optical heart rate sensor. Sensor PPG ini dilengkapi dengan accelerometer 6 sumbu, sensor geomagnetic 3 sumbu, barometer untuk mengukur tekanan udara, dan sensor cahaya di sekitar. Selain itu, sensor ini juga dilengkapi dengan GPS dan GLONASS untuk memberikan sinyal posisi.

Huami belum menyertakan informasi resmi seputar prosesor yang digunakan di sini. Mereka memfokuskan untuk mengoptimalkan konsumsi daya dari pada kemampuan untuk proses. Keterangan yang didapat berbunyi seperti ini, “Amazfit GTR hadir dengan chip terkini dengan konsumsi daya yang rendah, desain sirkuit baru dan ditingkatkaan, optimasi daya yang mendalam dan manajamen konsumsi daya.”

DIRILIS BERSAMAAN DENGAN AMAZFIT GTR, CEK JUGA AMAZFIT GTS DI SINI

Fitur dan kemampuannya

Via soyacincau.com

Amazfit GTR hadir dengan antarmuka yang mirip dengan GTS dan Amazfit Verge Lite. Pengoperasian antarmuka ini pun sederhana, pengguna tinggal menyentuh layar atau menekan tombol Home. Pada menu Status, kamu bisa melihat beberapa catatan kebugaran seperti langkah harian, jarak berjalan yang telah ditempuh, kalori yang terbakar, dan yang lainnya.

Fitur heart rate berfungsi sebagaimana fitur ini berfungsi semestinya. Tak ada yang terlalu istimewa memang. Pengguna hanya dapat mengukur denyut jantung dari pilihan ini dan melihat data terdahulu dalam bentuk grafis.

Amazfit GTR tidak didukung dengan tracking otomatis untuk olahraga. Artinya, sebelum berolahraga perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur tracking-nya. Para pengguna Mi Band pasti cukup familier dengan sistem ini. Pilihan olahraganya cukup variatif, mulai dari lari luar ruang, jalan kaki, sepeda luar ruang, treadmill, sepeda dalam ruang, berenang, panjat tebing, sampai latihan beban.

Untuk fitur pengontrol musik, jam ini terbatas hanya berfungsi sebagai layaknya remote saja. GTR tidak bisa menyimpan musik di dalam memorinya dan pengguna pun tidak bisa melihat daftar playlist lengkap yang sedang diputar.

CEK JUGA SERI AMAZFIT LAINNYA, STRATOS PACE 2 DI SINI

Meskipun secara fitur cukup terbatas, GTR bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi para pengguna Mi Band untuk upgrade. Secara fitur kedua jam ini mirip, tapi GTR punya fitur GPS, layar dan baterai yang lebih besar, dan sensor PPG yang lebih canggih. Dengan banderol harga mulai dari Rp1,7 jutaaan, kamu bisa mendapatkan sebuah smartwatch yang bisa dipadukan serasi dengan setelan jas atau pun tampilan kasual sehari-hari. Pilihan yang menarik dan keren, kan?

Tyas: Coffee, TV series, and books.