Persaingan chipset untuk smartphone semakin panas. Baru-baru ini MediaTek mengumumkan kehadiran SoC (System-on-Chip) terbarunya yang masuk dalam keluarga Helio series. Dinamakan Helio P15, chipset ini merupakan penerus Helio P10 dengan beberapa peningkatan.

mediatek-helio-p15

1. Performa lebih kencang

Helio P15 nantinya akan mengandalkan prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 2.2 GHz dengan GPU Mali-T860 (dual-core) 800 MHz. Sebenarnya tipe prosesor dan GPU ini sama dengan prosesor yang digunakan Helio P10, namun dengan clock speed lebih tinggi.

Selain lebih cepat, baterainya juga diklaim lebih efisien. Namun karena masih sama-sama menggunakan TSMC 28nm, penghematan konsumsi baterai pada P15 tidak akan terlalu signifikan dibanding P10.


BACA JUGAΒ Qualcomm Perkenalkan Dua Chipset untuk IoT, Snapdragon 600E dan 410E


2. Mendukung LTE Cat.6

Untuk konektivitas, SoC ini telah mendukung LTE Cat.6, termasuk fitur dual carrier aggregation seperti yang digunakan Smartfren. Sementara spesifikasi lainnya kurang lebih masih sama dengan Helio P10.

Sayangnya belum ada kejelasan kapan perangkat yang telah menggunakan Helio P15 akan mulai beredar di pasaran. Dengan spesifikasinya, Helio P15 diprediksi akan banyak ditemui di perangkat kelas menengah.

Nah, kamu juga bisa menemukan smartphone canggih lainnya Friends. Kini bukan hanya chipsetmu saja yang canggih, apalagi kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!

 

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY