Mau Riding Pakai Helm Racing, Cek Dulu Rekomendasi Ini

Kamu lagi cari helm balap atau helm racing? Pilihannya ya helm full face. Soalnya, hampir seluruh kepala mesti dilindungin. Ini makanya, kenapa kamu mesti pilih yang bentuknya full.

Terus kalau ngomong soal merek, nama-nama semacam Arai, AGV, sampai Cargloss, KYT, dan Zeus bisa jadi pernah kamu dengar. Masing-masing brand ini memang bikin helm full face dengan gaya balap dan punya fitur spesial.

Pilihan bentuknya pun enggak seragam. Helm balap modern aja detailnya bisa beda-beda. Belum lagi kalau kamu mau gaya retro-vintage, atau model supermoto dan motocross.

Sebelum mutusin beli yang mana, ayo deh kita lihat pilihannya dulu.

Helm Balap Modern, Bisa Buat Sirkuit Segala

Helm balap modern dikembangin dari riding gear-nya para rider sirkuit. Makanya, beberapa fiturnya pun terpasang juga. Misalnya helm Arai RX7X Hayden.

Nama Arai yang merupakan helm produksi Jepang udah jadi jaminan, dan belum apa-apa nama mendiang juara dunia MotoGP Nicky Hayden nempel di sana. Artinya, ini helm spesial serupa sang rider pro tersebut.

Batok atau cangkang helmnya bermaterial fiber resin, dan kekokohannya berstandar Snell 2015, DOT, plus SNI (Standar Nasional Indonesia).

Sirkulasi udara juga jadi hal penting di helm ini. Contohnya saluran besar cekung ditambah 4 saluran masuk udara depan, 2 saluran buang belakang, plus 2 lainnya di seputar area ini, lalu bagian samping. Semua ini tujuannya bikin interior dingin dan kering.

Buat balap, kenapa Arai sering jadi pilihan? Selain memenuhi standar tadi, ada fitur pengunci dagu yang sering disebut DD ring. Ini adalah dua cincin mirip huruf D yang kalau diselipkan tali bakal kencang bukan main.

Arai RX7X juga punya XQRS (X-tra Quick Release System) supaya bisa mengganti visor tanpa bantuan alat dan cepat.

Fitur serupa juga ada di helm AGV K3 SV Rep Morbidelli, helm replika rider MotoGP dari tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.

Lain lagi sama KYT Vendetta 2 Aleix Espargaro yang jadi replika helm rider Aleix Espargaro. Dia punya pengunci visor dan dibikin untuk versi harian, makanya punya double visor. Kalau silau, visor hitam di dalamnya bisa dipakai.

KLIK DI SINI INI UNTUK LIHAT PILIHAN HELM BALAP MODERN

Helm Racing Retro, Buat yang Suka Gaya 70s

Helm dengan fitur ala balap juga dibikin lagi dengan gaya retro. Contohnya adalah Cargloss Howard Smith Cafe Racer. Salah satu bagian yang bikin helm ini langsung berenergi retro classic adalah tambahan lis krom-nya.

Faktor lainnya ya karena desainnya membulat dengan warna jazz green. Warna-warna seperti ini biasa terlihat di dokumentasi-dokumentasi era klasik yang juga elegan. Cocoklah sama motor-motor balap era itu, cafe racer, yang lagi booming.

Bukan cuma gaya, helm ini juga punya fitur khusus kayak double D ring yang tadi udah kita bahas. Selain kuat ikatannya, keunggulan double D ring  atau DD ring adalah pilihan kekencangannya juga bisa sangat variatif, jadinya kita bisa tahu seberapa nyaman kalau tali dagu ini diikat kencang.

HELM-HELM BALAP BERGAYA KLASIK LAINNYA

Helm Motocross-Supermoto, Bentuknya Masif

Pernah lihat helm ini? Bagian dagunya masif. Besar dan panjang. Kenapa helm ini punya desain semacam ini?

Helm kategori off-road punya area dagu panjang buat perlindungan ekstra dan juga punya tempat saat mengenakan kacamata alias google. Iya, pakai google. Jadinya tinggal angkat atau lepas google saat pandangan terhalang sama lumpur.

Perlindungan ekstra sendiri jadi penting buat helm jenis ini. Soalnya, pemakaiannya kan untuk kegiatan ekstrim. Yang namanya jatuh-terbentur bakal lazim.

Nah, selain buat kasih perlindungan ekstra, rongga udara masuk juga jadi lebih besar. Jadinya, napas lebih lega karena olahraga ekstrim bikin pumped up.

Kalau suka helm ini, start-nya bisa lirik produk Zeus 951. Desain dagunya khas helm motocross-supermoto. Terus dia juga punya topi yang posisinya bisa disesuaikan, termasuk bisa dilepas.

Sistem penguncian dagunya juga DD ring, busa dalamnya bisa dilepas buat dicuci, dan yang unik adalah tersedianya holder atau mount untuk memasang action cam. Seru banget!

PILIHAN HELM MOTOCROSS-SUPERMOTO BISA DILIHAT DI SINI

Jadi, mana helm racing yang mau kami pilih? Semua model ini bisa dicek di Blibli.com. Tinggal pilih mana yang cocok sama selera kamu. Pastikan ya belanja kebutuhan hobi motor kamu, termasuk helm, di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY