Bosan bermain game versi PC yang lambat di-update? Kamu ingin merasakan asiknya bermain game eksklusif yang ada di console? Lupakan PC sejenak. Jika kamu gamers sejati, maka saatnya kamu membuat pilihan: Xbox One atau PS4?

Bingung itu wajar, karena membandingkan dua console untuk bermain game memang nggak segampang seperti membandingkan dua smartphone. Banyak aspek yang bisa dilihat dari spesifikasi sampai ke game-nya sendiri.

Tentu, kamu nggak ingin salah pilih. Berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan agar kamu bisa menemukan soulmate gaming-mu.

1. Game-game yang eksklusif

Game Eksklusif

via screenrant.com

Alasan utama untuk membeli console pasti nggak lain karena game-nya yang super menggiurkan kan? Kalau kamu hobi bermain game serial dari PlayStation zaman dulu, mungkin PS4 akan menyediakan lebih banyak pilihan.

Sebaliknya, kalau kamu nggak ada preferensi khusus dalam game yang dimainkan, maka Xbox One-lah pilihan kamu.

Kalau membandingkan banyaknya game eksklusif yang dimiliki masing-masing console, pasti secara garis besar akan terbilang sama. Berikut beberapa game terkenal yang dinanti-nantikan di PS4:

  • Gran Turismo Sport (2016)
  • Gravity Rush (2016)
  • Ratchet & Clank (April 2016)
  • Street Fighter V (February 2016)
  • Dragon Quest Builders (Oktober 2016)
  • The Last Guardian (Desember 2016)
  • Resident Evil VII: Biohazard (Oktober 2016)
  • Horizon Zero Dawn (2017)
  • God of War (TBA)

Sementara itu, game eksklusif populer yang hanya bisa kamu temukan di Xbox One adalah:

  • Gears of War 4(2016)
  • Fable Legends (2016)
  • Halo Wars 2 (2016)
  • Killer Instinct: Season 3 (2016)
  • Sea of Thieves (2016)
  • Crackdown 3 (2017)
  • Tacoma (2017)
  • Quantum Break (April 2016)

Bisa dilihat kalau PS4 memiliki game-game yang lebih banyak dikenal sama anak-anak 90an, sedangkan kalau Xbox One mungkin lebih cocok untuk gaya yang lebih moderen.

2. Kecepatan dan keunggulan memori

Kecepatan dan Keunggulan Memori

Via wccftech.com

Masing-masing console memiliki kapasitas penyimpanan yang sama, yaitu 500GB. Namun, untuk kamu yang ingin kapasitas lebih, bisa menambahkan drive dengan USB 3.0 untuk Xbox One.

Untuk masalah spesifikasi, Xbox One dan PS4 sama-sama menggunakan CPU AMD Octa-core.

Terlepas itu, kedua console ini berbeda dari segi kecepatannya. CPU milik Xbox One mempunyai kecepatan sebesar 1,75GHz, sedangkan PS4 lebih lambat, hanya kecepatan 1,6GHz.

Meskipun vital, console masih membutuhkan GPU yang memungkinkannya untuk memproduksi grafik yang jernih dan akurat secara cepat. Xbox One boleh menang untuk hal CPU, tapi GPU pada PS4 masih menang dibandingkan Xbox One.

Semakin bingung ya? Tunggu dulu, masih ada lagi!


BACA JUGA Sony PlayStation 4 Pro: Tawarkan Visual Lebih Baik dengan Dukungan 4K dan HDR


3. Kamu pilih…tipis atau yang tebal?

Tipis atau Tebal

Via techcrunch.com

Sebetulnya, ini hanya masalah kepraktisan belaka. Dari segi rancangan, keduanya jelas terlihat sangat berbeda. PS4 mempunyai bodi yang tipis dan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Sementara Xbox One mempunyai ketebalan yang hampir dua kali lipat dari ketebalan PS4.

Kalau kamu hobi jalan-jalan, mungkin PS4 akan menjadi pilihan yang ideal karena ketipisannya yang masih muat masuk tas backpack. Kalau Xbox One selain bodinya yang tebal, kabel power-nya pun juga super tebal.

Lain halnya kalau kamu adalah hermit yang lebih suka dirumah menyendiri, maka berat serta ketebalan PS4 dan Xbox One nggak akan menjadi masalah.

4. Lebih mahal yang mana?

Lebih Mahal Mana

Via repricerexpress.com

Jeng jeng! Masuk ke topik yang agak sensitif nih. Mau beli console tentunya juga harus membandingkan harga dari kedua console ini. Jangkauan perbedaan harga antara PS4 dan Xbox One bisa dibilang cukup jauh.

Harga PS4 saat ini masih mencapai Rp5,8 sampai dengan Rp6 juta-an.Tapi, kalau kamu memperolehnya lewat Blibli.com, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau, apalagi dengan cicilan 0%!

Harga Xbox One saat ini masih sedikit lebih mahal dibandingkan dengan PS4, dengan jangkauan harga mulai dari Rp5 jutaan sampai dengan Rp8 jutaan. Kedua console ini dijual terpisah dari aksesoris lainnya termasuk Kinect dan kamera. PS4 sedikit lebih unggul dalam aspek ini.

5. Resolusi

Resolusi

Via Gamesplit

Ketika kamu membandingkan bermain game di kedua console, pasti ada perbedaan kualitas grafik yang signifikan. Dari segi warna, PS4 menghasilkan warna yang lebih tajam dibandingkan Xbox One. Kalau kamu bermain game dengan PS4, kamu akan merasa kalau detil-detil lebih dalam dan video terasa lebih 3D.

Soalnya, framerate kedua konsol memang berbeda. PS4 biasanya lebih cepat dalam menampilkan frame di layar. Kamu bisa membandingkan resolusi keduanya dengan melihat gambar di atas, ataupun video di bawah ini:

Via – Candyland

6. Software dan fitur tambahan

Software

Via engadget.com

Xbox One di rancang untuk menjadi all-in-one entertainment, yang artinya kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan pada console tersebut. Dengan Xbox One, kamu bahkan bisa browsing Youtube, dan bahkan kamu bisa menonton lewat Xbox One.

Kalau dengan PS4, kamu mempunyai akses ke berbagai akun gamer yang melakukan Live. kamu juga bisa meng-subscribe dan rutin melihat video mereka.

Nggak hanya ini saja, masing-masing console ini mengeluarkan kamera yang bisa kamu gunakan mungkin kalau kamu berniat menjadi salah satu game vlogger.

Fitur menarik lain dari Xbox One adalah backwards compatibility yang artinya kamu bisa main game-game lama yang tadinya nggak bisa dimainkan di console baru.

PS4 juga sudah melakukan update dengan meluncurkan “rental” online. Fitur pada PS4 ini dinamakan dengan Playstation Now, dimana kamu nggak mendownload game pada PS3 atau PS2, melainkan kamu melakukan streaming. Tentunya kamu juga harus bayar lebih untuk mempunyai akses ke Playstation Now.

Untuk merangkum mana console yang lebih baik, sebenarnya itu lebih tergantung modal dan game eksklusif yang kamu inginkan. Untuk aksesoris dan game PS4 dan Xbox lainnya, kamu bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau via Blibli.com.

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY