Pertengahan bulan itu biasanya identik dengan dompet yang mulai menipis. Padahal, masih ada banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi. Belum lagi ada barang-barang di rumah yang sudah minta diganti dengan yang baru. Pusing!

Tenangkan diri dulu! Nggak perlu panik, karena ada 7 trik yang bisa kamu ikuti supaya bisa belanja, tanpa menghabiskan uang yang tersisa di dompet!

1. Selalu hunting info diskon

hunting-diskonVia spirohq.com

Agar kamu bisa tetap mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan tanpa perlu menguras seluruh isi dompet, tentu saja hal pertama yang kamu lakukan adalah membeli barang-barang promo.

Setiap barang yang sedang promo pasti memberikanmu keuntungan, baik berupa diskon ataupun penawaran seperti buy 1 get 1. Tapi, barang yang kamu butuhkan nggak selalu memiliki promo di setiap waktu, jadi kamu harus sering cari infonya.

Pantengin terus blog ataupun media sosial milik toko-toko yang menyediakan barang-barang kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu nggak akan kelewatan promo-promo yang ada. Ingat, orang cerdas selalu beli barang promo!

2. Lakukan riset, riset, dan riset!

riset-diskon

Belanja hemat sama dengan belanja cerdas! Jadi, jangan sampai kamu membeli barang yang kelihatannya bikin kamu hemat tapi ternyata kualitasnya nihil. Cek dulu spesifikasi dari barang yang ingin kamu beli. Jangan lupa, bandingkan kualitasnya dengan barang lain yang spesifikasinya mirip.

Kalau kamu sudah menemukan barang dengan spesifikasi terbaik, carilah barang tersebut di berbagai toko lalu bandingkan harganya. Siapa tahu kamu bisa menemukan harga yang lebih bersahabat di toko sebelah.

Nah, meski sudah mendapat toko dengan harga terhemat, jangan hentikan risetmu di sana. Cari tahu dulu apakah toko tersebut dapat kamu percaya atau nggak. Kalau sudah terbukti toko itu bukan abal-abal, baru deh kamu bisa segera mulai belanja.

3. Belanja bareng teman biar lebih hemat

belanja-bareng

Via payfirma.com

Apakah kamu pernah belanja barang yang harganya hemat, tapi ternyata kamu malah harus membayar lebih mahal karena ongkos kirim yang besar? Rugi banget bukan?

Karena itu, coba cari teman yang mau ikutan belanja bareng sama kamu. Dengan begitu kalian akan lebih hemat, karena bisa patungan untuk ongkos kirim. Nggak hanya itu, kalian juga bisa patungan untuk barang-barang yang promo buy 1 get 1. Hemat maksimal!

4. Jangan pernah dengerin lagu saat sedang belanja

jangan-dengarkan-lagu

Via thegadgetflow.com

Saat sedang berbelanja di mall, pasti kamu akan mendengar suara lagu dilantunkan dari setiap toko yang kamu masuki. Mungkin selama ini kamu berpikir kalau lagu tersebut hanya bertujuan untuk menghibur para pembeli, tapi ternyata itu salah!

Menurut penelitian yang ada, orang-orang memiliki kecenderungan untuk membeli barang ketika mendengarkan lagu. Hal ini disebabkan efek musik yang dapat membuat mood menjadi lebih baik, sehingga tanpa sadar kamu pun akan berbelanja lebih banyak.

Kalau kamu mau belanja hemat saat online shopping, jangan sambil mendengarkan lagu ya. Bukannya belanja hemat, kamu malah bisa kebablasan saat mendengarkan lagu!


BACA JUGA Orang yang Belanja Saat Diskon Itu Cerdas, Ini Buktinya


5. Gunakan incognito browser saat ingin belanja

incognito-browser

Via digiwonk.wonderhowto.com

Percaya nggak percaya, penelitian dari Universitas Northeastern menemukan bahwa harga yang kamu dan temanmu dapatkan untuk suatu benda yang sama bisa berbeda lho.

Saat berbelanja, tanpa sadar kamu akan meninggalkan cookies dan cache pada browsermu. Data tersebut digunakan oleh beberapa perusahaan online untuk memberikan harga yang berbeda, sesuai dengan informasi yang mereka dapatkan tentang kebiasaan belanjamu.

Supaya aman dari trik milik perusahaan-perusahaan tersebut, lebih baik kamu gunakan saja incognito browser-mu. Dengan begitu, kamu bisa mendapat harga yang sebenarnya.

6. Coba cari promo dari mobile app

mobile-app

Via gold-group.com

Perbedaan harga yang kamu dapatkan ternyata nggak hanya disebabkan dari browser, melainkan juga karena penggunaan gadget yang berbeda.

Sejumlah perusahaan perbelanjaan online memiliki teknologi untuk mengetahui gadget apa yang kamu gunakan untuk mengakses website mereka (mobile, Windows atau Mac). Beberapa perusahaan pun akan mengubah harga barangnya tergantung pada gadget yang kamu gunakan.

Jadi, coba cek dulu harga barang yang ingin kamu beli dari semua gadget yang kamu miliki. Siapa tahu ada yang harganya berubah saat kamu cek.

Namun karena nggak semua perusahaan menjalankan sistem seperti itu, kamu bisa coba belanja dari mobile apps yang dimiliki para penjual online. Biasanya mereka memiliki promo khusus untuk pembelian dari aplikasi. Kamu bisa lebih hemat lagi deh.

7. Gunakan promo kartu kredit

promo-kartu-kredit

Via brighterlife.co.id

Kemudahan belanja dengan kartu kredit mungkin bisa membuatmu menjadi boros sehingga kamu pun takut untuk menggunakannya. Tapi, kalau kamu menggunakannya dengan pintar, belanja dengan kartu kredit sangat bisa membantumu untuk belanja hemat.

Biasanya perusahaan penjual online sudah bekerjasama dengan pihak kartu kredit sehingga akan ada promo khusus bagi kamu, para pengguna kartu kredit. Jadi, gunakanlah kesempatan ini untuk mengikuti promo-promo menarik.

Tapi ingat, jangan sampai kamu kebablasan karena banyaknya promo yang ada. Ingatlah untuk hanya membeli barang yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan.

Bagaimana, ketujuh trik ini tentu bisa kamu lakukan bukan? Selamat berbelanja hemat!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY