Menjaga kesehatan kulit itu wajib hukumnya, apalagi kalau kulitmu sering terkena debu dan polusi! Maskeran minimal dua kali seminggu bisa membantu membersihkan dan menyegarkan kulitmu kembali lho, Friends. Kalo kamu bingung memilih masker mana yang baik untuk kulitmu, kamu bisa coba masker natural dari Miss Ruthie!

Masker Miss Ruthie diformulasikan oleh owner-nya sendiri, yaitu Ruth Elke. Karena punya kulit berjenis acne-prone skin, Ruth mencoba mengatasi masalah kulitnya dengan berobat ke klinik. Tapi, sayangnya nggak kunjung berhasil. Capek berobat, muncullah ide meramu masker sendiri dengan bahan-bahan alami. Kalo mau tau kelanjutannya, simak yuk cerita lengkap Ruth yang berhasil lolos ke Top 20 The Big Start Indonesia Season 3 ini!

SIAPA SAJA SIH FINALIS TOP 20 THE BIG START INDONESIA SEASON 3? LIHAT DI SINI, YUK!

1. Mulai dari fashion designer hingga bisnis masker

miss ruthie

Siapa sangka, Ruth yang sedang merintis bisnis produk kecantikan ini awalnya adalah seorang fashion designer lulusan Italia, lho! Sekembalinya dari Eropa, Ruth sempat bekerja di dua perusahaan ternama sebelum akhirnya memutuskan berhenti untuk memulai bisnis sendiri.

Salah satu faktornya karena tekanan dari pekerjaannya. Padahal, saat itu Ruth udah memegang posisi yang bergengsi dengan gaji menguntungkan. “Aku sadar, aku punya value lebih. Kayaknya, aku bisa kok menghasilkan uang tanpa perlu ngantor sampe segininya,” ujar perempuan berusia 28 tahun ini pada Blibli Friends. Lahirlah motivasi untuk memulai bisnis sendiri di bidang yang dia punya passion. Sampai sekarang, Miss Ruthie udah berhasil menciptakan berbagai varian produk dengan manfaat yang berbeda-beda, mulai dari masker, face scrub, face oil, face mist, hingga cleansing oil!

IKUTI TERUS KABAR TERBARU DARI PARA FINALIS THE BIG START SEASON 3 DI SINI!

2. Mendaki gunung lewati lembah untuk menemukan formula

miss ruthie
Via – @missruthie.face

Mantap berbisnis, Ruth langsung teringat dengan masker alami yang dulu sering ia buat sendiri. Dulunya, Ruth mulai meramu masker sejak duduk di bangku kuliah. Karena mau mengobati masalah kulitnya, ia mencari tahu bahan alami apa yang cocok untuk kulit acne-prone skin.

Maskernya pun terus diformulasi ulang berdasarkan penilaiannya sendiri supaya hasilnya lebih maksimal. Karena itulah Ruth cuma menjual masker mentah tanpa bahan pengawet saat pertama kali mulai berjualan. Awalnya, Ruth emang cuma bikin masker untuk kulit acne-prone. Tapi sekarang, udah muncul empat masker lainnya untuk berbagai macam jenis kulit.

Respon yang didapat dari pembeli cukup baik, terlebih lagi karena awalnya Ruth memang nggak pakai pengawet. Tapi, setelah dipelajari lebih dalam, penggunaan pengawet ternyata cukup penting untuk menjaga kualitas masker dan mencegah bakteri.

Eits, jangan mikir negatif dulu, ya! Pengawet nggak selalu berupa bahan kimia lho. Ada juga yang berbahan alami seperti pengawet yang digunakan dalam masker Miss Ruthie.

Dalam proses pembuatannya, Ruth tidak sembarangan. Ia kerap berkonsultasi dengan beberapa ahli kimia dalam proses formulasi ulang itu. Pokoknya, jelas banget kalo tujuan Ruth adalah memberikan yang terbaik buat pelanggannya. “Kami mau produk ini dijual. Jadi, kami harus make sure dengan percobaan terus menerus kalo produk ini aman dari segi kandungan sampai packaging. Mau kena matahari, badai, goncangan, begitu sampe produknya harus tetap aman dipakai,” ujarnya.

KETINGGALAN BERITA SOAL ROADSHOW THE BIG START SEASON 3? LIHAT KESERUANNYA DI SINI!

3. Memanfaatkan kekayaan alam Indonesia

miss ruthie
Via – @missruthie.face

Karena masker Miss Ruthie berbahan dasar alami, muncul ide untuk mencampur ramuan masker dengan rempah-rempah asli Indonesia. Ruth pun langsung teringat dengan kekayaan rempah-rempah di Solo dan memutuskan untuk mengambil bahan langsung dari kampung halamannya.

Alhasil, walaupun kemasannya sangat kekinian, wangi masker ini didominasi bau khas rempah Indonesia yang super menenangkan, contohnya kayak lemongrass dan jahe. Cocok lah buat kamu yang mau relaksasi setelah berhadapan dengan macet dan udara panas. Jadi, bukan cuma memberi manfaat untuk pelanggannya, bisnis Ruth juga berhasil memberdayakan para petani di Solo! Sangat menginspirasi, ya?

APA SIH HADIAH UTAMA THE BIG START INDONESIA YANG DIPEREBUTKAN PARA FINALIS?

4. Ingin mengedukasi wanita di Indonesia soal kecantikan

miss ruthie
Via – @missruthie.face

Bukan cuma bermanfaat buat banyak orang, ada pesan khusus yang sebenarnya ingin Ruth sampaikan dengan kehadiran Miss Ruthie. Dia ingin mengedukasi wanita Indonesia tentang konsep cantik yang biasanya berotasi pada kriteria cantik, putih, kurus, mancung, dan stereotipe lainnya. “Kami mau (keberadaan produk) Miss Ruthie bisa menyampaikan pesan kalau cantik itu cukup dengan just be yourself. Nggak perlu harus (perawatan) menyakitkan, nggak perlu putih-putih banget.”

Nggak heran deh kalau produk Miss Ruthie mendapat respon yang baik dari para wanita Indonesia. Buktinya, bisnis ini berhasil menguntungkan Ruth dengan permintaan yang cukup tinggi dari pasaran. Bahkan, para endorser produk Miss Ruthie akhirnya ikutan beli masker dan skincare dari Miss Ruthie karena ketagihan, lho!

SEPERTI APA SIH KESERUAN THE BIG START SEASON 1 DAN 2? CARI TAHU DI SINI!

5. Ternyata, Ruth pernah berkhayal ikutan The Big Start!

miss ruthie

Miss Ruthie memang masih seumur jagung karena baru mulai beroperasi tahun ini, tepatnya sejak bulan Mei. Tapi, cukup banyak rintangan yang udah dilewati Ruth hingga bisa sampai ke titik ini. Mulai dari masalah keterbatasan budget, masalah kemasan, sampai pandangan negatif dari orang sekitar, semuanya Ruth lewati dengan kesabaran dan kegigihan. “Dari awal, aku nggak mau minta modal dari siapa-siapa. Ini decision aku. Aku mau berusaha sendiri dengan modal yang aku punya.”

Jujur, dia sebenarnya nggak nyangka bisa masuk Top 20 The Big Start Indonesia Season 3. Tapi, setelah melihat produknya diakui, dia optimis bisa memenangkan kompetisi creativepreneur tahunan yang diadakan Blibli.com ini. Dia mau membuktikan kalau Miss Ruthie layak untuk diakui dan dipandang, khususnya pada orang-orang yang merendahkannya. Selain itu, Ruth juga pengen banget membangun network dan berguru dengan mentor yang udah jauh lebih berpengalaman. “Ini kan usaha baru, masih banyak yang bisa dibenerin. Jadi, aku maunya dikritik,” jelasnya.

Menariknya, Ruth pernah berkhayal ikutan The Big Start waktu melihat iklannya di televisi pas lagi ngantor, lho! Saat itu, belum terbesit dipikirannya kalau dia bakal berhenti kerja dan fokus menjual masker. Dia juga nggak bisa bohong kalo dia kagum dengan The Big Start musim sebelumnya dan Blibli.com yang mau memberi kesempatan bagi UMKM untuk berkembang. “Waktu lihat (iklan TBS), aku mikir ‘kalo gue punya usaha, gue mau ikutan’. Kami rasa, Blibli.com itu cukup berpihak ke UMKM. Acaranya bagus, (persiapan) mentoring-nya pun niat.”

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN BERITA TERKINI SEPUTAR THE BIG START, YA!


Sekarang ini, Miss Ruthie hanya memiliki dua karyawan sebagai pengawas produksi dan admin. Bahkan, adminnya saja baru direkrut untuk membantu tim yang ada karena Ruth harus pergi sebentar untuk berkompetisi di TBS!

Makanya, kalau sampai menang, uangnya akan digunakan untuk menambah anggota tim karena dia mau membesarkan bisnisnya sampai punya perusahaan sendiri. Plus, Ruth pengen banget mendirikan toko Miss Ruthie yang pertama dengan uang yang didapat dari TBS!

Kira-kira, Miss Ruthie bisa nggak ya berhasil menjadi juara The Big Start Indonesia Season 3? Yuk, kita ikuti saja petualangan Ruth di The Big Start Indonesia Season 3 lewat webseries TBS di akun Youtube resmi The Big Start yang akan tayang mulai bulan Oktober!

MAU TAHU LEBIH BANYAK SOAL THE BIG START? YUK, LIHAT DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY