Memasuki tahun baru menandakan masa liburan sudah berakhir. Kebanyakan dari kalian pasti sedang galau, sedih karena liburan kelar, dan belum mau kembali ke rutinitas. Jika benar, kamu berarti sedang mengalami post-vacation blues (sama seperti gue)!

Biasanya post-vacation blues ini dimulai dari perasaan nggak siap untuk kembali menghadapi  kenyataan. Ada yang mengalami hanya sebentar, tapi ada juga yang nggak siap sampai liburan selanjutnya.

Hal ini tentu mengganggu produktivitas. Apa sih yang bisa kita lakukan untuk menghadapi post-vacation blues? Yuk, simak tujuh tips ini biar lepas kangen sama liburan!

1. Jangan menunda pekerjaanpekerjaan

Via Workitdaily

Pernahkah kamu merasakan kolam yang sangat dingin? Ketika kamu takut-takut memasukkan kaki ke dalam kolam, kamu akan merasa lebih kedinginan lebih lama ketimbang langsung mencelupkan seluruh badan.

Begitu pula dengan post-vacation blues, daripada ragu-ragu dan menunda banyak pekerjaan lebih baik langsung saja tuntaskan. Hajar! Memang agak berat di awal, tapi lama kelamaan kamu bakal back on track kok! Next!

2. Bersih-bersih rumahbersih-rumah

Via HGTV

Ketika baru selesai liburan, pasti kamu masih dalam mood bermalas-malasan. Nggak ingin melakukan apa-apa dan bawaannya cuma ingin di rumah dan tidur.

Daripada kamu nggak produktif dan makin depresi, lebih baik mulai bekerja dengan membersihkan rumah. Mulai produktif di rumah bisa menjadi pemanasan sebelum kerja di kantor!

Selain bisa menikmati rumah yang bersih dan nyaman, kamu juga nggak perlu membangun semangat produktif mulai dari nol. Semangat bekerja sudah sedikit terbangun ketika kamu bersih-bersih rumah.

3. Olahragaolahraga

Via Gomammoth

Banyak yang belum tahu, ketika bersenang-senang dan menikmati liburan, otak sedang memproduksi banyak hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang.

Post-vacation blues disebabkan oleh tubuh yang tiba-tiba produk endorfinnya berhenti dan ‘terkejut’, sehingga aktivitas pun terhambat.

Maka dari itu, kamu harus menemukan aktivitas-aktivitas lain yang mempunyai efek serupa, biar produksi endorfin nggak langsung stop. Olahraga bisa menjadi salah satu solusinya.

Ketika kamu berolahraga, tubuh kamu mengeluarkan hormon endorfin. Kamu jadi lebih semangat, energik, dan nggak bakal terlalu kangen dengan liburan lagi!

4. Abadikan memori ketika liburanliburan

Via PicBackMan

Melewati masa-masa post-vacation blues nggak berarti kamu harus melupakan liburan kamu sepenuhnya, kok.

Coba motivasi dirimu dengan mengabadikan momen-momen menyenangkan ketika liburan. Pajang foto-foto liburan di dinding rumah atau mengontak kembali teman baru yang kamu temui ketika liburan.

Hal-hal yang mengingatkan kamu akan liburan bisa membantu kamu move on  sedikit-sedikit loh. Tanpa disadari, kamu sudah bangkit dari blues dan siap bekerja!

5. Nongkrong dengan teman-temannongkrong

Via Business2Community

Tips berikutnya adalah pergi hang out. Kamu bisa menceritakan pengalaman liburanmu dengan teman-teman atau keluarga kamu. Membagikan cerita liburan ke orang-orang bisa membuat kamu lebih semangat menghadapi kerjaan pasca-liburan.

Sama seperti mengatasi perasaan negatif lainnya, dengan berkoneksi ke teman-teman, kamu bisa merasa sedikit lebih baik. Kamu bakal lebih termotivasi dan juga menemukan hal baru dari cerita liburan mereka.

Cara ‘refresh’ seperti ini bakal membantu kamu menutup halaman liburan dan bangkit lagi menghadapi kenyataan.


BACA JUGA 7 Tips Perayaan Tahun Baru On The Road Ini Bikin Liburan Makin Seru!


6. Bangun dari mimpimimpi

Via Buzz Nigeria

Lima tips di atas belum mempan? Keluarkan senjata ampuh. Tampar dirimu! Seakan buaian mimpi sudah berakhir, cuci muka, tatap dirimu di cermin, dan sadarkan dirimu bahwa liburan telah pergi menjauh.

Dramatis, namun berkhasiat. Ketimbang bersungut-sungut meratapi masa lalu, lebih baik kamu bersikap keras pada dirimu. Tunggu! Ini tamparan secara mental loh ya, jangan keburu menampar pipi sebelum membaca kalimat ini.

Bukan berarti tamparan secara harafiah, tapi tamparan secara mental. Kamu sudah kembali dari liburan dan sekarang adalah saatnya kamu kembali mengerjakan tanggung jawabmu.

7. Rencanakan liburan segeraholiday

Via Herbeauty

Jika masih nggak bisa move on, apa boleh buat. Nggak ada lagi yang bisa kamu lakukan selain merencanakanLah, kangen liburan kok malah disuruh rencanakan libur?

Jurus andalan mengatasi post-vacation blues adalah dengan kembali merealisasikan masa-masa liburan tersebut. Langsung lihat ke kalender dan tentukan tanggal merah selanjutnya untuk berlibur.

Rencanakan liburanmu secepatnya. Umumnya penantian untuk menikmati liburan yang akan datang bakal memacu kamu untuk semangat menantikan liburan tersebut! Kalau nggak percaya, coba saja!

Bagi kamu yang ingin segera melakukannya, selamat! Blibli.com sedang bagi-bagi voucher rekreasi mulai dari restoran, gym, spa, sampai ke tiket hotel dan pesawat! Tinggal pilih tanggal deh!

Untuk menyadarkan diri dan kembali ke rutinitas sehari-hari memang nggak mudah. Tapi, dengan motivasi dan usaha yang serius, kamu pasti bisa kembali menikmati aktivitas kamu.

Intinya, jangan terlalu lama merenungi liburan dan nggak siap untuk menghadapi rutinitas. Jika terlalu lama berada di fase ini, kamu bisa makin stress, lho!

Move on dan nantikan liburan kamu yang selanjutnya. Siapa tahu liburan selanjutnya akan menjadi liburan terbaik sepanjang hidupmu. Jangan lupa juga untuk mengecek tawaran-tawaran asyik dari Blibli.com. Mungkin bisa membantu menyemangatkan hati kamu yang kangen liburan!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY