Masalah komedo adalah salah satu keluhan yang kerap kali dialami setiap orang. Terdapat dua jenis komedo yang umumnya terjadi, yaitu komedo terbuka (whiteheads) dan komedo tertutup (blackheads). Kedua masalah komedo ini memiliki kemiripan, namun perawatannya sedikit berbeda.

Kamu ingin babat tuntas semua hal tentang komedo tanpa sisa? Simak yuk, obrolan Blibli Friends bersama dr. Keni Istasaputri, Sp. KK, seorang dermatologist yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Tebet tentang masalah komedo dan cara mengatasinya berikut!

KLIK DI SINI UNTUK RANGKAIAN PRODUK PENGUSIR KOMEDO

Kenali asal muasal masalah komedo

masalah komedo
Via – Today Show

Pernah nggak sih lihat titik-titik hitam di sekitaran hidung? Titik-titik hitam itulah yang biasa disebut komedo tertutup atau blackhead. Menurut dr. Keni, masalah komedo satu ini muncul karena produksi sebum dalam kulit kita yang keluar melalui pori-pori kemudian teroksidasi dan menghitam. Oh ya, selain di muka, kamu pun bisa menemukan blackhead di area punggung dan pundak, lho!

Lain cerita dengan blackheads, komedo tertutup atau whiteheads adalah komedo yang muncul karena produksi minyak berlebih dan bakteri yang terperangkap di bawah permukaan kulit dan mengeras. Makanya, jenis komedo satu ini muncul berupa bintik-bintik kecil berwarna putih atau kuning.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN PRODUK PENGUSIR KOMEDO

Perawatan masalah komedo yang tepat!

Nah, setelah tahu penyebab munculnya masalah komedo, saatnya kamu harus tahu nih bagaimana cara memberikan penanganan terhadap komedo.

1. Kenali produk untuk masalah komedomu!

masalah komedo
Via – StyleWe Blog

Seperti dibahas sebelumnya, masalah komedo seringkali muncul karena produksi minyak berlebih. Untuk itu, dr. Keni pun menyarankan pemakaian produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid yang berguna untuk mengurangi lapisan minyak berlebih pada kulit. Selain itu, kedua zat ini pun mampu mengeringkan jerawat dan menghilangkan sel-sel kulit yang mati, yang mana akan memperparah masalah komedo akibat penyumbatan pori-pori.

Salah satu contoh produk yang mengandung benzoyl peroxide adalah Benzolac Cl Acne Gel yang berupa gel. Pemakaiannya cukup dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami masalah komedo. Selain itu, contoh produk lainnya yang mengandung salicylic acid adalah St. Ives Blemish Control Apricot, berupa face scrub yang dapat digunakan sehari-hari.

JAGA KEBERSIHAN WAJAH BIAR KOMEDO NGGAK DEKAT-DEKAT LAGI!

2. Bantuan perawatan facial

masalah komedo
Via – Spacio Beauty

Sekali lagi, proses pembentukan komedo pada setiap orang adalah hal yang alami, sebagai bentuk dari metabolisme tubuh. Baik whiteheads maupun blackheads akan muncul dengan sendirinya seiring kondisi masing-masing orang. Namun demikian, kamu pun harus melakukan tindakan pencegahan dan perawatan seperti facial.

Menurut dr. Keni, facial secara teratur merupakan salah satu teknik untuk membersihkan masalah komedo. Karena dalam prosesnya, para spesialis akan membantu membersihkan dan mengeluarkan blackheads ataupun whiteheads yang terbentuk ketika perawatan produk menggunakan gel atau face scrub dan lainnya nggak maksimal.

MAU GAMPANG MENGATASI MASALAH KOMEDO? COBA ALAT INI!


Itulah bincang singkat dengan dr. Keni terkait serba-serbi komedo dan penanganannya. Di luar hal tersebut, nggak lupa dr. Keni pun menekankan pada pendisiplinan kebiasaan kita, seperti rutin menjaga kebersihan muka dan nggak sembarangan menyentuh muka dengan tangan. Karena kamu nggak tahu kan bakteri apa saja yang ada di tanganmu?

Intinya, semua kembali pada kebiasaan, ya! Entah itu perawatan muka dengan facial atau produk, namun jika nggak dijalani dengan baik juga akan percuma. Makanya, yuk ubah kebiasaan dan berikan produk yang tepat sesuai kondisi mukamu! Dan jangan lupa, belanja di #BlibliSekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik!

DAPATKAN PILIHAN PRODUK UNTUK KESEHATAN MUKAMU DI SINI!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY