Terutama bagi perempuan, bibir merupakan bagian yang penting dari penampilan wajah. Lipstick, lip gloss, tato, dan bahkan glitter-pun nggak jarang digunakan untuk memperindah si pengecup ini.

Namun terkadang sayang sekali, banyak yang hanya memperhatikan estetika dari bibir saja, dan sering melupakan perawatan bibir.

Padahal, perawatan paling mendasar untuk bibir bisa dilakukan dengan cukup mudah. Salah satunya adalah dengan mengenakan lip balm. Buat yang masih belum tahu, berikut 7 alasan kamu harus menggunakan lip balm agar bibirmu selalu tampil cemerlang!

 1. Lip balm menjaga bibir tetap lembab
bibir

Kulit manusia biasanya terlindung dari cuaca dan polusi debu berkat kelenjar minyak yang selalu menjaga kelembapan Sayangnya, bibir nggak memiliki kelenjar minyak. Jadi, jangan heran kalau bibirmu mudah kering, apalagi ketika kamu berkeringat.

Di sinilah lip balm dapat membantu dirimu. Lip balm dapat berperan sebagai lapisan tambahan yang menjaga kelembapan bibir, sama seperti minyak alami kulit. Bibir yang selalu lembab lebih sulit terkikis kulitnya, sehingga nggak mudah pecah.

2. Buat bibirmu tambah memikat
bibir-memikat

Biasanya, bibir merupakan fiitur wajah yang paling mudha mendapatkan perhatian.  Jika kulit wajah dan matamu dalam kondisi yang bagus, bibir akan semakin stand out. Detil dan kondisinya pun akan semakin kasat mata.

Menggunakan lip balm akan membuat bibir kamu lebih ‘juicy’. Apalagi ketika baru dikenakan tidak lama. Efek cahaya yang terpantul karena baru dipakakan lip balmakan membuat tampilan bibirmu lebih mengkilap.

3. Melindungi bibirmu dari cuaca ekstrim
melindungi-bibir

Salah satu bagian kulit paling tipis terdapat pada permukaan bibir. Bahkan, warna kemerahan pada bibir itu sebenarnya berasal dari pembuluh darah yang berada amat dekat dengan permukaan kulit.

Hasilnya, bibir juga merupakan bagian tubuh yang amat sensitif dengan perubahan cuaca. Terlalu panas ataupun dingin dan bibirmu sudah pecah-pecah serta terluka.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan lip balm ketika hari tengah terik ataupun dingin karena hujan. Lapisan ekstra dari lip balm dapat membawa dampak luar biasa untuk perlindungan kulit.

 4. Menjaga bibirmu dari sinar UV
menjaga-bibir

Sudah tahu kan seberapa halus dan peka bibirmu? Bayangkan bila organ sensitif ini harus bertemu dengan sinar UV yang cukup ekstrim dapat merusak lapisan-lapisannya. Bibirmu bisa menjadi lebih sensitif terhadap luka atau kondisi kering.

Namun, untungnya sudah banyak lip balm yang mengandung perlindungan SPF yang cukup untuk bibir. Dengan demikian, kamu nggak perlu mencemaskan kesehatan bibirmu ketika keluar di siang yang terik.

 5. Mengamankan bibir dari kebiasaan burukmu
mengamankan-bibir

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan bibir adalah menjilat (atau menggigit-gigit). Apalagi ketika bibir sedang kering atau kulitnya mengelupas. Apakah kebiasaan ini membantu kesehatan bibirmu atau malah merusak?

Cairan liur pada mulut memang amat berguna ketika kamu mengunyah makanan. Hal ini dikarenakan oleh sifatnya yang memecah gula pada makanan.

Namun, cairan ini juga sedikit asam, sehingga. kurang menguntungkan ketika ada di bibir. Bukannya melembapkan, cairan saliva malah membuat bibir makin kering.

Penggunaan lip balm dapat membantu kamu menghindari kebiasaan ini. Memang, lip balm itu nggak berbahaya bila tertelan. Namun, secara psikologis kamu akan menghindari kebiasaan ini karena takut menjilat lip balm.


BACA JUGA Ladies, Pamerkan Kecantikanmu dengan 5 Warna Lipstik Trendy Ini!


6. Menghindarkan bibirmu dari infeksi
infeksi

Sudah pengetahuan umum di antara dokter kalau ada 20-100 miliar bakteri di dalam mulut manusia. Nggak mau kan kalau bibirmu sampai terinfeksi oleh salah satu dari miliaran bakteri tersebut?

Maka dari itu, jangan sampai bibirmu pecah-pecah. Apalagi pecah sampai luka! Setelah sikat gigi atau selesai mencuci mulut, langsung kenakan lip balm! Lindungi kulit bibir kamu sepanjang masa!

 7. Membuat bibirmu makin menarik dengan aroma memikat
pexels-photo-58020Selain alasan-alasan yang berkaitan dengan kesehatan dan estetika, ada juga alasan yang berkaitan dengan aroma. Tergantung warna dan aroma, lip balm dapat memperkuat karakter dan gaya kamu.

Aroma yang ada pada lip balm dapat memberikan berbagai kesan dalam pembawaan dirimu. Ingin memberikan kesan hangat? Lip balm dengan aroma kokoa dapat membantumu. Ingin kesan sensual? Kenapa nggak coba lip balm yang memiliki pikatan aroma strawberry?

Apalagi ketika si doi lagi mendekat, jangan sampai lupa pakai lip balm!

Bagaimana, apa kamu siap untuk tampil dengan bibir yang sehat dan memikat? Untuk melindungi bibir manismu, harus ingat setiap saat ya!

Buat kamu yang suka kelupaan atau malas mengoleskan lip balm terus menerus, kamu bisa mencoba menggunakan Maybeline Electro Lip Balm yang tahan sampai 8 jam!

Atau kamu butuh sesuatu yang lebih seksi dan romantis?? Cek dulu Rosy Lips aroma mawar dari Vaseline! Di Blibli, segala macam lip balm tersedia untuk berbagai keperluanmu.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY