me

Manfaat Putih Telur untuk Wajah

Sep 13, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang dipercaya juga bermanfaat untuk kulit wajah. Apalagi, bagian putih telurnya ini bisa kamu jadikan masker alami untuk menutrisi wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Nah, kalau kamu ingin mencobanya, yuk ketahui dulu penjelasan tentang manfaat putih telur untuk wajah berikut ini.

Baca juga: Manfaat Putih Telur untuk Wajah 


Sekilas Telur dan Manfaatnya

Telur yang kaya akan protein hewani sangat bagus dikonsumsi untuk memberikan energi yang optimal pada tubuh. Sehingga wajar saja jika putih telur ini kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker wajah. Nggak hanya cocok untuk jenis kulit normal, putih telur ini pun bisa dipakai buat kamu yang memiliki kulit kering atau berminyak.

Dengan kandungan protein di dalamnya, putih telur dipercaya bisa mengencangkan kulit wajah dan menyerap minyak yang berlebih. Selain itu, telur juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang bagus untuk memelihara penampilan kulit agar nampak cerah berseri. 


Manfaat Putih Telur untuk Wajah

Masker putih telur cocok kamu jadikan alternatif perawatan wajah di rumah dengan berbagai khasiatnya yang bagus untuk kulit wajah. Biar nggak penasaran, Blibli Friends bisa simak manfaat putih telur untuk wajah berikut.

  • Menghilangkan Komedo Putih

Komedo putih adalah salah satu permasalahan kulit yang bisa mengganggu rasa percaya diri. Telur putih ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo putih atau whitehead yang biasanya terbentuk karena pori-pori tersumbat atau masih ada sisa riasan di wajah. Kamu bisa membasminya dengan memakai masker putih telur dicampur perasan jeruk nipis.

  • Mengurangi Minyak Berlebih

Nah, siapa nih yang punya tipe kulit wajah cenderung berminyak? Sekarang kamu nggak perlu gundah karena masker putih telur sangat efektif membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Ini lantaran putih telur mengandung protein albumin yang bisa melancarkan aliran darah, sehingga kulit pun terasa lebih kenyal dan bebas minyak.

  • Mengurangi Kerutan

Kandungan vitamin A yang dimiliki putih telur sangat ampuh untuk mengurangi kerutan di wajah dan menyamarkan garis halus. Kandungannya ini juga bisa mencegah timbulnya kerutan dan menangkal radiasi sinar UV. 

Meski begitu, kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena belum ada penelitian lanjutan tentang keampuhan putih telur mengatasi keriput secara permanen.

  • Mencegah Jerawat

Kulit wajah yang cenderung berjerawat umumnya disebabkan karena kandungan minyak di dalam permukaan wajah terlalu menumpuk. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan putih telur yang diperkaya enzim lysosome ini untuk membunuh kuman penyebab jerawat. Kamu bisa mencampurkan putih telur dengan tea tree oil untuk ditotolkan ke wajah yang berjerawat.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang membandel biasanya sulit bisa terangkat semua saat wajah dibersihkan hanya dengan cara biasa. Sehingga kamu perlu memaksimalkannya menggunakan masker putih telur. Banyak orang yang percaya kalau kamu rajin memakai masker ini, maka wajah pun akan terlihat lebih sehat dan cerah alami.

  • Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat lainnya dari putih telur yakni bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah berkat kandungan zat astringent yang dibawanya. Caranya kamu bisa menggunakan masker putih telur di area t-zone, lalu biarkan selama beberapa menit. Nah, supaya kotoran di pori-pori bisa bersih maksimal, kamu juga bisa menambahkan yogurt yang kaya akan asam laktat.

  • Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat putih telur untuk wajah sangat membantu untuk mengatasi kulit kering dan menghidrasi wajah. Tingginya kandungan protein dan vitamin A pada putih telur bisa membuat kulit terasa lebih lembab. 

Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur ke wajah hingga leher, lalu bilas dan keringkan dengan air hangat setelah 30 menit pemakaian.

  • Menghilangkan Bintik Hitam

Kalau kamu sering terpapar sinar matahari, biasanya akan muncul bintik hitam atau freckles di wajah. Tenang aja, kamu bisa menyingkirkan bintik hitam ini dengan cara mengusapkan putih telur ke wajah, terutama di bagian frakless tadi. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka pori-pori wajah akan mengecil dan bintik hitam pun hancur dengan sendirinya.

  • Menghilangkan Mata Panda

Buat yang suka begadang sampai tengah malam pasti biasanya akan muncul lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata. Nah, rupanya ini bisa kamu atasi dengan memanfaatkan putih telur sebagai eye mask

Caranya pun cukup mudah, tinggal campurkan saja putih telur dengan parutan wortel dan lidah buaya. Lalu oleskan di sekitar area mata sampai kering dan bilas dengan air bersih.

  • Mengencangkan Kulit Wajah

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan tadi, putih telur nyatanya juga bisa membantu mengencangkan kulit wajah yang mengendur. Namun, biasanya ini hanya berlangsung sekitar beberapa jam saja setelah masker dibilas. Jadi, untuk mendapatkan hasil maksimal kamu harus rutin menggunakan masker putih telur ya.


Cara Mengaplikasikan Putih Telur ke Wajah

Nah, kalau kamu tertarik mencobanya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaplikasikan putih telur ke wajah. Berikut cara membuat masker putih telur sesuai tipe kulit wajah.

  • Untuk Kulit Wajah Kering

Jika kulit kamu termasuk tipe yang kering, maka bisa menggunakan masker putih telur yang dicampur dengan madu. Sehingga, selain melembabkan, kulit pun akan terbebas dari infeksi bakteri penyebab jerawat.

Caranya, kamu bisa ambil telur dan pisahkan putihnya dari kuning telur. Lalu, campurkan satu sendok teh madu ke dalamnya dan kocok-kocok sekitar 30 detik. Selesai, tinggal oleskan saja ke wajah dan bilas dengan air bersih setelah 15 menit.

  • Untuk Kulit Wajah Berminyak

Buat pemilik kulit berminyak akan sangat rentan timbul jerawat dan wajah pun terlihat kusam. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan campuran putih telur dan perasan air lemon untuk membuat masker alami.

Pertama-tama, kamu bisa ambil putih telurnya dan tambahkan perasan jeruk lemon ke dalamnya. Kocok hingga merata dan masker pun siap dioleskan ke wajah. Biarkan sekitar 10 menit dan kemudian bilas sampai bersih. 

  • Untuk Kulit Wajah Kombinasi

Kulit wajah kombinasi ditandai dengan munculnya minyak di bagian t-zone (hidung dan dahi), sedangkan bagian pipinya tampak kering. Kamu bisa melakukan perawatan ini dengan mengoleskan putih telur, air jeruk, dan madu.

Seperti cara sebelumnya, kamu cukup memisahkan putih telur dari kuningnya pada sebuah mangkuk. Lalu campurkan semua bahan tadi dan oleskan di wajah menggunakan kuas. Tunggu sekitar 15 menit untuk kemudian dibilas dengan air bersih

  • Untuk Kulit Wajah Normal

Untuk kulit wajah normal, cara pengaplikasian putih telur ini sangat sederhana dibandingkan tipe kulit lainnya. Kamu cukup oleskan saja putih telur langsung ke wajah tanpa ditambahkan dengan bahan lainnya.

Tunggu sampai mengering sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk bersih. Cara ini bisa kamu praktikkan sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Baca juga: Merk Masker Wajah yang Bagus untuk Mencerahkan, Yuk Cek! 

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat putih telur untuk wajah? Nah, kalau kamu mau beli telur segar untuk mengaplikasikannya ke wajah, yuk belinya di Blibli aja. Belanja telur di sini nggak usah khawatir soal kualitas produknya karena telur dikemas dalam wadah freshbox yang aman diantar sampai tujuan. Yuk tunggu apalagi, di Blibli ada banyak diskon yang menunggumu, lho!

Tag: