me

Manfaat Menggunakan Mesin Cuci untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Nov 14, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: pexels.com

Di zaman dahulu, orang-orang terbiasa mencuci dengan menggunakan tangan. Tapi, Blibli Friends bisa bayangkan kalau bajunya ada banyak, pasti merepotkan banget mencucinya. Makanya, seiring berkembangnya teknologi, hadirlah mesin cuci untuk memudahkan mencuci baju. Nah, manfaat menggunakan mesin cuci ada banyak banget, lho. 

Tentunya, manfaat utama alat elektronik ini yaitu membantu meringankan pekerjaanmu. Lalu, masih banyak manfaatnya yang sering nggak kita sadari. Makanya, kalau kamu masih belum ada mesin cuci di rumah, nggak perlu ragu untuk membelinya. Sebab, mesin cuci bisa menjadi investasi jangka panjang juga. Kamu pun sangat terbantu karenanya. Yuk, simak manfaat mesin cuci yang benar-benar bakal menyelamatkan hidupmu.

_________________________

Baca juga: Rekomendasi Mesin Cuci Hemat Listrik, Wajib Punya Nih

Manfaat Menggunakan Mesin Cuci

Nggak berlebihan kalau kita bilang mesin cuci itu penting manfaatnya dalam kehidupan. Bayangkan kalau baju seragam kantormu kehujanan hari ini dan besok harus dipakai lagi. Hanya mesin cuci yang bisa membantu menyelesaikan masalahmu, karena alat ini memiliki teknologi pengering baju. Bajumu bisa kering dalam semalam. Selain itu, masih ada lagi manfaat mesin cuci tapi kita sering nggak menyadarinya. Berikut manfaat menggunakan mesin cuci di rumah:

Menghemat Waktu

image source: pexels.com

Ada banyak banget kegiatan yang harus kamu lakukan setiap hari. Apalagi, jika kamu disibukkan dengan aktivitas seperti bekerja di kantor, atau kuliah maupun sekolah. Bahkan, ibu rumah tangga yang sepertinya stay at home juga nggak ada habisnya melakukan aktivitas. Belum lagi, jika ada anak-anak di rumah yang masih kecil. Tentunya, dengan semakin banyaknya orang di rumah, baju kotor juga makin menumpuk.

Maka dari itu, mesin cuci hadir sebagai sebuah evolusi yang siap membantu kamu. Mesin cuci adalah solusi buat kamu yang tadinya terbiasa mencuci dengan tangan. Kalau ada mesin cuci, kamu tinggal memasukkan semua baju ke dalam mesinnya. Kemudian, biarkan mesin cuci bekerja dan kamu bisa meninggalkan cucian untuk melakukan hal-hal lainnya.

Kamu benar-benar bisa menyelesaikan pekerjaan lain. Baru, setelah beberapa menit berlalu, sesuai timer yang sudah kamu pasang, kamu bisa balik ke mesin cuci dan mengeluarkan bajumu yang sudah dicuci bersih. Kamu tinggal menjemurnya saja lalu menunggunya sampai kering. Bahkan, bajunya lebih cepat kering karena ada teknologi pengering di mesin cuci. Hemat waktu banget pokoknya.

Menghemat Tenaga

image source: pexels.com

Bukan cuma menghemat waktumu, tapi mencuci dengan mesin cuci juga lebih hemat tenaga. Kamu yang pernah mencuci baju dengan tangan pasti merasa kalau itu capek banget. Apalagi, mencuci baju dalam jumlah banyak, atau nyuci pakaian yang besar dan tebal seperti jaket dan celana jeans. Kamu nggak akan lagi mengalaminya jika kamu menggunakan mesin cuci.

Kamu sama sekali nggak perlu memeras bajumu saat mencuci. Bahkan, jika bukan mencuci pakaian dalam, melainkan baju biasa, kamu biasanya nggak perlu menguceknya. Sudah ada teknologi pemutar di mesin cuci yang akan memutar semua baju kotormu dengan air. Ini sangat efektif karena dapat membersihkan pakaianmu dengan menyeluruh juga. Kamu nggak perlu melakukan banyak hal lagi.

Kemudian, yang nggak kalah menguntungkan yaitu tangan kamu nggak perlu bersentuhan dengan deterjen. nggak seperti ketika mencuci dengan tangan. Mau nggak mau, kamu pun harus mencelup-celupkan baju di air deterjen. Belum lagi mengucek baju-baju kamu tersebut. Lalu, masih harus memerasnya. Makanya kadang tangan jadi iritasi karena terkena deterjen. Ini takkan terjadi jika ada mesin cuci.

Hemat Energi Listrik

image source: pexels.com

Bagi kamu yang masih ragu untuk beli mesin cuci, kamu mungkin bertanya-tanya sendiri. Bagaimana dengan daya listriknya? Bukankah bakal makin boros kalau pakai mesin cuci? Jawabannya nggak. Sebab, mesin cuci modern dirancang dengan teknologi canggih yang membuatnya hemat energi. Jadi, konsumsi listrik yang digunakannya begitu rendah. Nggak akan bikin listrik kamu boros.

Maka dari itu, kamu jangan galau memikirkan soal konsumsi daya mesin cuci tersebut. Hampir semua mesin cuci sekarang ini dibekali dengan teknologi low energy. Di mana, daya listrik yang digunakan sedikit tapi tenaga yang dihasilkan besar. Artinya, meskipun membutuhkan sedikit daya, mesin cuci kamu tetap bekerja sebagaimana mestinya, dan juga berfungsi dengan sangat baik dan normal.

Kamu mungkin belum sadar kalau sebenarnya kamu memerlukan mesin cuci di rumah. Alih-alih capek karena tenagamu dipakai buat mencuci, serahkan kepada daya listrikmu sedikit saja, buat mengoperasikan mesin cucimu. Ya, kan? Kamu hanya perlu menambah biaya penggunaan sedikit daya listrik agar bisa mencuci bersih semua pakaianmu. Nggak capek, dan tentunya tetap hemat listrik.

Aman dari Anak-Anak

image source: pexels.com

Tenang saja. Buat kamu yang tinggal di rumah bersama anak-anak, mesin cuci tetap aman, kok. Memang anak-anak biasanya berlarian ke sana kemari kalau di rumah. Mereka suka banget bermain, berlari, memegang benda-benda. Mungkin ini, ya, yang menjadi kekhawatiran kamu.

Takutnya, anak-anak mungkin memencet-mencet tombol mesin cuci karena penasaran. Padahal, sedang ada baju yang dicuci di dalamnya. Tapi, mesin cuci modern sudah dilengkapi dengan teknologi seperti child lock. Ini adalah fitur yang melindungi mesin cuci dari jangkauan anak-anak.

Begitu fitur ini diaktifkan, maka nggak ada yang bisa menghentikan proses mencuci, sampai benar-benar selesai. Jadi, takkan ada insiden pencucian terhenti, karena tombol yang terpencet.

Mesin Cuci Mudah Diservis

image source: pexels.com

Nah, ini salah satu manfaat yang nggak disadari berguna banget sebenarnya. Jadi, mesin cuci adalah alat elektronik yang mudah diperbaiki. Kalau misalnya sewaktu-waktu mesin cuci kamu nggak berfungsi dengan benar, maka kamu cukup memanggil jasa layanan servis profesional saja.

Ada banyak banget layanan servis mesin cuci yang benar-benar profesional. Artinya, para teknisinya merupakan tenaga yang handal dan sudah terlatih. Bahkan, kalau kamu mau, kamu juga bisa cari yang sudah berpengalaman. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu di rumah saja.

Baru ketika teknisi mesin cuci datang, sampaikan apa saja kendalanya. Nanti, mesin cucimu akan diperbaiki di tempat. Terkadang ada yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat, lho.

Mesin Cuci Mudah Dioperasikan

image source: pexels.com

Seiring dengan perkembangan teknologi, semua hal jadi semakin mudah sekarang. Termasuk cara mengoperasikan mesin cuci. Cara menggunakan mesin cuci gampang banget. Siapapun bisa mengoperasikannya tanpa kesulitan. Apalagi, kalau sudah ada panduannya.

Orang-orang yang lebih tua pun bisa mengoperasikan mesin cuci dengan mudah. Ini tentu saja menjadi manfaat sekaligus kelebihan penting dari mesin cuci. Karena terkadang ada juga yang berpikir-pikir untuk beli mesin cuci, lantaran khawatir nggak bisa menggunakannya. 

Nah, tenang aja. Gampang banget buat mengoperasikan mesin cuci. Apalagi, buat kamu yang melek teknologi. Bakalan jauh lebih mudah, bahkan kemungkinan kamu langsung bisa menggunakannya.

_________________________

Baca juga: 5 Pilihan Mesin Cuci yang Bisa Kamu Andalkan di Musim Hujan

Itu dia berbagai manfaat menggunakan mesin cuci. Udah, pakai aja mesin cuci biar nggak capek nyuci baju. Kalau mau beli mesin cuci langsung saja ke Blibli, ya! Lagi banyak promo buat kamu. 

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel