me

Manfaat Meminum Susu Pada Anak Usia 1-3 Tahun

Oct 04, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Manfaat meminum susu pada anak  – Susu merupakan salah satu sumber nutrisi sekaligus sumber energi yang layak diberikan pada si kecil. Susu yang baik untuk dikonsumsi oleh si kecil dengan rentan usia 1 hingga 3 tahun adalah susu sapi. Melalui kemajuan teknologi saat ini banyak perusahaan yang memproduksi susu sapi kini hadir dengan berbagai resep susu formula dengan kaya nutrisi.

Komposisi kandungan nutrisi dalam susu sangat kompleks dan mengandung berbagai zat bergizi bagi si keci yang membantu proses tumbuh kebangnya. Saat anak berusia 1 hingga 3 tahun si kecil sudah diperbolehkan memperoleh asupan nutrisi tambahan selain ASI ibu, sehingga si kecil diperbolehkan untuk mengkonsumsi susu formula atau susu kemasan.

Namun demikian saat Blibli Friends membeli susu formula atau susu kemasan sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsa dan kandungan susunya. Pastika kandungan gula tidak terlalu tinggi dan tanggal kadaluarsa masih lama serta kemasan masih dalam keadaan baik.

Nah, agar Blibli Friend nggak bingung dalam memilih susu formula yang tepat maka sebaiknya BBF mengetahui manfaat penting susu bagi tumbuh kembang anak di usia 1 hingga 3 tahun.


Baca juga: Susu Promil yang Wajib Dicoba Para Calon Ibu 

Manfaat Meminum Susu untuk anak Usia 1 hingga 3 tahun

Mengkonsumsi susu secara rutin memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Lalu apa manfaat mengkonsumsi susu pada anak usia 1 hingga 3 tahun? Berikut adalah manfaat mengkonsumsi susu formula bagi anak usia 1 hingga 3 tahun.

1. Sebagai Sumber Energi

Seperti yang diketahui bahwasanya susu kaya akan nutrisi dan vitamin yang membuat tubuh menjadi kuat dan sehat. Sehingga seringkali ibu memberikan asupan nutrisi berupa susu sebagai sumber energi tambahan setelah mengkonsumsi makanan berat seperti nasi.

Dengan mengkonsumsi susu secara rutin maka si kecil dapat terlihat lebih aktif dalam menjalani hari-harinya. Karena si kecil memiliki sumber energi yang cukup dari susu yang telah diminumnya. Susu mengandung sumber energi yang berasal dari lemak protein hewani seperti sapi atau susu kambing.

Lemak protein hewani sangat baik bagi pertumbuhan si kecil agar tetap sehat dan ceria dalam menjalani hari-harinya. Oleh karena itu sangat disarankan Blibli Friend memberikan susu terbaik kepada sang buah hati agar kesehatannya terjaga dan selalu ceria menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Membantu Kebutuhan Cairan

Nutrisi yang bergizi selain bisa didapatkan dari makanan, nutrisi yang bergizi juga bisa si kecil dapatkan dari minuman susu yang steril dan memiliki kandungan gizi tinggi. Susu juga berguna untuk meminimalisir kekurangan cairan anak karena terdehidrasi. Hal ini karena susu lebih mengandung kalori dengan tingkat yang lebih tinggi daripada jus buah maupun air putih.

Oleh karena itu, untuk mengimbanginya dalam menjaga kesehatan si kecil maka Blibli Friends perlu membatasi si kecil dalam mengkonsumsi minuman susu. Seenggaknya si kecil masih boleh dan disarankan untuk mengkonsumsi minuman susu dari 250 hingga 500 ml perhari atau setara dengan 2 gelas perhari.

3. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Beberapa ahli kesehatan mengklaim bahwasanya susu merupakan sumber kalsium yang baik sehingga dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Kombinasi nutrisi seperti kalsium, kalium, protein dan vitamin lainnya dapat membantu menjaga proses perkembangan tulang dan gigi.

Tidak hanya itu kandungan nutrisi pada susu juga membantu menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat dan terjaga dari gigi yang berlubang. Namun demikian menjaga gigi agar tidak berlubang perlu didukung dengan  perawatan gigi dengan menggosok gigi dua kali sehari

4. Meningkatkan kecerdasan Otak

Beberapa susu formula dilengkapi dengan nutrisi berupa omega yang membantu proses tumbuh kembang anak terutama bagian otak yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak. Tidak hanya didukung dengan mengkonsumsi susu secara rutin mendukung tumbuh kembang anak agar memiliki kecerdasan yang mumpuni juga memerlukan pola makanan yang bergizi.

Susu diklaim oleh ahli kesehatan sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan si kecil. Hal ini karena susu mengandung vitamin dan mineral yang tinggi misalnya kandungan AA, DHA, Kolin, serta asam lemak yang membantu perkembangan otak.

Nah untuk membantu Blibli Friend menemukan susu yang berkualitas baik untuk sang buah hati, berikut adalah beberapa rekomendasi susu yang kaya akan nutrisi dan protein yang cocok dijadikan asupan bagi si kecil dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


Rekomendasi Susu untuk anak Usia 1 – 3 Tahun

1. SGM Eksplor

Rekomendasi susu yang pertama untuk mendukung tumbuh kembang si kecil adalah SGM Eksplor. Blibli Friends pastinya tidak asing dengan susu formula ini karena mengandung banyak nutrisi dan zat bergizi lainnya. Mengkonsumsi susu SGM secara rutin dapat meningkatkan sistem kerja otak sehingga anak bisa menjadi lebih cerdas.

Bagaimana tidak susu formula ini diformulasikan untuk mendukung si kecil untuk bisa memiliki potensi prestasi anak generasi maju misalnya seperti berpikir dengan cepat, gigih, percaya diri dan lain sebagainya.

Selain itu SGM Explore juga didukung dengan nutrisi yang tinggi seperti kombinasi zat besi dan Vitamin C untuk mendukung penyerapan nutrisi si kecil dengan maksimal. Tidak hanya itu susu ini juga mengandung Omega 3 dan 6 serta tinggi akan protein dan zinc.

2. S-26 Procal

Rekomendasi susu formula yang layak untuk kau coba berikan pada si kecil adalah susu S-26 Procal. Susu ini merupakan susu yang kaya akan nutrisi salah satunya adalah DHA dan AA yang sangat bagus untuk perkembangan otak si kecil.

Tidak hanya itu kandungan kalsium dan kalium pada susu ini juga sangat bagus untuk kebutuhan mineral si kecil sehingga dapat membantu meningkatkan daya tubuhnya. Apalagi susu ini juga dilengkapi dengan kandungan zat besi dan zinc yang sangat penting untuk pertumbuhan anak agar bisa tumbuh secara optimal.


Baca juga: Rekomendasi Susu Penambah Tinggi Badan untuk Anak

Nah, kira-kira susu anak usia 1 – 3 tahun mana yang akan Blibli Friends pilih untuk diberikan pada si kecil? Pastikan kamu sudah mengetahui kandungan pada susu formula yang kamu pilih. Pastikan juga memantau bagaimana reaksi si kecil ketika diberikan susu formula tersebut.Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti alergi sebaiknya segera konsultasikan kepada ahlinya sesegera mungkin.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan referensi bubur instan berkualitas kamu bisa mencarinya di Blibli.  Di Blibli menyediakan berbagai merk bubur instan dengan kualitas terbaik untuk si kecil. Selain itu produk di Blibli berkualitas dan ada banyak promo dan diskon yang bisa kamu dapatkan di Blibli.