Manfaat Magang bagi Mahasiswa, Kamu Wajib Tahu

Via Freepik

Buat kamu yang sudah mulai masuk masa kuliah akhir pasti sering dengar kata “magang”. Magang atau praktek kerja biasanya jadi persyaratan wajib buat kelulusan mahasiswa. Selama magang, biasanya kamu bakal ditempatkan di instansi perusahaan atau badan pelayanan masyarakat yang sesuai dengan jurusanmu. Intinya, selama magang Blibli Friends jadi bisa mempraktekkan apa yang sudah dipelajari selama masa kuliah. Yuk, simak manfaat magang bagi mahasiswa berikut ini.

Baca Juga: 3 Tips Ngerintis Karir Jadi Content Creator Sukses

———————

  1. Mempraktekkan Apa yang Sudah Dipelajari Selama Ini

Selama kuliah, Blibli Friends pasti belajar tentang banyak hal. Nah, saat magang ini jadi kesempatan buat mempraktekkan materi yang selama ini kamu pelajari. Misalnya, kamu ditugaskan magang di kantor organisasi kemasyarakatan atau perusahaan sesuai jurusan. Atau, kamu yang belajar jadi guru ditempatkan di sekolah-sekolah pedalaman buat mengajari anak-anak desa. Intinya, magang bisa jadi wadah buat kamu mengabdi pada masyarakat.

  1. Bergaul dengan Masyarakat Luas

Selama kuliah, lingkup pergaulanmu pastinya itu-itu saja, kan? Nah, selama magang ini kamu jadi lebih bisa memperluas pergaulan. Kamu nggak cuma berinteraksi dengan teman kelompok magangmu saja. Tapi, juga dengan tokoh-tokoh masyarakat di tempatmu magang.

Buat kamu yang magang di perusahaan juga akan belajar caranya bergaul dan sosialisasi dengan rekan kerja dan atasan. Yang jelas, ada batas profesionalisme yang harus kamu hormati. Dan itu nggak akan bisa kamu dapatkan selama kuliah. Jadi, seru banget kan?

  1. Eksplorasi Berbagai Bidang Pekerjaan

Kebingungan memilih pekerjaan yang cocok sering jadi penghalang buat mahasiswa yang baru lulus. Nah, salah satu manfaat magang bagi mahasiswa adalah kamu jadi bisa eksplorasi bidang pekerjaan yang kamu mau. Misalnya, kamu masuk ke jurusan Ekonomi Akuntansi.

Nah, selama magang kamu bisa coba seperti apa sih rasanya jadi seorang admin atau akuntan di perusahaan atau bank? Dari situ, kamu bisa tahu deh kecocokan dengan bidang pekerjaan yang selama ini kamu inginkan. Nantinya, kamu jadi bisa lebih mantap saat menentukan karir setelah lulus.

  1. Jadi Lebih Ahli Baca Karakter Orang Lain

Keuntungan magang lainnya adalah Blibli Friends jadi lebih peka dan bisa baca karakter orang lain. Saat kamu magang di kantor atau lembaga masyarakat, kamu bakal bertemu dengan banyak orang. Nggak cuma usianya saja yang berbeda-beda, tapi cara berkomunikasi dan karakter tiap orang itu juga berbeda.

Nah, kemampuanmu dalam membaca karakter orang benar-benar diasah selama magang. Kamu jadi belajar buat mengomunikasikan hal-hal penting secara baik dan efektif. Sehingga, resiko terjadinya kesalahpahaman juga bisa dihindari. Ilmu ini pastinya bakal berguna banget saat kamu benar-benar terjun ke dalam dunia kerja nanti.

  1. Belajar Hidup dengan Perbedaan

Saat kuliah, kamu bisa jadi memang sudah punya lingkar pertemanan yang majemuk. Tapi, kemajemukan di kampus ternyata cuma 1 persen kalau dibandingkan dengan lingkungan kantor. Di kantor, kamu akan menemukan karakter dan latar belakang orang yang beda-beda.

Mulai dari rekan sejawat yang seusia hingga rekan senior yang usianya sudah setara dengan ayah atau ibumu. Cara mereka menyikapi masalah atau menyampaikan ide juga pasti lebih beragam. Biarpun berbeda-beda,tapi setiap orang yang ada di dalam kantor atau lembaga masyarakat itu punya visi dan misi yang sama.

Selama magang, kamu jadi bisa belajar gimana caranya supaya bisa hidup berdampingan dengan semua perbedaan itu. Selain itu, kamu juga jadi dapat pengetahuan lebih tentang gimana caranya jadikan perbedaan itu sebagai kekuatan buat mencapai tujuan bersama.

  1. Mengenali Politik Kantor Lebih Dini

Mau nggak mau, suka nggak suka, politik kantor itu pastilah ada. Walaupun namanya politik kantor, tapi saat kamu magang di lembaga masyarakat pastinya juga akan berhadapan dengan masalah satu ini. Walaupun nggak mengenakkan, politik kantor memang nggak bisa dihindari. Untungnya, selama magang kamu bisa belajar cara terbaik supaya bisa mengenali politik kantor dan nggak terseret di dalamnya.

Sebagai mahasiswa magang, biasanya kamu jadi sasaran empuk buat ikut terseret ke dalam pusaran drama antara karyawan. Nah, saat itu terjadi, pilihlah tindakan yang paling bijaksana. Yaitu, hindari kepo dan cukup fokus saja pada pekerjaanmu.

  1. Memperluas Lingkup Pergaulan di Dalam Dunia Profesional

Magang juga bisa jadi sarana buat kamu memperluas lingkup pergaulan profesional, lho. Lingkup pertemanan profesional pastinya beda dong dengan pergaulan teman-teman kongkow. Lingkaran pertemanan profesional bisa bantu kamu buat mengembangkan potensi karirmu. Kamu bisa belajar banyak hal seputar pekerjaan impianmu dari teman-teman barumu ini. Siapa sih yang nggak ingin dapat mentor gratis?

Nggak cuma itu, lingkup pertemanan ini juga menawarkan lebih banyak peluang. Mereka bisa bantu kasih rekomendasi sehingga membuatmu lebih gampang dapat pekerjaan saat lulus nanti. Buat kamu yang berencana buat buka bisnis, teman-temanmu ini bisa jadi partner bisnis. Siapa tahu, kamu juga bisa ketemu jodohmu lewat lingkup pertemanan ini. Who knows, iya kan?

  1. Dapat Penghasilan Tambahan

Memang, nggak semua kantor, perusahaan, atau lembaga masyarakat yang tawarkan uang saku tambahan buat para mahasiswa magang. Kalau kamu ingin dapat uang tambahan buat jajan selama magang, faktor satu ini bisa dijadikan pertimbangan. Lumayan banget, kan? Kamu nggak cuma dapat pengetahuan baru yang berguna buat masa depan karirmu.

Blibli Friends juga bisa dapat uang saku. Tapi, jangan bayangkan uang saku dari hasil magangmu bakal setara dengan karyawan tetap, ya. Biasanya, mahasiswa magang dapat uang saku sekitar seperempat atau setengah dari gaji karyawan tetap. Itu semua tergantung dari kebijakan dari perusahaan, ya.

  1. Kualitas Dirimu Juga Jadi Bertambah

Magang nggak cuma jadi sarana buat mengembangkan ilmu yang sudah kamu dapat. Blibli Friends juga bisa mengembangkan kualitas diri, lho. Ya, selama magang kamu bakal harus berinteraksi dengan orang-orang yang punya karakter berbeda. Nah, kualitas di dalam dirimu pun jadi tertempa berkat itu.

Misalnya, buat kamu yang semula pemalu dan kurang bisa komunikasi, jadi lebih terbiasa berbicara dengan orang asing sekarang. Atau, kamu yang semula keras kepala jadi belajar buat lebih terbuka buat bernegosiasi dan terima masukan. Yang jelas, kualitas dirimu itu bakal bantu kamu banget dalam menempuh jenjang karir.

  1. Buat Tambah Pengalaman Kerja

Kamu ingin dapat pekerjaan dengan gaji yang lumayan? Blibli Friends wajib banget follow up dengan memperbanyak pengalaman. Nah, pengalaman kerja ini jadi bagian paling tricky buat para mahasiswa yang baru lulus.

Baru lulus kuliah kok sudah ditanya soal pengalaman kerja, iya kan? Nah, di situlah fungsi dari magang. Kamu bisa cantumkan pengalamanmu selama magang ke dalam resume. Tapi, pastikan bidang pekerjaan yang ingin kamu lamar dan pengalaman magangmu nyambung, ya!

Baca Juga: Cara Hemat Bikin Kantor Nyaman di Rumah Sendiri

———————

Nah, itu deh 10 manfaat magang bagi mahasiswa sepertimu. Supaya Blibli Friends lebih prepared buat menyambut masa magang, ada banyak kursus bagus banget nih seperti kursus bahasa Inggis , kursus usaha, dan kursus data science. Dengan ikut kursus ini, kamu bisa tambah skill sebagai bekal saat kamu magang nanti. Dapatkan voucher kursus magang dari Blibli, yuk. Harganya terjangkau banget, lho.

Kursus Magang Bermanfaat Bisa Kamu Dapatkan di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY