Moms, Ini 6 Manfaat Kinetic Sand yang Sedang Booming!

kinetic sand

Mainan adalah sarana pertama bagi si kecil untuk mempelajari berbagai hal baru. Karena itu, moms harus pintar-pintar dalam memilih mainan yang tepat untuk melatih kognitif dan sistem sensorinya. Jika saat ini moms bingung harus memberi si kecil mainan apa, lebih baik moms berikan saja ia kinetic sand, si pasir ajaib.

Mainan yang satu ini memang sedang booming di kalangan anak-anak karena tekstur uniknya yang seperti pasir pantai. Akan tetapi, di balik keunikan tersebut, kinetic sand memiliki banyak manfaat lho untuk tumbuh kembang si kecil! Apa aja ya? Yuk, langsung simak!

DAPATKAN MAGIC SANDS DARI MORINAGA KIDS DI SINI

1. Melatih motorik halus si kecil

kinetic sand
Via – toddler approved

Kinetic sand memang diciptakan untuk dimainkan si kecil dengan tangannya yang mungil! Baik diremas, ditekan atau dibentuk sesuka hati dengan tangan maupun cetakan, semua hal yang bisa dilakukan pada kinetic sand akan selalu membutuhkan gerakan jemarinya. Tak heran bila motorik halusnya terlatih setiap kali ia memainkan pasir ajaib ini.

Untuk mendukung si kecil melatih tangannya, moms bisa mengajaknya untuk menekan-nekan dan juga mencubit pasir ini dengan setiap jarinya. Selain itu, moms juga bisa memberinya berbagai cetakan untuk ia tekan-tekan pada pasir. Proses menekan cetakan ini juga dapat membantu melatih otot jarinya, lho moms!

BELI CETAKAN PASIR UNTUK SI KECIL DI SINI

2. Memberi sensasi baru pada alat sensori si kecil

kinetic sand
Via – OT Mama

Berbeda dengan mainan lilin yang halus ataupun adonan kue yang basah dan lengket, kinetic sand memiliki tekstur seperti butiran pasir pantai basah yang mudah dibentuk. Uniknya, pasir ajaib ini sama sekali kering dan nggak akan lengket pada tangan si kecil.

Dengan tekstur uniknya, si kecil akan mendapatkan sensasi baru pada indra perabanya dan bisa memuaskan tangannya yang selalu ingin menyentuh barang. Si kecil yang sering merasa jijik pada adonan basah pun juga nggak akan keberatan memainkan pasir basah yang kering ini. Pokoknya, nggak akan ada yang rewel deh saat diberikan kinetic sand.

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN MAGIC SAND

3. Melatih si kecil untuk berpikir kreatif

kinetic sand
Via – Little Fish

Baik dibentuk dengan tangan ataupun cetakan, kinetic sand tidak memiliki batasan untuk dikreasikan!

Dengan pasir ini, si kecil dapat membuat apapun yang ada dalam imajinasinya. Mau membuat istana pasir? Bisa banget. Membuat bentuk dinosaurus favoritnya? Atau menjadikan pasir sebagai tempat menjelajah mainan LEGO-nya? Nggak ada yang nggak mungkin!

Untuk menstimulasi kreativitas si kecil, tanyakan pula apa yang ingin si kecil buat kali ini. Pertanyaan itu pun akan membuat si kecil mulai memikirkan berbagai ide dan juga cara untuk mengeksekusi idenya itu.

KOLEKSI LEGO UNTUK MENEMANI SI KECIL BERMAIN MAGIC SAND ADA DI SINI

4. Membantu si kecil fokus dan tenang

kinetic sand
Via – Learn with Play at Home

Layaknya saat bermain pasir di pantai membuat hati menjadi senang dan tenang, kinetic sand juga memberikan efek yang sama pada si kecil maupun moms.

Menurut para ahli terapis, hal ini disebabkan karena tekstur halusnya yang dapat jatuh dari tangan secara perlahan dan artistik.

Selain itu, sensasi yang diberikan saat si kecil meremas kinetic sand juga dapat membantunya fokus dan siap untuk menghadapi berbagai hal. Karena manfaatnya ini, kinetic sand sering juga lho digunakan untuk terapis.

DUKUNG SI KECIL AGAR LEBIH FOKUS DENGAN MAGIC SAND INI

5. Dapat digunakan sebagai sarana belajar

kinetic sand
Via – Learn with Play at Home

Karena kinetic sand dapat dibentuk menjadi hal apapun yang diinginkan, moms dapat memanfaatkan pasir ini untuk mengajari si kecil berbagai hal!

Misalnya, moms bisa menjadikan pasir ini sebagai tempat untuk si kecil belajar menulis pertama kalinya. Teksturnya yang lembut akan sangat memudahkannya untuk belajar menggerakkan tangan dibanding saat menulis di kertas.

Nggak hanya itu, moms juga bisa membentuk pasir ini ke dalam bentuk huruf dan angka untuk memberi stimulus yang berbeda dalam pelajaran alfabet si kecil.

kinetic sand
Via – Learn with Play at Home

Selain belajar menulis, moms juga bisa menggunakan pasir ini sebagai alat peraga untuk mengenalkannya pada berbagai hal.

Misalnya moms bisa membentuk goa, gunung, rumah, buah dan juga berbagai macam binatang. Tentunya hal ini dapat moms lakukan dengan mudah menggunakan cetakan mainan pasir.

BELI CETAKAN ALFABET UNTUK MENEMANI SI KECIL BELAJAR DI SINI

6. Melatih kemampuan si kecil dalam berbicara dan proses sosialisasi

kinetic sand
Via – Kimland

Pasir ajaib ini memang nggak akan berbicara padanya secara langsung. Akan tetapi, saat si kecil memainkan pasir ini bersama moms ataupun temannya yang lain, tanpa sadar ia akan bisa memulai pembicaraan.

Entah menceritakan apa yang dibuatnya ataupun menanyakan apa yang sedang dibentuk oleh yang lain. Dengan adanya interaksi ini, kemampuan si kecil dalam berbicara akan turut terlatih.

Selain kemampuan berbicara, si kecil pun bisa mulai belajar bekerja sama untuk membuat berbagai bentuk bersama moms dan teman-temannya. Ia juga bisa melihat betapa kreatifnya orang lain sehingga ia pun terpacu untuk bisa berpikir lebih kreatif lagi.

AYO DUKUNG SI KECIL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KOMUNIKASINYA DENGAN MAGIC SAND INI MOMS!

Bonus: Mudah dibereskan dan aman untuk si kecil

kinetic sand
Via – Cool Stuff

Selain karena keenam manfaat di atas, ada alasan penting yang membuat moms sebaiknya memberi si kecil kinetic sand, yaitu keamanan dan kemudahannya untuk dibereskan. Kinetic sand terbuat dari bahan yang nggak mengandung racun sehingga aman untuk dimainkan oleh si kecil.

Yang penting, moms harus selalu menjaga kebersihannya agar pasir ini terhindar dari bakteri jahat. Pastikan moms dan si kecil selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain. Jangan lupa juga untuk selalu menyimpannya di dalam box container agar terhindar dari debu.

Selain aman, pasir ajaib ini juga sangatlah mudah untuk dibereskan. Kinetic sand tidak akan lengket di tangan dan hanya menempel pada pasir itu sendiri. Jadi, saat membereskannya, moms cukup membuat pasir itu menjadi bentuk bola atau balok dan tepukan saja pada pasir yang masih berceceran.

DAPATKAN MAINAN PRAKTIS INI DI SINI MOMS


Bagaimana moms? Mainan unik yang satu ini memiliki banyak manfaat bukan? Dengan semua manfaat yang dimilikinya, jangan heran bila Blibli Friends merekomendasikan pasir ajaib ini untuk si kecil. Top banget deh untuk mendukung tumbuh kembang si kecil!

Sekarang moms sudah tertarik bukan untuk memberi si kecil mainan ini? Kalau sudah, moms nggak perlu repot mencarinya karena saat ini susu Morinaga sedang ada promo di Blibli.com! Dengan membeli 2 susu Morinaga berukuran 800g, moms bisa mendapatkan magic sands untuk si kecil lho! Sekali dayung, nutrisi baik dan mainan seru bisa langsung didapat!

Yuk, moms cek #BlibliSekarang dan manfaatkan promonya! Manfaatkan juga layanan gratis ongkir dari #BlibliSekarang juga. Selamat bermain pasir moms!

DAPATKAN MAGIC SANDS DARI MORINAGA KIDS DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY