Manfaat Kayu Bajakah & Kandungannya Sebagai Penyembuh

Manfaat Kayu Bajakah
Sumber: sehatq.com

Manfaat kayu bajakah sudah sangat terkenal dalam dunia kesehatan. Secara umum, kayu bajakah digunakan orang-orang sebagai obat alami untuk menyembuhkan kanker. Adapun bagian dari tanaman ini yang digunakan adalah akar bajakah. Di dalamnya, ada banyak kandungan senyawa yang memiliki beragam khasiat yang sangat bagus untuk penyembuhan.

Kayu bajakah juga baik sekali untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, kamu bisa banget mengonsumsinya untuk mempercepat kesembuhan, sekaligus menjaga kondisi kesehatan kamu. Biar Blibli Friends makin paham tentang kebaikan kayu bajakah, yuk, kita simak ulasan selengkapnya!

BACA JUGA: Manfaat Moringa Si Daun Kelor untuk Kesehatan

_________________________

Kayu Bajakah

Pertama, kita bisa melihat asal usul kayu bajakah terlebih dahulu. Akar bajakah berasal dari Kalimantan Tengah. Di sana, tanaman ini tumbuh di tengah hutan. Pohon akar bajakah nggak bisa banyak terkena sinar matahari. Makanya, hidupnya di tengah hutan yang rimbun. Kalau mau menemukan tanaman akar bajakah, kita perlu memasuki kawasan tengah hutan yang bisa ditempuh selama 2 jam dari kota Palangkaraya. Nah, sekarang kita simak apa saja kandungan di dalam kayu bajakah.

  1. Saponin

Saponin adalah senyawa yang memiliki sifat antibakteri, mampu menurunkan kadar kolesterol, melawan sel kanker dan juga mencegah tumor. Saponin juga dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

  1. Alkaloid

Alkaloid merupakan senyawa yang memiliki khasiat untuk meredakan nyeri dan juga bisa membantu menghentikan pendarahan.

  1. Steroid

Steroid adalah senyawa yang terkandung dalam kayu bajakah, manfaatnya bisa mempercepat penyembuhan luka. Nggak hanya itu, steroid juga dapat membantu menjaga stamina tubuh kamu, lho.

  1. Terpenoid

Terpenoid punya segudang manfaat kesehatan. Senyawa ini berperan sebagai antiseptik dan antimikroba. Kemudian, terpenoid bisa mengatasi gangguan menstruasi. Terpenoid juga bisa mengurangi peradangan. Selain itu, terpenoid dapat menjadi obat malaria dan juga digunakan untuk pengobatan diabetes.

  1. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang manfaatnya sama pentingnya seperti terpenoid. Banyak banget manfaat flavonoid, di antaranya yaitu sebagai antioksidan, bisa mengobati alergi serta infeksi dan radang sendi, mampu memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, membantu memaksimalkan manfaat vitamin C di dalam tubuh, melindungi struktur sel, memiliki sifat antibiotik dan anti peradangan.

  1. Tanin

Tanin adalah senyawa yang memiliki fungsi sebagai antibakteri. Tanin juga bisa menjadi obat diare. Senyawa ini merupakan antioksidan juga, dan bisa menjadi anti datum atau penawar racun.

  1. Fenolik

Terakhir, ada fenolik yang memiliki sifat antioksidan. Nggak cuma itu, fenolik juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, senyawa ini berperan penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, dan juga mampu mencegah diabetes.

Didukung Hasil Penelitian

Berbagai kandungan yang ada di dalam kayu bajakah beserta manfaatnya tadi merupakan hasil penelitian Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler, dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM), Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jadi, kamu nggak perlu lagi meragukan khasiat dari kayu bajakah. Semua manfaat dan kebaikannya bahkan sudah terbukti secara ilmiah.

_________________________

BACA JUGA: Buah Kurma, Kudapan Khas Ramadan Dengan Banyak Manfaat Kesehatan

Hebat banget, kan, manfaat kayu bajakah untuk kesehatan. Cara mengonsumsinya yaitu akarnya dicuci bersih, kemudian direbus sampai airnya berubah warna jadi kecokelatan seperti teh. Lalu, air rebusannya tersebut bisa kamu minum. Idealnya, kamu bisa minum satu gelas air rebusan kayu bajakah setiap pagi sesudah makan.

Untuk mendapatkan tanaman obat ini, gampang banget caranya. Kamu tinggal kunjungi Blibli dan beli kayu bajakah di sini. Produknya asli dan juga terjangkau, lho. Belanja online di sini nyaman banget!

TEMUKAN PRODUK KAYU BAJAKAH YANG BERKHASIAT UNTUK KESEHATAN DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY