5 Cara Menyenangkan untuk Melatih Tanggung Jawab Si Kecil

Salah satu life skill yang perlu dikembangkan sejak dini adalah bertanggung jawab. Hal ini penting banget untuk dipupuk sedari ia kecil agar anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan menjalani proses kehidupan secara bijak.

Memupuk rasa tanggung jawab sejak dini, bukanlah hal yang mudah. Diperlukan cara-cara khusus sehingga mudah dipahami dan tertanam di dalam diri mereka, sesuai usianya. Lalu bagaimana sih cara tepat untuk melatih rasa tanggung jawab? Berikut ini beberapa cara yang dapat Moms terapkan.

1. Buat aturan di rumah

Photo by Pixabay

Ya, ini juga berguna untuk melatih disiplin sang anak. Coba deh, buat aturan-aturan sederhana di rumah yang harus dipatuhi oleh anak. Misalnya, minta si kecil untuk selalu meletakkan baju kotor pada tempatnya, rapikan mainan setelah menggunakan, atau biasakan untuk sikat gigi terlebih dahulu sebelum tidur. Nah dengan cara ini maka anak akan terbiasa bertanggung jawab terhadap aturan yang diberikan.

2. Libatkan sang anak dalam mengurus rumah tangga

Photo by Pixabay

Jangan ragu untuk melibatkan si kecil dalam mengurus rumah tangga. Beri ia tugas kecil dan sederhana seperti merapikan mainannya sendiri, membantu ibu memasak dan seiring bertambahnya usia meningkatkan tanggung jawabnya seperti mengajak sang anak untuk mengawasi adik di rumah.

Tapi, hal ini tentu harus di bawah pengawasan orangtua, ya. Dengan cara ini maka sang kakak akan merasa dihargai dan merasa bertanggung jawab sekaligus memupuk rasa sayang yang semakin besar pada adik.

CEK PILIHAN CETAKAN PUDING MENGGEMASKAN BERIKUT INI

3. Memelihara binatang

Photo by Pixabay

Memelihara binatang peliharaaan adalah cara yang baik untuk melatih tanggung jawab pada anak. Ajak si kecil untuk memberi makan secara rutin, mengajak main, memandikan, dan melakukan aktivitas lainnya agar hewan peliharaan tetap sehat terjaga. Dengan cara ini, maka akan memupuk tanggung jawab si kecil.

Ketika anak memelihara binatang, ia akan belajar nilai tanggung jawab dengan memahami bahwa ada konsekuensi yang harus ia terima jika lalai menunaikan tugasnya. Misalnya jika ia lupa memberikan memberinya makan, maka hewan peliharaannya itu bisa sakit.

CEK PILIHAN MAKANAN HEWAN DENGAN HARGA BERSAHABAT DI SINI

4. Gunakan permainan seru

Photo by Pixabay

Mainan yang tepat juga dapat memupuk rasa tanggung jawab pada anak, loh. Coba deh berikan mainan yang atraktif. Sekarang ada banyak, kok, mainan seru yang memiliki nilai positif. Misalnya saja mainan berbentuk binatang, Scruffy. Mainan ini memang dirancang layaknya hewan peliharaan sungguhan yang perlu ‘diselamatkan.’ Scruffy mengajarkan anak rasa tanggung jawab karena dapat dimandikan dan dirawat dengan cara yang menyenangkan.

Mainan yang seru dan menggemaskan ini berwujud hewan peliharaan favorit anak-anak, yaitu anjing, kucing dan kelinci. Uniknya, jenis hewan baru akan terungkap saat anak memandikannya dalam air hangat dan menggosoknya bulunya. Seru, ya!

Makin seru lagi karena Blibli.com memberikan penawaran paket spesial untuk pembelian Scruffy yaitu satu set perlengkapan hair dryer. Yuk, cek promonya di sini. 

KLIK DI SINI UNTUK BELI SCRUFFY DI BLIBLI.COM

5. Terapkan reward dan konsekuensi

Photo by Pixabay

Moms juga bisa melatih si kecil dengan menerapkan rewarddan konsekuensi. Ya, berikan apresiasi seperti hadiah kecil jika anak melakukan hal baik dan berikan konsekuensi ringan hanya sebagai pengingat jika ia melakukan sebuah kesalahan. Misalnya dengan melarang anak main game selama sehari.

Nah, dengan 5 cara di atas Moms bisa memupuk rasa tanggung jawab si kecil sejak dini dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY