Makanan yang Paling Enak Dimakan Bareng Sambal Bawang

Masyarakat Indonesia hampir semuanya menyukai makanan yang pedas. Untungnya, di Indonesia udah banyak banget ragam variasi sambal yang mudah dibuat sendiri di rumah, cocok untuk segala jenis lauk pauk, bahkan cuma disantap dengan nasi aja sudah cocok banget.

Salah satu sambal yang populer dikalangan masyarat Indonesia adalah sambal bawang. Ternyata perpaduan cabai dengan bawang adalah kombinasi yang pas di lidah orang-orang Indonesia. Beberapa jenis lauk pauk emang enak banget kalau dibarengin dengan sambal bawang.

Penyetan

Photo by Cookpad

Sudah gak asing lagi dengan istilah kata “penyetan”. Bener banget, biasanya masakan yang dijadikan penyetan adalah sesuatu yang digoreng. Ada ayam goreng penyet, tahu goreng penyet, terong goreng penyet, dan lain-lain. Sambal bawang yang telah dibuat akan ditaruh diatas lauk yang digepengkan atau ditumbuk. Disitulah istilah “penyet” muncul.

Lauk Bakar

Photo by Notepam

Kalau tadi ada lauk yang digoreng, lauk yang dibakar juga bisa menjadi andalan kamu untuk makan dengan sambal bawang. Ikan bakar juga memiliki sensasi yang unik jika dimakan dengan sambal bawang. Apalagi jika membakar ikan nya hingga kulit ikan tersebut crispy hmmm pasti akan menjadi hidangan favorit.

Biar kamu gak penasaran dengan sensasi sambal bawang, Blog Blibli Friends mau kasih resep sambal bawang yang bisa kamu bikin sendiri di rumah!

Bahan

  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • Minyak goreng panas (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Gula (cukup satu jumput)

Cara Membuat

  • Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai dengan ulekan atau cobek.
  • Jika sudah halus, tambahkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula sedikit saja.
  • Aduk semua bahan hingga rata.
  • Panaskan minyak, siram ke dalam sambal. Aduk-aduk rata.
  • Sambal bawang yang pedas gurih enaknya kebangetan pun siap disajikan.

Nah itu dia informasi mengenai sambal bawang. Mungkin saja kalau kamu sedang tidak ingin repot-repot membuat sambal bawang bisa loh kalian beli sambal bawang yang pedanya nendang puoool di Galeri Indonesia Blibli.com. Banyak banget ragam sambal lainnya juga yang bisa kamu temukan di Galeri Indonesia Blibli.com. #BlibliSekarang

KLIK DI SINI UNTUK BELI SAMBAL BAWANG DI GALERI INDONESIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY